Loading...

Macam-Macam KUR BRI dan Syarat Pengajuannya yang Benar
Macam-Macam KUR BRI dan Syarat Pengajuannya yang Benar

Macam-Macam KUR BRI dan Syarat Pengajuan nya yang Benar - Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI ini merupakan salah satu program pemerintah yang dipercayakan kepada Bank BRI untuk menyalurkan pinjaman modal usaha. Dalam hal ini, modal yang 100% diberikan oleh Bank BRI diharapkan bisa dimanfaatkan atau  menjadikan masyarakat lebih produktif lagi dalam hal mengembangkan usaha/bisnisnya.

Macam-Macam KUR BRI dan Syarat Pengajuannya yang Benar

Macam-Macam KUR BRI dan Syarat Pengajuannya

Ada banyak sekali kelebihan dari pinjaman modal usaha KUR BRI ini. Salah satunya adalah suku bunganya yang cukup rendah. Yaitu 9% dengan perkiraan waktu  per 1 tahun dan angsuran per bulan efektif 0.41% suku bunga. Adapun untuk jenis dan persyaratan dana KUR BRI 2017 dapat disimak di bawah ini:

Baca juga: Inilah Daftar Produk KPR Syariah Terbaik 2018

1. KUR Mikro.

KUR Mikro ini ditujukan bagi individual maupun usaha perseorangan yang layak diberi suntikan modal KUR dengan syarat usaha tersebut telah berusia setidaknya 6 bulan, tidak ada sangkut pautnya dengan pihak perbankan kecuali untuk urusan konsumtif seperti kartu kredit, KPR atau KKB.

Persyaratan administratif yang dibutuhkan:

  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Surat Ijin Usaha (SIUP/Akta Pendirian Perusahaan)
  • Agunan/jaminan kredit.

2. KUR Ritel.

Sesuai dengan namanya, KUR Ritel ini ditujukan kepada para pengusaha retail (pedagang ecer) yang memiliki usaha ritel yang cukup layak, sama seperti persyaratan untuk KUR Mikro, KUR Ritel ini bisa diajukan apabila usaha retail Anda sudah berjalan minimal 6 bulan dan sudah memiliki IUMK atau semacam Surat Ijin Usaha Mikro dan surat-surat usaha lainnya seperti SIUP atau Akta Pendirian Perusahaan dan lain-lain.

Besaran dana untuk KUR Ritel antara 25-500 juta rupiah, bunga efektif 0.41% per bulan atau setara dengan 9% per tahun, sedangkan biasanya apabila meminjam di atas 100 juta rupiah maka akan dibebankan agunan/jaminan berupa aset bagi si penerima KUR.

3. KUR TKI.

Sedangkan KUR TKI merupakan KUR BRI yang diperuntukkan bagi seorang calon TKI atau sudah bekerja sebagai TKI di negara lain. Maksimal pinjamannya adalah 25 juta atau sesuai kebijakan pemerintah dalam menetapkan Cost Structure. Maksimal jangka waktu kredit adalah 3 tahun atau sesuai dengan kontrak kerja dan tujuan negara kerjanya adalah Brunei, Singapura, Malaysia, Taiwan, Hongkong, Jepang dan Korea Selatan.

Persyaratan administratif yang dibutuhkan antara lain:

  • Fotokopi KTP, KK dan identitas lain
  • Fotokopi paspor dan visa
  • Fotokopi perjanjian kerja dan penempatan serta persyaratan lainnya yang berlaku
  • Agunan/jaminan kredit.

Bagi Anda yang berminat untuk mengajukan KUR BRI, berikut ini prosedur/mekanisme pengajuannya:

  • Pemohon (calon debitur) datang langsung ke kantor BRI terdekat dengan membawa Surat Permohonan KUR BRI serta melampirkan beberapa dokumen pendukung/persyaratan administratif yang sudah disebutkan di atas.
  • Pemohon mengisi formulir yang sudah disediakan, kemudian menuju Customer Service (CS) Bank BRI untuk menyerahkan surat permohonan, dokumen pendukung dan formulir yang sudah diisi.
  • Bank BRI akan melakukan analisa dan evaluasi mengenai kelayakan usaha atau calon debitur dalam hal penerimaan KUR.

Setelah melakukan analisa dan evaluasi, termasuk mempertimbangkan besaran dana sesuai agunan, maka Bank BRI akan memberikan keputusan apakah Anda layak menerima KUR atau tidak. Jika Anda masuk dalam kriteria yang telah ditetapkan oleh Bank BRI maka selanjutnya Anda akan dihubungi oleh pihak Bank BRI dalam jangka waktu 7-14 hari kerja.

Sebelum Anda menerima dana pinjaman KUR BRI, Anda akan diminta untuk menandatangani perjanjian mengenai kredit/pembiayaan dengan Bank BRI. Selanjutnya, Anda diwajibkan untuk membayar angsuran kredit setiap bulannya hingga lunas dan tentunya harus bersedia membayar denda jika Anda terlambat membayar angsuran sesuai kesepakatan.


Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam KUR BRI dan Syarat Pengajuannya yang Benar"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarl dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,por*ografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel