BLOGPROMOSI

Begini Ragam Jalan Mendapatkan Free Domain untuk Website Anda

Secara singkat, domain merupakan semacam nama  alamat yang menggantikan alamat IP sehingga bisa mengarahkan para pengunjung di internet untuk mengakses website Anda

Begini Ragam Jalan Mendapatkan Free Domain untuk Website Anda – Seperti kita ketahui, blog dan website pada saat ini merupakan salah satu perangkat yang paling diandalkan untuk menyebarkan sejumlah karya, propaganda, hingga produk barang maupun jasa komersial. Semua orang bahkan berlomba-lomba untuk membuat blog dan website berkualitas sehingga tujuan mereka untuk menghadapi persaingan bisnis di dunia digital dengan biaya minimal bisa tercapai.

Pada artikel kali ini, kami menekankan soal “biaya minimal” yang bisa diupayakan ketika Anda sedang melakukan pengelolaan website. Lebih spesifik, ada sejumlah jalan yang bisa ditempuh untuk mendapatkan free domain. Namun sebelum kita menginjak pada pembahasan teknis, mari terlebih dahulu memahami secara singkat tentang apa yang dimaksud dengan domain.

Secara singkat, domain merupakan semacam nama  alamat yang menggantikan alamat IP sehingga bisa mengarahkan para pengunjung di internet untuk mengakses website Anda dengan mudah. Sebagai salah satu aspek penting dalam pengelolaan website, nama domain diusahakan kreatif, unik, singkat serta mudah diingat.

Domain untuk selanjutnya bisa menjadi tanda kepemilikan seseorang, kelompok atau perusahaaan, dengan atau tanpa biaya. Maksudnya, Anda bisa membuat website dan memiliki nama domain dengan mudah secara cuma-cuma, atau dengan berbayar. Dua cara ini tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Baca Juga:   Cara Memasang Kode Iklan Adsense Di Bawah Judul Postingan

Secara umum, Anda bisa membuat website dengan domain gratis dengan cara“menumpang” di situs web yang memang menyediakan situs domain gratis. Situs tersebut di antaranya wordpress dan blogger. Nantinya, blog atau website yang Anda kelola akan dibuntuti embel-embel atau ekstensi “.blogger.com” atau “.wordpress.com”.

Memiliki nama domain dengan cara ini cukup sederhana dan mudah, serta sangat cocok untuk kalangan pembelajar maupun perintis. Ketika Anda sudah merasa bahwa blog Anda siap untuk digarap secara profesional, kesempatan memonetisasi blog dengan cara membeli domain sendiri terbuka lebar, tapi tentu saja Anda harus membayar sejumlah uang di awal, serta melakukan pembayaran selanjutnya secara berkala untuk perpanjangan.

Lantas adakah peluang untuk mendapatkan free domain untuk domain yang seharusnya berbayar? Jawabannya adalah, ada.

Baca Juga : SEO Auto Rotating Blog

Untuk keterangan lebih lanjut, mari simak uraian berikut ini:

1. Memilih Nama Domain dengan Ekstensi Tertentu

Peluang mendapatkan domain gratis bisa Anda tempuh dengan mencari ekstensi domain yang bersifat gratis semisal “.ga”, “.tk”, “.cf” dan yang lainnya. Nama-nama ekstensi domain ini memang kurang familiar dibandingkan dengan “.com” atau “.id”, tapi dengan jalan ini, Anda berpeluang mendapatkan domain secara gratis.

Baca Juga:   Blogger Jomblo Lebih Memiliki Peluang Untuk Sukses, TERNYATA..!!!

Meski gratis, Anda tetap harus melakukan perpanjangan domain setiap tahunnya. Jadi, ketika Anda lupa melakukan perpanjangan, bisa jadi nantinya domain itu berubah menjadi berbayar. Cara ini juga agak riskan karena nama domain Anda bisa saja tidak masuk daftar monetisasi Google Andsense.

2. Memanfaatkan Fasilitas Pemerintah

Pemerintah wajib mendukung perkembangan teknologi dan membuat masyarakat bisa terbantu dalam pemanfaatan teknologi. Makanya, digulirkanlah sejumlah program secara berkala, termasuk di antaranya adalah menyediakan domain gratis serta hosting lokal dengan ruang penyimpanan terbatas. Pintar-pintarlah mencari informasi resmi pemerintah sehingga Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk mendapatkan domain gratis.

Tentu saja akan ada sejumlah persyaratan yang mesti Anda penuhi ketika ingin mengikuti program ini. Di antaranya yakni harus menjadi pengguna website www.my.id serta membuktikan diri bahwa Anda merupakan warga negara Indonesia asli.

3. Memanfaatkan Promo dari Jasa Penyedia Domain

Ketika Anda ingin memiliki domain sendiri, Anda akan disuguhkan banyak promo dan tawaran dari sejumlah perusahaan jasa penyedia domain atau jasa pembuatan website. Dalam paket promosi itu, Anda akan mendapatkan tawaran harga domain yang murah bahkan gratis.

Manfaatkanlah program-program tersebut, tapi jangan lupa untuk tetap jeli melihat kualitas dari produk yang Anda gunakan. Jangan sampai Anda berfokus pada sisi gratis dan murahnya saja, tapi ternyata setelah dipakai, kualitasnya jelek dan membuat performa website atau blog Anda jadi tidak optimal.

Baca Juga:   Gunakan 5 Aplikasi Android Ini Agar Blogger Lebih Produktif

***

Pada akhirnya, ragam informasi seputar pembuatan dan pengelolaan website sudah banyak dan bertebaran di internet. Sehingga siapa saja berpeluang untuk melakukannya tanpa perlu pendidikan dan pelatihan khusus. Ketika kita dihadapkan pada sejumlah istilah asing seputar website pun, kita bisa segera menemukan jawabannya dengan melakukan pencarian singkat di internet.

Tak hanya seputar informasi dasar, tapi internet juga menyuguhkan informasi-informasi khusus seputar trik mengelola blog dan website agar selalu efektif dan tak melulu pakai biaya. Selebihnya, tergantung dari kita sendiri, apakah ingin serius melakukan pengelolaan blog yang optimal sehingga mendatangkan profit lumayan, ataukah hanya sekadar sambil lalu dan iseng-iseng berhadiah?

Demikianlah informasi seputar cara mendapatkan free domain untuk domain yang seharusnya berbayar. Pada akhirnya, Andalah yang menjadi penentu kesuksesan pengelolaan web Anda sendiri. Mungkin saja pada awalnya Anda merasa beruntung karena bisa mendapatkan domain gratis. Tapi jika selanjutnya Anda tidak mengelola website dengan benar, apa yang Anda dapatkan di awal hanya akan menjadi kesia-siaan belaka.

 

Tags

Uhendrayana

Manusia apa adanya yang gak ada apa apa nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda