Kelebihan dan kekurangan KPR syariah yang sebaiknya anda ketahui
Kelebihan dan kekurangan KPR syariah yang sebaiknya anda ketahui

Kelebihan dan kekurangan KPR syariah yang sebaiknya anda ketahui - Bagi anda yang hendak berkeluarga namun belum memiliki rumah sendiri maka jangan khawatir. Saat ini terdapat cara mudah dan menguntungkan bagi anda yang ingin memiliki rumah, yakni dengan cara menggunakan sistem KPR atau kredit kepemilikan rumah. Jadi anda tidak perlu menunggu harus punya uang dalam jumlah yang besar sekaligus untuk bisa memiliki sebuah rumah idaman.

Kelebihan dan kekurangan KPR syariah yang sebaiknya anda ketahui

Kelebihan dan Kekurangan KPR Syariah
Saat ini ada dua jenis KPR yang berlaku di indonesia, yaitu KPR konvensional serta syariah. Dan untuk kali ini, sesuai judul diatas kami khusus akan mengupas tentang KPR syariah. Nah, langsung saja silahkan disimak.

Kelebihan KPR syariah

1. Tak takut adanya sistem riba
Berbicara mengenai KPR syariah, tentu saja sistem yang digunakan sudah berdasarkan aturan islam yang berlaku. Dan fakta ini tentu saja akan membuat konsumennya (khususnya umat muslim) merasa tenang, sebab tidak lagi takut ada sistem riba di dalamnya.

Baca juga: Apa Bedanya KPR Syariah dan Konvensional? Mana yang Menguntungkan?

2. Ada dispensasi saat percepat pelunasan
Biasanya, yang berlaku di semua bank syariah adalah hampir sama. Terutama jika ada nasabah yang ingin mempercepat pelunasan. Jika dalam bank konvensional, akan dikenakan pinalti, bila mempercepat pelunasan, namun di KPR syariah tidak berlaku demikian. Walau biasanya, ketentuan terkait hal ini  tidak di bahas di awal perjanjian, namun bila terjadi kasus pelunasan di percepat, pihak bank syariah tidak menerapkan sistem pinalti.

3. Cicilan tetap tidak berubah-ubah
Cicilan yang diberlakukan di KPR syariah  adalah mengggunakan sistem flat, jadi artinya cicilan tersebut dari awal mulai akhir sama dengan kesepakatan di awal. Tidak sama dengan KPR konvensional yang biasanya memberlakukan bunga mengambang (mengikuti bunga bank saat itu). Tentu saja keuntungan yang di dapat jika menggunakan sistem ini, kita dapat mengatur lalu lintas keuangan dengan lebih nyaman, karena kita tahu berapa pengeluaran pastinya setiap bulan.

4. Ada diskon yang menarik
Ini juga merupakan salah satu keuntungan yang kita dapat jika memilih KPR secara syariah. Saat bungan bank sedang naik, kita tetap membayar cicilan sesuai dengan ketentuan awal, namun apabila di tengah-tengah berjalannya cicilan, bungan bank menurun, maka biasanya ada diskon menarik yang diberikan. Untuk masalah besaran diskon tersebut, biasanya diatur sesuai ketentuan regulasi dari ojk atau otoritas jasa keuangan.

Dan biasanya ketentuan diskon ini diberikan hanya pada konsumen/nasabah yang pelunasannya dipercepat, baik cuma sebagian atau secara keseluruhan. Selain itu biasanya juga berlaku pada nasabah yang mengalami kesulitan membayar cicilan, atau pada nasabah yang sekiranya dianggap loyal oleh pihak bank.

5. Uang muka lebih murah
Keuntungan selanjutnya adalah terkait ketentuan uang muka yang ringan.  Biasanya, uang muka yang harus dibayarkan lebih murah, mulai sekitar 10% dari total harga jual rumah.

Kelemahan KPR syariah
Seperti pepatah, setiap produk yang memiliki kelebihan pasti ada kekurangan di dalamnya. Hal ini pun juga berlaku bagi KPR syariah. Salah satu kelemahan dari KPR syariah adalah, jangka waktu kredit yang lebih singkat dibanding KPR konvensional. Jika dalam KPR konvensional maksimal nasabah dapat mencicil hingga 25 tahun, namun pada KPR dengan sistim syariah maksimalnya hanya 10-15 tahun saja.

Nah, demikian diatas ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan dari KPR syariah. Dengan mengetahui beragam kelebihan dan kekurangannya, tentu saja anda bisa memilih dengan lebih yakin.


Berlangganan Artike Terbaru :

0 Response to "Kelebihan dan kekurangan KPR syariah yang sebaiknya anda ketahui"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarl dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,por*ografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel