Inilah Tips Ampuh Mencegah Overheat Smartphone

0
17
Inilah Tips Ampuh Mencegah Overheat Smartphone
Inilah Tips Ampuh Mencegah Overheat Smartphone
Inilah Ampuh Mencegah Overheat Smartphone – Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, hampir semua aktivitas dilakukan melalui smartphone. Bahkan smartphone seperti menjadi kebutuhan primer yang wajib dimiliki tiap individu.

Kebutuhan smartphone yang semakin meningkat, seringkali membuat pengguna lupa batas penggunaannya, sehingga menyebabkan overhead (panas berlebihan). Panas berlebihan pada ponsel ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Nah, untuk mencegah terjadinya overhead smartphone, Anda bisa melakukan tips-tips di bawah ini.

Tips Cegah Overheat Smartphone

1. Simpan di Tempat Aman

Yang penting yang perlu diperhatikan dalam menyimpan smartphone adalah tempat penyimpanan nya. Smartphone yang disimpan dalam tempat yang tidak sesuai dapat menyebabkan terjadinya overheat. Sebagai contoh, menyimpan smartphone dalam saku dengan kondisi smartphone yang hidup akan menyebabkan smartphone cepat panas.

Baca Juga: Pilih Baterai Removeable Atau Non-Removeable? Ketahui Dulu Kelebihan Kekurangannya Berikut Ini

Untuk itu, pilihlah tempat penyimpanan smartphone yang aman saat Anda berpergian. Misalnya disimpan dalam dompet atau tas. Perlu diperhatikan, jika Anda menyimpan smartphone dalam dompet, usahakan memilih domper yang longgar (jangan terlalu ketat atau pas dengan smartphone). Dan, jika Anda harus menyimpan smartphone dalam saku, maka pastikan smartphone dalam keadaan mati.

2. Hindari Cuaca Panas

Tips kedua mencegah overheat smartphone yaitu menghindari cuaca panas. Jika Anda sedang melakukan wisata atau jalan-jalan di luar ruangan dengan suhu udara yang panas, maka simpanlah smartphone Anda dalam tempat yang nyaman. Jangan menggunakan smartphone di bawah panas matahari dalam waktu yang lama. Suhu udara yang panas di lingkungan sekitar, dapat membuat smartphone menjadi cepat panas.

3. Lepas Casing

Nah, saat Anda menggunakan smartphone terlalu lama, biasanya smartphone akan terasa panas. Untuk mengatasinya, cobalah melepas casing beberapa saat, dan mengistirahatkan smartphone Anda sejenak. Hal ini untuk menurunkan suhu smartphone dan membuatnya normal kembali.

4. Charging dengan Benar

Overheat smartphone juga dapat disebabkan oleh kebiasaan men-charging yang salah. Salah satu contoh kebiasaan charging yang salah yaitu men-charging  sambil digunakan. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan smartphone cepat panas, bahkan merusak kualitas baterai.

Selain itu, kebiasaan terlalu lama men-charging juga dapat menyebabkan overheat smartphone. Usahakan perlakukan charging sesuai waktu normal yaitu 2 – 3 jam, karena membiarkan smartphone di charging terlalu lama akan membuat smatphone menjadi panas bahkan merusak mesin.

5. Kurangi Aplikasi yang Banyak Memakan RAM

Bukan hanya faktor luar saja yang menjadi pemicu overheat smartphone. Namun disebabkan pula karena faktor dari dalam ponsel itu sendiri yaitu berkaitan dengan aplikasi.

Aplikasi yang berkapasitas besar akan memakan RAM yang besar pula, dan tentu membuat smartphone bekerja ekstra. Hal inilah yang akan membuat ponsel Anda menjadi cepat panas. Untuk itu, kurangi aplikasi yang banyak memakan Ram dalam smartphone Anda jika tidak mau smartphone Anda mengalami overheat.

6. Pilih Operator Jaringan Terbaik

Tahukan Anda, bahwa salah satu pemicu overheat smartphone yaitu kondisi sinyal atau jaringan dalam smartphone Anda. Jika smartphone tidak mendapatkan sinyal yang baik alias sinyalnya tidak stabil, maka dapat membuat smartphone cepat panas. Hal tersebut dikarenakan, saat kondisi sinyal tidak stabil smartphone harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal yang stabil. Nah, agar ponsel Anda tetap aman, pilihlah operator jaringan dengan kondisi sinyal yang baik diberbagai tempat.

7. Perhatikan Spesifikasi Smartphone 

Tips terakhir mencegah overheat smartphone yaitu dengan memperhatikan spesifikasi smartphone sebelum Anda membeli. Pilihlah smartphone dengan kualitas yang baik, misalnya smartphone yang memiliki RAM besar sehingga tidak mudah overheat saat digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi.

Itulah 7 tips yang bisa dilakukan guna mencegah overheat smartphone yang bisa Anda terapkan pada ponsel Anda. Selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here