Macam-Macam Kredit UKM dan Syarat Pengajuan nya
Macam-Macam Kredit UKM dan Syarat Pengajuan nya

Macam-Macam Kredit UKM dan Syarat Pengajuan nya  - Bagi Anda yang merupakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, khususnya yang hanya memiliki modal pas-pasan, biasanya akan terkendala biaya untuk mengembangkan usahaya. Oleh karena itu pihak pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang pinjaman yang di khususkan untuk UKM yang lebih sering kita sebut sebagai kredit UKM (Usaha Kecil Dan Menengah ).

Macam-Macam Kredit UKM dan Syarat Pengajuan nya

Untuk pengajuan kredit UKM pun bisa dibilang mudah-mudah susah. Nah, bagi Anda pelaku UKM ada beberapa kredit UKM yang bisa Anda coba untuk pembiayaan usaha Anda.

Macam-Macam Jenis Kredit UKM Berdasarkan Kegunaan

1. Kredit modal kerja
Bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk modal bisnis maka Anda bisa mengajukan kredit modal kerja kepada lembaga keuangan. Kredit modal kerja ialah kredit yang dipinjamkan oleh lembaga keuangan untuk membiayai bisnis yang yang berjalan khusunya permodalan usaha baru.

Baca juga: Keuntungan KTA BRI Syariah dan Syarat Pengajuannya

Untuk jangka waktu yang diberikan biasanya jangka pendek, bisa 6 bulan sampai 12 bulan. Contoh dari kredit modal kerja ini adalah kredit dari Bank BRI yaitu Teras BRI. Program ini biasanya tidak hanya pembiayaan namun juga pendampingan UKM.

2. Kredit investasi
Kredit ini merupakan jenis pembiayaan yang diberikan oleh bank kepada pelaku UKM yang ingin memperbesar usaha dengan pengadaan aset tetap maupun bergerak yang bisa anda ajukan ke bank. Jangka waktu pembiayaan biasanya jangka panjang yaitu 5 tahun.

Macam-Macam Kredit UKM Berdasarkan Agunan/Jaminan nya

1. Kredit dengan jaminan
Untuk mencari kredit usaha UKM, Anda bisa mencoba kredit ini. Biasanya kredit dengan agunan bisa Anda coba ke bank dan lembaga keuangan yanga lainnya. Dengan demikian Anda menjaminkan aset Anda sebagai jaminan dari kredit yang Anda ambil.

2. Kredit tanpa agunan
Untuk kredit ini biasanya proses pencairannya lebih cepat dibandingkan dengan kredit dengan agunan, namun tentu saja jumlah dana yang diperoleh lebih sedikit. Kredit ini memang tidak menggunakana aset, namun jika Anda telat untuk membayar angsuran maka pihak bank bisa saja menyita salah satu aset yang Anda miliki.

Setelah Anda tahu beberapa jenis kredit UKM yang bisa ajukan, lalu apakah Anda tahu apa saja persyaratannya? Nah, berikut kami bagikan beberapa persyarataan pengajuan kredit UKM untuk beberapa bank, yang sebaiknya anda tahu.

1. Syarat kredit UKM untuk Bank Mandiri

Ada beberapa syarat administrasi yang harus Anda penuhi jika ingin mengajukan kredit Ukm di bank ini, antara lain FC KTP, kartu keluarga, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha ), serta FC rekening koran tabungan atau deposito (selama 6 bulan terakhir).

Jangka waktu untuk kredit di Bank Mandiri biasanya cukup lama, bisa mencapai 3  sampai 5 tahun dan masih bisa diperpanjang menjadi 6 atau 10 tahun.

2. Syarat kredit UKM di Bank BRI

Beberapa syarat yang harus Anda mliki jika ingin mengajukan kredit di bank BRI yaitu surat keterangan bahwa nasabah tidak mendapat pinjaman dari bank lain seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), surat keterangan tidak mendapat bantuan pemodalan UKM dari pemerintah, pelaku UKM memiliki pengalaman wirausaha setidaknya 1 tahun.

Sedangkan data – data yang harus anda lengkapi yaitu KTP atau SIM yang masih berlaku, surat legatilas usaha yang tentunya masih berlaku, NPWP, serta surat keterangan dari kelurahan atau desa bagi yang ingin mengajukan kredit sebesar 150 juta.

Demikian diatas ulasan mengenai macam-macam kredit UKM dan syarat pengajuan nya. Untuk syarat di bank-bank lainnya, bisa anda lihat di website masing-masing bank tersebut, atau datang langsung ke kantor cabangnya. Semoga bermanfaat.


Berlangganan Artike Terbaru :

0 Response to "Macam-Macam Kredit UKM dan Syarat Pengajuan nya"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarl dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,por*ografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel