KOMPUTERUMUM

Mengenal Jaringan Komputer PAN, LAN, MAN dan WAN

Mengenal Jaringan Komputer PAN, LAN, MAN dan WAN – Tahukah anda apa yang dimaksud jaringan PAN, LAN, MAN dan Man? Mungkin istilah jaringan komputer tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pasalnya kita sering mendengar istilah itu atau bahkan bergelut dengan hal tersebut. Namun saya yakin banyak juga yang belum paham akan hal tersebut. Untuk itu, pada kesempatan ini, saya akan ajak anda untuk sama-sama membahasnya.

Secara umum jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang menghubungkan minimal dua perangkat komputer atau lebih dengan menggunakan media komunikasi atau media transmisi agar sistem komputer yang saling terhubung tersebut dapat saling berbagi data.

Ada beberapa jenis jaringan computer yang ada saat ini, yaitu berdasarkan jangkauan geografisnya, distribusi sumber datanya, media trasmisi datanya, berdasarkan topologi jaringannya, dan berdasarkan peranan setiap komputer saat memproses datanya.

Nah, kembali ke topik jaringan komputer PAN, LAN, MAN dan WAN diatas, berikut ulasan selengkapannya.

Manfaat Jaringan Komputer 
Namun sebelumnya, sebaiknya kita kupas dulu tentang manfaat dari jaringan computer, berikut ini.

  • Mengakses file pribadi dan file milik orang lain yang tersebarluaskan melalui jaringan
  • Melakukan pengiriman dan penerimaan atau saling berbagi data secara cepat dan mudah
  • Menghubungkan dua orang atau lebih dari Negara yang berbeda dengan mudah
  • Melakukan pengiriman file berupa teks, audio, gambar ataupun video
  • Dengan salah satu bentuk jaringan komputer yaitu internet, pengguna dapat mengakses informasi apapun dengan cepat dan mudah
  • Membuat satu unit printer dapat digunakan untuk mencetak dari beberapa komputer tanpa harus membeli printer sebanyak jumlah komputer
Baca Juga:   Mana Yang Paling Aman dan Menguntungkan, Tabungan Pendidikan Atau Asuransi Pendidikan?

 

 Jenis-Jenis Jaringan Computer (PAN, LAN, MAN dan WAN)

1. Personal Area Network (PAN)
Jaringan komputer ini merupakan jenis jaringan atau hubungan yang terdiri minimal dua atau lebih sistem komputer. Jarak yang digunakan untuk membentuk jaringan ini tidak terlalu jauh, yaitu hanya berkisar 4 sampai dengan 6 meter saja. Jenis jaringan yang satu ini adalah yang paling sering digunakan, sebagai contoh ialah hubungan hp dengan komputer.

2. Local Area Network (LAN)
Ketika masuk ke sebuah area sekolah, kampus, perkantoran atau warnet, sistem jaringan komputer yang dibangun di sana merupakan contoh dari jenis jaringan LAN. Jaringan ini dibangun untuk menghubungkan dua sistem komputer atau lebih yang ada dalam satu ruangan atau dalam jangkauan 1 kilo meter persegi saja. Teknologi yang biasanya digunakan untuk melakukan transfer data untuk jaringan ini ialah IEEE 802.3 Ethernet dengan kecepatan sampai 1000 MBps. Namun tidak sedikit yang juga mengaplikasikan teknologi nirkabel.

3. Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan MAN memiliki cakupan yang lebih luas lagi disbanding LAN. Jaringan MAN merupakan dari beberapa jaringan LAN yang cakupannya meliputi satu kota dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Jaringan MAN dapat menghubungkan perkantoran, kampus dan sekolah-sekolah yang ada di suatu lokasi. Jarak yang dapat dijangkau dalam membangun jaringan MAN yaitu hingga 10 sampai dengan 50 kilo meter. Rancangan jaringan ini tidak memiliki elemen switching dan hanya memiliki 1 atau 2 kabel, sehingga rancangan tidak cukup simple.

Baca Juga:   Kamera Mirrorless vs DSLR, Inilah Kekurangan dan Kelebihannya

4. Wide Area Nework (WAN)
Jaringan komputer ini adalah yang cakupannya paling luas jika dibanding dengan tiga jenis sebelumnya. Jenis jaringan ini dapat menghubungkan satu wilayah dengan wilayah yang lain atau antar Negara. Jenis jaringan ini dapat menghubungkan antar area local yang memungkinkan sesame penggunanya berkomunikasi. Jaringan ini memerlukan saluran komunikasi public atau router dalam perancangannya.

Demikian penjelasan mengenai jenis jaringan komputer PAN, LAN, MAN dan WAN, dari yang tersempit hingga terluas jangkauannya. Semoga bisa menjadi menjadi referensi yang bermanfaat

Uhendrayana

Manusia apa adanya yang gak ada apa apa nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker