Solusi Mudah Mengatasi Hp Android yang Tak Terdeteksi PC/Laptop
Solusi Mudah Mengatasi Hp Android yang Tak Terdeteksi PC/Laptop

Solusi Mudah Mengatasi Hp Android yang Tak Terdeteksi PC/Laptop - Data-data penting di dalam PC/laptop kini juga dapat diakses melalui smartphone android, begitu pula sebaliknya. Caranya yaitu dengan mentransfer data menggunakan kabel USB.

Solusi Mudah Mengatasi Hp Android yang Tak Terdeteksi PC/Laptop

Umumnya, data yang sering ditransfer berupa file dokumen, presentasi, aplikasi, hingga file multimedia music, foto, video atau lainnya. Namun, apa jadinya jika PC/laptop Anda tidak membaca perangkat android tersebut? Tenang, jangan panik. Kami akan memberikan 5 solusi mengatasi smartphone android yang tidak terdeteksi PC/laptop dengan mudah. Silahkan disimak.

Tips Mengatasi Hp Android yang Tak Terdeteksi PC/Laptop

1. Restart Hp Android dan PC/Laptop

Jangan terburu-buru berasumsi bahwa telah terjadi kerusakan pada perangkat Anda. Langkah pertama yang sebaiknya Anda ambil adalah dengan mematikan hp android dan PC/laptop Anda. Langkah ini bertujuan agar proses booting dapat berjalan normal kembali.

Baca juga: Cara Cepat Mengatasi Baterai Smartphone Tidak Bisa Mengisi

Tunggu beberapa saat, lalu nyalakan kembali perangkat tersebut. Kemudian tancapkan kabel USB ke port USB yang tersedia, lalu cek apakah hp android Anda terdeteksi di PC/laptop. Cara ini dapat menjadi solusi mengatasi hp android yang tak terbaca di PC/laptop.

2. Hapus Cache dan History pada PC/Laptop

Banyaknya cache dan history atau riwayat yang menumpuk di PC/laptop juga dapat mengganggu performa perangkat tersebut, misalnya sering terjadi error, cepat panas, dan hang. Smartphone android yang tak terdeteksi di PC/laptop bisa saja akibat penumpukan cache dan history. Untuk itu, hapus cache dan semua riwayat di PC/laptop Anda.

Cara membersihkan cache yaitu dengan menggunakan Windows Disk Cleanup dengan masuk ke menu Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup. Setelah itu, pilih drive partisi yang akan Anda bersihkan cache dan riwayatnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner untuk membersihkan cace, cookies, history, dan file temporary lainnya dengan lebih mudah.

3. Pindah ke Port Lain

Coba pindahkan posisi kabel USB yang Anda gunakan dari port satu ke port lainnya. Smartphone android yang tak terdeteksi bisa saja diakibatkan karena tidak berfungsinya port USB yang Anda gunakan.

Pastikan port tersebut bersih dari tumpukan debu sebelum Anda menancapkan kabel USB. Setelah ditancapkan, coba cek kembali apakah smartphone Anda terdeteksi di PC/laptop. Untuk mengecek apakah port tersebut bekerja dengan baik atau tidak, Anda bisa menggunakan device lain, seperti flash disk atau external hard disk.

4. Gunakan Kabel Data Lain

Jika cara pada poin sebelumnya tidak berhasil, cobalah untuk mengganti kabel USB yang Anda gunakan. Smartphone yang tidak terbaca bisa jadi disebabkan kabel data Anda yang memang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi semestinya.

Cek dengan meminjam kabel data teman atau saudara terdekat.  Dengan menggunakan kabel data lainnya, Anda dapat mengecek apakah kabel data Anda yang bermasalah atau port USB yang tidak dalam kondsi baik. Jika masih tidak terbaca, coba cara berikutnya ya.

5. Mengubah Setelan Konektivitas 

Jika Anda menghubungkan smartphone android ke PC/laptop, tentunya hal ini berkaitan dengan konektivitas yang akan muncul di layar smartphone seperti SD card, baterai, kamera, serta perangkat media (MTP).

Untuk menghubungkan smartphone android ke PC/laptp agar Anda dapat mentransfer file yang diinginkan, pilihlah opsi konektivitas MTP. Dengan begitu, laptop Anda akan terhubung ke memori internal maupun eksternal perangkat android Anda.

Nah, itu dia 5 solusi mudah mengatasi hp android yang tak terdetesi PC/laptop. Semoga bermanfaat.


Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Solusi Mudah Mengatasi Hp Android yang Tak Terdeteksi PC/Laptop"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarl dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,por*ografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel