BANK

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit dengan Logo GPN

Kartu GPN Ini memliki 2 ciri utama yaitu interkoneksi yang berarti kartu berlogo GPN ini telah terkoneksi dengan seluruh pembayaran di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit dengan Logo GPN – GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional merupakan suatu sistem jaringan antar Bank yang menghubungkan berbagai transaksi non tunai di seluruh Indonesia yang diinisiasi oleh Bank Indonesia.

Kartu GPN Ini memliki 2 ciri utama yaitu interkoneksi yang berarti kartu berlogo GPN ini telah terkoneksi dengan seluruh pembayaran di Indonesia dan interoperabilitas atau saling dapat diwujudkan, maksudnya adalah kartu debit ini dapat digunakan pada insfrastruktur bank lain.

GPN yang mulai diresmikan pada 21 Juni 2017 ini, nantinya akan dapat digunakan untuk memfasilitasi program pemerintah seperti pembayaran jalan tol, e-commerce nasional dan bantuan pemerintah non tunai untuk umkm.

Logo GPN bergambar Garuda yang sedang terbang, mengisyaratkan bahwa GPN siap bersaing dalam hal layanan transaksi non tunai secara Nasional untuk kesejahteraan warga Indonesia. Berikut akan diulas secara lengkap kekurangan dan Kelebihan dari Kartu Debit GPN.

Konten

Baca Juga:   5 Jenis Produk Tabungan Bank Paling Populer Dan Banyak Digunakan

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit dengan Logo GPN

1. Kelebihan Kartu Debit GPN

 

1. Biaya Administrasi Menjadi Ringan

Sudah menjadi rahasia umum jika penggunaan kartu debit selalu dikenakan biaya administrasi setiap bulannya. Jumlahnya beragam tergantung Bank yang mengeluarkan.

Biasanya berkisar antara Rp 5.000 – Rp 15.000 per bulannya. Ketika nasabah beralih menggunakan kartu Debit berlogo GPN, nasabah akan mendapat potongan biaya administrasi tiap bulannya sekitar Rp 500 hingga Rp 2.000.

2. Banyak Promo

Karena GPN merupakan produk baru anjuran pemerintah, banyak Bank Bank yang berlomba untuk menarik minat nasabah dengan menawarkan promo – promo untuk transaksi tertentu.

misalnya potongan pembelian di supermarket, potongan transaksi antar bank dan masih banyak promo yang lain.

3. Tak Perlu Repot Mencari ATM

Yups, karena sudah terkoneksi dengan berbagai bank, anda tidak perlu mencari ATM sesuai dengan Bank yang digunakan. Sekarang ini hampir semua bank di Indonesia menggunakan GPN sehingga anda dapat menggunakan ATM manapun yang ada di dekat anda.

4. Membantu Indonesia Menghemat Milyaran Rupiah

Jika sebelumnya indonesia harus membayar sewa jasa routing untuk transaksi transaksi non tunai, dengan adanya GPN Indonesia tak perlu lagi melakukan itu. Menurut Bank Indonesia, Indonesia bisa menghemat lebih dari Rp 17,8 Miliyar perharinya.

Baca Juga:   Jenis Jenis Nama Produk Tabungan Bank BTN Terlengkap

2. Kekurangan Kartu Debit GPN

 

1. Belum Bisa digunakan di Luar Negeri

Kartu Debit GPN sampai saat ini masih menjangkau transaksi nontunai di seluruh Indonesia dan belum bisa digunakan di Luar Negeri. Jadi, jika nasabah ingin bertransaksi di Luar Negeri, mereka harus membuat rekening baru dari program transfer yang lainnya. Pemerintah masih akan teru berupaya untuk memperbaiki sistem yang nantinya diharapkan dapat menjakau luar negeri.

2. Belum difasilitasi Online Payment

Dunia yang serba cepat menuntut manusia untuk menjadi lebih cepat pula. Untuk itu, transaksi transaksi online sangat diminati oleh masyarakat saat ini. Sayangnya, Kartu Debit berlogo GPN belum memiliki fasilitas online payment.

( UPDATE: Sebagian sudah bisa transaksi online di beberapa market place)

3. Sistem Masih sering error

Karena merupakan produk/sistem baru, jadi untuk saat ini sistem GPN masih sering mengalami error dan kendala teknis. Namun tak perlu khawatir, hal ini tidak akan berlangsung lama, sebab staff akan langsung memperbaiki sistem jika ada aduan yang masuk.

4. Nasabah Harus Mengganti Kartu atau Membuat Kartu Baru

Hal ini mungkin sedikit merepotkan bagi sebagian orang, khususnya bagi mereka yang sibuk dengan rutinitas hariannya. Meski begitu, perlu diketahhui, Kartu Debit GPN hanya dapat diambil / dibuat di Bank dimana anda memiliki kartu rekening.

Baca Juga:   Jenis Jenis Nama Produk Tabungan Dari Bank BTPN Terlengkap

Caranya sangat mudah, cukup serahkan buku tabungan, ATM lama, dan foto copy KTP pada customer service Bank anda.

Update: Saat ini penggunaan kartu debit jenis GPN udah mulai cukup baik jan jarang error digunakan walaupun berbeda bank atau mesin ATM.

Nah itulah tadi ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan kartu debit gpn. Semoga informasi yang kami bagikan di atas dapat bermanfaat. Segera tukarkan kartu debit anda menjadi berlogo GPN dan bantu Indonesia untuk menjadi lebih baik. Anda siap?

Uhendrayana

Manusia apa adanya yang gak ada apa apa nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker