BLOG

Cara dan Paduan Memulai Blog Untuk Pemula

Cara dan Paduan Memulai Blog Untuk Pemula –  Apakah anda ingin memulai Ngeblog ?? berarti anda punya ide yang sangat bagus dan hebat !!!! Biasa aja keleus gak usah lebay hahahh, saat ini ngeblog bukan saja suatu hobi menyalurkan ide tapi akan menjadi penghasilan tambahan tentunya jika suatu saat blog kita sudah terkenal dan ramai pengunjung nya.

Tapi… bagai mana sih cara memulai blogging tersebut ? tentu sudah banyak info yang membahas tentang ini dan banyak berseliweran di website atau di internet dan semua orang memberi tahu bagai mana caranya bloging atau ngeblog yang baik dengan cara yang berbeda-beda tapi dengan tujuan yang sama.

Sebagai contoh nya saya sendiri adalah blogging pemula , padahal mengenal blog dari tahun 2006 lho saya ini tapi karena malas dan kesibukan tertentu yang membuat saya malas untuk ngeblog atau membuat sebuah blog, terkadang sudah membuat blog dan ditinggal pergi begitu saja, hmmm kasihan blog saya di terlantar kan he..he..

Baca Juga: Tips Membangun Internal Link Agar Pondasi Blog Kamu Semakin Kokoh

Sekarang jaman nya internet sudah merajalela sesuatu informasi banyak disampaikan dan di cari di internet untuk itulah saya mempunyai alasan membuat sebuah blog bukan hanya menumpahkan pikiran atau ide tapi bisa membantu sesama , dan disini saya akan menuliskan cara memulai blog untuk pemula.

Mengapa anda harus membuat sebuah blog dan bergabung dengan komunitas blogging lain nya ??

Nah jadi di bawah ini saya akan menguraikan apa yang anda harus lakukan untuk memulai dan membuat blog pribadi anda sendiri. Sebelum lebih jauh berbicara tentang mengapa anda harus membuat sebuah blog kita harus memiliki gagasan yang dahulu , jika gagasan sudah punya kita lanjutkan ke tahap berikut nya.

Baca Juga: Panduan Mengganti Template Blog Tanpa Menurunkan Visitor Blog

1.Blogging adalah cara yang cepat dan tepat dan menjadi salah satu cara populer untuk berkomunikasi meyebarkan informasi dan berita. Banyak jutaan blog online tapi saya harap anda jangan khawatir blog anda tidak menonjol atau terkenal, jika mau bekerja keras dan telaten pasti bisa kok.

Baca Juga:   Tips Agar Blog Masuk Halaman Pertama Google Search

2.Blogging ini adalah cara yang paling bagus untuk mengekspresikan diri dan juga cara yang sangat fantastis untuk berbagi informasi dengan orang lain.

3.Anda akan menjadi orang yang lebih baik dan atau penulis yang lebih baik.

4.Apa sih alasan lain yang terbaik nya ? ya tentu saja anda bisa mendapatkan uang, siapa sih yang tidak mau uang, hehe,,hehe..

Langkah-langkah utama dalam paduan blogging

Ada lima langkah utama dalam paduan blogging yang perlu diperhatikan, jika anda mengikuti paduan lima langkah ini, anda bisa mendirikan sebuah blog dalam waktu 30 menit bahkan kurang dari itu,tidak seperti membuat website yang memerlukan banyak koding karena di blog sudah tinggal pakai dan menjalan kan kecuali jika anda ingin memodifikasi nya lagi.

Lima langkah utama memulai blog:

Memilih flatrom blogging pilihan anda
Pilih dan tentukan flatrom terbaik untuk blog anda Menyiapkan pengganti domain blog dengan domain anda sendiri, contoh: namaanda.blogspot.com dan menjadi namaanda.com
Merancang blog anda, inilah tahap yang bisa dibilang agak sulit dan harus telaten tapi menyenangkan juga.

Di sini saya akan menguraikan lima langkah utama memulai blog:

Baca Juga:   Mau Tahu Kenapa Artikel Blog Anda Tidak Muncul di Pencarian Google?

Langkah 1 pilih platrom blogging anda

Memilih dari mana anda ingin membuat atau membangun sebuah blog dan cukup banyak hal yang anda harus lakukan saya yakin ada sudah pasti tau dan mendengar tentang flatrom blogspot atau wordpress, dan saya menganjurkan anda memilih blogspot karena mudah di jalankan dan tentu milik googgle sendiri dan mudah untuk di modifikasi tapi anda juga bisa memilih wordpress untuk alasan lain nya.

Langkah 2 pilih hosting berbayar atau gratis

Seperti yang kita tahu blogspot dan wordpress menawarkan fitur gratis untuk pengguna nya tetapi wordPress juga menyediakan yang berbayar. Tentu siapa saja boleh memiliki platrom gratis tersebut tapi tentu ada kelemaha nya:

Baca Juga: Alternatif Terbaik guna Mendapatkan Uang dari Blog Anda

1.Anda tidak akan mendapatkan domain atau URL anda sendiri dan akan terlihat seperti ini dan kelihatan kurang bagus

  • namaanda.blogspot.com
  • namaanda.wordpress.com

2. fitur yang terbatas

Ada beberapa batasan untuk blog gratis seperti tidak dapat upload semua video dll, tapi dibanding wordpress, blogspot lebih baik untuk urusan tema dan template dan custom
Dan masih banyak lagi fitur lain antara kelebihan dan kekurangan nya

Langkah 3 memilih nama domain anda sendiri

Jika anda mengunaka flatrom gratis seperti di atas dan ingin memperpendek atau menganti domain dengan nama anda sendiri juga bisa dengan membeli custom domain tapi ini juga bisa di tunda kapan saja ,jika anda tidak mau mengganti pun tidak apa-apa contoh:

  • namaanda.blogspot.com menjadi namaanda.com
  • namaanda.wordpress.com menjadi namaanda.com
Baca Juga:   Cara membuat dan menggunakan blog di blogger

Terlihat lebih profesional kan ,dan selain domain .com anda bisa memilih yang lain seperti .net .org .co.id net.id dan masih banyak silahkan cari mana yang sesuai untuk anda

Langkah 4 merancang blog anda

Sekarang saat nya merancang blog anda silahkan rancang blog anda sesuai keinginan anda dengan pengaturan yang sudah ada di flatrom masing masing blog dari mulai ganti template, mengatur warna template, menambahkan widget, atur widget dan sebagai nya jika itu sudah kita lanjutkan ke tahapan selanjut nya.

Baca Juga: Cara Memasang dan Menggunakan Lazy Load di Blog

Dan yang perlu di ingat desain blog anda adalah mencerminkan anda dan kepribadian anda selain itu blog harus mudah di navigasi untuk mempermudah pengunjung anda membaca blog anda.

Langkah 5 Sumber daya berguna untuk blogger pemula

Blogger datang untuk blogging dengan berbagai tingkat pengalaman media online dan sosial, jika kita kurang dalam urusan blogging jangan malas untuk belajar karena selalu ada ruang untuk orang yang mau belajar dan memperbaiki apalagi untuk blogger pemula lebih giat belajar lagi itu lebih baik untuk kemajuan blogging nya.

Demikian lah cara dan paduan memulai blog bagi pemula, tidak ada yang tidak mungkin jika anda mau belajar dengan telaten, ulet dan bekerja keras intinya kalau orang lain bisa kenapa kita tidak.

Semoga membantu dan bermanfaat bagi anda para calon blogger salam sukses dan wasalam

Uhendrayana

Manusia apa adanya yang gak ada apa apa nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker