ANDROIDTUTORIAL
Trending

Cara Mengatasi Memori Internal Yang Penuh Pada Andorid

Cara Mengatasi Memori Internal Yang Penuh Pada AndoridMemori internal smartphone anda penuh padahal isinya sedikit ? File – file sampah sudah dihapus tapi tetap aja penuh ?, saat ini kami akan memberikan tips tentang mengatasi memori penuh pada android.

Sering kali banyak pengguna smartphone mengalami hal yang seperti ini. Smartphone sendiri merupakan satu perangkat yang saat ini marak dan populer digunakan hampir di seluruh kalangan masyarakat, baik dari anak kecil, remaja, dewasa bahkan lansia pun banyak yang menggunakannya.

Smartphone seolah-olah adalah barang berharga yang wajib dimiliki oleh semua orang untuk membantu kegiatannya sehari-hari. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan menggunakan perangkat canggih satu ini mulai dari telepon, browsing, chatting, main game, bikin video, video call, dan masih banyak lagi.

Dalam smartphone ini sendiri, banyak di instal aplikasi yang digunakan untuk mendukung kegiatan kita tersebut seperti aplikasi Whatsapp, Facebook, Shopee, Music Player, dan masih banyak lagi.

Aplikasi yang terpasang dalam smartphone tersebut tentunya membutuhkan ruang penyimpanan memori internal, semakin banyak aplikasi yang terinstal maka ruang penyimpanan semakin sempit.

Baca Juga:   Tips Dan Cara Diagnosa Komputer Blank Atau Mati Total

Selain itu banyaknya file-file yang tersimpan dalam memori smartphone seperti, foto, dokumen, lagu, video, dan dokumen lainnya akan membuat storage memori internal anda penuh.

Faktor lainnya yang sering terjadi adalah menumpuk nya file berupa foto, video, rekaman percakapan yang terdownload secara otomatis dari aplikasi chat seperti Whatsapp jika dibiarkan terus dan menumpuk akan membuat ruang memori penyimpanan di smartphone anda penuh.

Akibatnya smartphone anda menjadi lemot dan akan muncul terus notifikasi bahwa memori smartphone anda penuh sehingga anda tidak dapat menginstall aplikasi lain.

Apakah anda pernah mengalami hal yang seperti itu ?

Lalu apa yang anda lakukan ? anda sudah berusaha menghapus file dan aplikasi yang tidak penting , tapi notifikasi memori penuh terus muncul di layar smartphone anda ?

Cara Mengatasi Memori Internal Yang Penuh Pada Andorid

 

Anda tidak perlu khawatir, artikel ini akan berbagi tips dan cara mengatasi memori internal penuh pada smartphone andorid anda. berikut cara-cara yang bisa anda lakukan.

 1. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak begitu penting, karena aplikasi ini memakan ruang memori smartphone. Terutama aplikasi game memiliki ukuran besar, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ketika kamu menghapus aplikasi tersebut tetap ada file sampah dari aplikasi tersebut yang tidak disadari.

Baca Juga:   Daftar Smartphone yang Dapat Update Android 7.0 Nougat

2. Hapus file cache smartphone andorid anda

File sampah yang tanpa kamu sadari menumpuk di smartphone bisa menjadi salah satu faktor penting yang menyebabkan memori smartphone penuh.

Cara Mengatasi Memori Internal Yang Penuh Pada Andorid

Kamu bisa membersihkan file sampah atau cache secara berkala, atau untuk cara mudahnya kamu bisa menginstall aplikasi penghapus cache yang paling banyak digunakan adalah aplikasi CC Cleaner, dimana aplikasi ini dapat menghapus file sampah atau cache secara efektif di smartphone android.

3. Hapus data aplikasi offline

Data yang tersimpan dalam aplikasi offline seperti halnya video yang tersimpan dalam YouTube Offline ini juga dapat memenuhi ruang memori smartphone kamu, jadi jika file tersebut sudah tidak terpakai segera hapus saja.

4. Hindari update aplikasi secara otomatis

Atur sistem pengaturan smartphone kamu, jangan izinkan aplikasi Play Store melakukan pembaharuan aplikasi di smartphone kamu secara otomatis, sehingga ruang memori smartphone anda tidak bertambah karena sistem pembaharuan aplikasi secara otomatis.

Cara Mengatasi Memori Internal Yang Penuh Pada Andorid

5. Gunakan memori eksternal

Kamu bisa menambahkan kuota memori penyimpanan smartphone dengan menggunakan memori eksternal. Gunakanlah memori eksternal yang memiliki ukuran cukup besar seperti 8GB sampai dengan 16GB.

Baca Juga:   4 Aplikasi Terbaik Android Untuk Si Hobi Gambar

Usahakan tidak menggunakan memori eksternal diatas 16GB karena hal ini bisa menyebabkan smartphone kamu lemot. Kamu bisa memindahkan file atau aplikasi ke memori eksternal ini.

Itulah cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi memori penuh pada smartphone anda. semoga informasi ini bermanfaat buat anda.

 

Tags

Uhendrayana

Manusia apa adanya yang gak ada apa apa nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker