KARTU KREDIT

Cara Cepat Dan Tepat Melunasi Hutang Kartu Kredit

Tapi nyatanya kartu kredit bisa menjadi bumerang, yang bisa saja menjerumuskan penggunanya. Dan hal itu biasanya terjadi,

Cara Cepat Dan Tepat Melunasi Hutang Kartu Kredit – Penggunaan kartu kredit merupakan salah satu cara dalam memperlancar transaksi harian yang biasa dilakukan. Meski sangat bermanfaat dan mempermudah penggunanya dalam melakukan suatu transaksi perbankan.

Tapi nyatanya kartu kredit bisa menjadi bumerang, yang bisa saja menjerumuskan penggunanya. Dan hal itu biasanya terjadi, karena penggunanya tidak bijak dalam mengelolanya, sehingga terlilit hutang, yang bahkan hingga mencapai nominal yang cukup besar.

Nah, bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki hutang kartu kredit dengan jumlah yang cukup besar, ada baiknya untuk segera dilunasi. Karena kalau tidak, hutang yang Anda tanggung akan semakin bertambah dan menumpuk hingga membuat Anda sendiri kesulitan dalam mengatasinya.

 

Beberapa Tips Cerdas Dan Cepat Melunasi Hutang Kartu Kredit

 

1. Hindari menggunakan kartu kredit untuk sementara

Hutang yang menumpuk, sebaiknya tidak ditambah lagi dan lagi. Karena jika dilakukan, hal ini justru menambah jumlah tanggungan yang Anda miliki. Meski menghindari penggunaan kartu kredit tidak akan mengurangi hutang, mengingat bunga yang ada akan terus berjalan, namun setidaknya Anda dapat meminimalisir kemungkinan menambah hutang yang lebih besar.

Baca Juga:   Tips Cerdas dan Aman Mengelola Banyak Kartu Kredit

2. Lunasi kartu kredit dengan bunga yang paling besar terlebih dulu

Bagi Anda yang memiliki beberapa tunggakan kartu kredit, ada baiknya membuat prioritas mana dulu yang harus dilunasi. Dalam hal ini ada baiknya Anda melunasi kartu kredit dengan bunga yang paling besar terlebih dahulu. Baru kemudian, kartu kredit dengan bunga di bawahnya.

3. Menjual aset yang dimiliki

Memiliki hutang bukan hanya menambah beban melainkan juga dapat membuat pikiran tidak tenang hingga kehilangan fokus dalam pekerjaan. Jika memang memiliki hutang yang harus segera dilunasi, ada baiknya Anda menjual aset yang Anda miliki terlebih dahulu.

Gunakan hasil penjualan dari aset- aset tersebut untuk membayar hutang  sehingga Anda bisa lebih tenang. Hutang dari kartu kredit yang tidak segera dilunasi, hanya akan bertambah setiap bulannya mengingat bunga yang akan terus berjalan. Anda bisa membeli aset lagi bahkan yang lebih baik jika keuangan Anda sudah mulai stabil.

4. Tambahan pemasukan

Hutang kartu kredit yang menumpuk memang harus segera dibayar. Karena jika tidak, bunga dari kartu kredit yang semakin banyak, hanya akan menambah beban yang Anda miliki. Jika memang penghasilan bulanan tetap yang Anda dapatkan tidak mencukupi, ada baiknya Anda mencari tambahan pemasukan lain di samping uang bulanan anda.

Baca Juga:   Jenis Jenis Nama Kartu Kredit Bank Mandiri Terlengkap

Mencari dana tambahan, bisa dilakukan di saat Anda libur kerja ataupun di malam hari sepulang dari pekerjaan. Lakukan secara rutin dan giat agar pemasukan yang Anda miliki makin banyak hingga mampu menutupi jumlah hutang Anda anda miliki.

5. Lakukan negoisasi dengan pihak bank

Bagi Anda yang tidak memiliki kemampuan melunasi hutang kartu kredit dalam waktu dekat, ada baiknya melakukan negoisasi pada pihak bank terlebih dahulu.

Langkah ini merupakan cara refinance hutang kartu kredit yang dilakukan agar bunga kartu kredit tidak lagi berjalan. Alhasil jumlah tanggungan Anda juga tidak akan makin membengkak tiap bulannya.

6. Berhutang dalam jumlah kecil untuk menutup jumlah hutang yang lebih besar

Meski terdengar agak aneh, namun cara yang satu ini memang bisa diterapkan, terutama bagi Anda yang benar- benar ingin lepas dari hutang kartu kredit yang Anda miliki.

Hal penting yang harus diingat dalam melakukan pinjaman adalah untuk mencari pinjaman dengan jumlah yang lebih kecil dari hutang kartu kredit anda. Karena jika jumlah hutangnya sama atau malah lebih besar, hal ini hanya akan membuat Anda menanggung beban yang justru makin sulit dicari jalan keluarnya.

Baca Juga:   Jenis Jenis Produk Kartu Kredit Bank BRI Terlengkap

Jika pinjaman yang Anda lakukan diharuskan membayar sejumlah bunga, maka bunga yang diambil haruslah kurang dari bunga yang dimiliki oleh kartu kredit. Sebagai contoh, Anda menanggung bunga tunggakan dari kartu kredit sebesar empat persen.

Dalam hal ini, Anda diharuskan mencari pinjaman dengan bunga di bawahnya yakni kurang dari tiga persen. Meski terbilang cukup ekstrim untuk dilakukan, namun cara ini juga menjadi salah satu solusi yang cukup efektif untuk melunasi hutang kartu kredit anda.,

Menggunakan kartu kredit secara bijak merupakan salah satu syarat utama bagi Anda yang tidak ingin terjebak hutang kartu kredit. Dalam hal ini Anda diharapkan untuk dapat mengolah keuangan dengan baik dan benar.

Demikianlah ulasan artikel saat ini tentang Cara Cepat Dan Tepat Melunasi Hutang Kartu Kredit,  semoga bermanfaat

 

Tags

Uhendrayana

Manusia apa adanya yang gak ada apa apa nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker