ANDROID

Ketahui Penyebab Layar Sentuh Smartphone Cepat Rusak Berikut Ini

Ketahui Penyebab Layar Sentuh Smartphone Cepat Rusak Berikut Ini – Di era sekarang ini, smartphone sudah menjadi bagian wajib dalam kehidupan sehari-hari. Mulai sejak bangun pagi hingga malam hari, banyak orang yang tak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Bahkan saat ini smartphone sudah mengalami banyak evolusi, baik dari segi teknologi ataupun variasi warna dan bentuknya.

Dan sebagaimana kita tahu, salah satu teknologi yang dihadirkan pada hampir semua smartphone masa kini ialah teknologi layar sentuh. Yup, kehadiran layar sentuh ini tentu diharapkan agar lebih memudahkan dan membuat nyaman para penggunanya.

Namun, dibalik manfaat pentingnya tersebut, tak jarang layar sentuh pada smartphone tiba-tiba error atau rusak. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui informasi  tentang berbagai penyebab rusaknya layar sentuh smartphone berikut ini, agar smartphone Anda tetap awet.

Konten

Baca Juga:   Jika Tidak Ingin Rugi/Menyesal, Jangan Biarkan Baterai Smartphone Sampai 0%

Baca juga: Inilah Deretan Aplikasi yang Wajib Anda Miliki Saat Musim Hujan Tiba

Penyebab Kerusakan Pada Layar Sentuh Smartphone
Berikut ini beberapa kebiasaaan fatal yang tanpa disadari sering dilakukan sehingga mengakibatkan layar sentuh mudah rusak.

1. Penggunaan yang Kasar

Cara kita menggunakan smartphone sangat berpengaruh pada umur layar sentuh smartphone. Sensitivitas layar sentuh sudah dirancang sedemikian rupa agar peka terhadap sentuhan walaupun hanya dengan ujung jari saja.

Namun, banyak pengguna smartphone yang masih menggunakan cara kasar seperti menekan layar, menggunakan kuku hingga menggunakan pensil untuk pengganti stylus pen.

2. Meletakkan di Kantong Celana

Salah satu resiko meletakkan smartphone di dalam kantong celana adalah goresan pada layar sentuhnya. Hal ini terjadi karena secara tidak langsung layar sentuh smartphone akan bergesekan dengan bagian dalam kantong celana. Untuk itu, sebaiknya Anda menaruh smartphone di tempat khusus misalnya dompet smartphone.

3. Tidak Menggunakan Flip Cover

Selain mempercantik smartphone Anda, flip cover juga berfungsi untuk menjaga layar ponsel. Dengan menggunakan flip cover, layar akan terhindar dari bermacam gesekan dan sentuhan saat smartphone tidak dioperasikan.

Baca Juga:   Cara Mengetahui Judul Lagu Mp3 Lewat Suara Atau Musik

4. Kontak Langsung dengan Matahari

Kontak langsung dengan sinar matahari akan berakibat pada terkikisnya layar sentuh, terutama pada kontras dan warna. Untuk mencegah kerusakan layar ponsel dan menjaga kualitas layar, maka hindari kontak langsung dengan matahari.

5. Layar Sentuh Retak atau Pecah

Salah satu penyebab kerusakan pada layar smartphone adalah layar sentuhnya yang retak atau pecah. Walaupun hanya sebuah goresan kecil, namun bisa mengurangi durabilitas layar. Sehingga hanya dengan sedikit sentuhan saja, bisa menyebabkan keretakan atau bahkan pecahnya layar.

Oleh karena itu, jangan abaikan goresan sekecil apapun pada layar smartphone Anda. Untuk menjaga agar layar sentuh smartphone tidak retak atau pecah, sebaiknya Anda menyimpan smartphone di dompet khusus.

6. Mendekatkan ke Barang Elektronik

Jangan meletakkan smartphone Anda dengan sembarangan. Apalagi jika meletakkannya berdekatan dengan barang elektronik atau barang yang mengandung medan magnet, seperti radio, tv dan sound.

Barang-barang tersebut mempunyai medan magnet yang cukup besar sehingga akan mempengaruhi kinerja layar sentuh smartphone Anda dan menyebabkan tidak berfungsinya layar smartphone sebagaimana mestinya.

7. Membersihkan Layar dengan Tidak Benar

Untuk menghindari kerusakan pada layar sentuh smartphone, sebaiknya Anda tidak membersihkan layar dengan cara yang salah. Pertama pastikan tangan Anda bersih ketika menyentuh layar ponsel. Lalu gunakan kain berbahan microfiber untuk membersihkan layar smartphone. Bahan microfiber ini bisa membersihkan layar smartphone dari kotoran dan debu tanpa meninggalkan goresan atau bercak.

Baca Juga:   Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Andoid

Itulah 7 penyebab layar sentuh smartphone cepat rusak yang perlu Anda waspadai. Sebaiknya Anda lebih bijak dalam menggunakan smartphone. Semoga informasi ini bisa berguna dan membuat layar sentuh smartphone Anda lebih tahan lama.

 

Uhendrayana

Manusia apa adanya yang gak ada apa apa nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker