Solusi Jitu Mengatasi Smartphone yang Oppo Sering Mati Sendiri
Solusi Jitu Mengatasi Smartphone yang Oppo Sering Mati Sendiri

Solusi Jitu Mengatasi Smartphone yang Oppo Sering Mati Sendiri - Semuanya pasti setuju jika Oppo kini telah menjadi brand yang cukup diperhitungkan di pasar smartphone Indonesia. Brand asal China ini dikenal dengan varian produk smartphone berkwalitas tinggi, yang mampu memuaskan penggunanya.

Solusi Jitu Mengatasi Smartphone yang Oppo Sering Mati Sendiri

Meski begitu, bukan berarti smartphone Oppo tidak pernah mengalami masalah. Salah satu masalah yang sangat mengganggu dari smartphone ini ialah tiba-tiba mati sendiri. Nah, untuk itu, pada kesempatan ini kami akan bagikan beberapa tips untuk mengatasi smartphone Oppo Anda yang sering mati tersebut. Silahkan disimak.

Penyebab Smartphone Oppo Sering Mati Sendiri

Baca juga: Solusi Mudah Mengatasi Hp Android yang Tak Terdeteksi PC/Laptop

Sebelum membahas solusi mengatasi smartphone Oppo yang sering mati sendiri, tak ada salahnya jika Anda mencari tahu penyebab utama mengapa smartphone Oppo Anda sering mati sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut sesuai dengan kondisi smartphone. Nah, biasanya berikut ini adalah beberapa penyebab smartphone Oppo mati sendiri:

  • Banyaknya temporary file seperti cache yang menumpuk.
  • Aplikasi yang terpasang error
  • Kerusakan sistem OS android
  • Hardware yang overheating
  • Penggunaan yang melebihi kapasitas pada hardware
  • Smartphone sudah dalam kondisi root
  • Terjadi kesalahan saat mensetting custom ROM. 


Solusi Mengatasi Smartphone Oppo Sering Mati Sendiri

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah smartphone Oppo yang sering mati sendiri dengan tiba-tiba.

1. Hapus Cache

Cara yang pertama adalah dengan menghapus cache yang tersimpan di memori. Cache adalah file sementara (temporary file) yang dapat menghambat performa smartphone dan dapat berakibat ponsel mengalami restart atau mati sendiri.

Untuk itu, bersihkan file cache secara rutin untuk menghindari penurunan kinerja smartphone Anda. Lakukan secara manual dengan masuk ke menu Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Pilih Aplikasi > Hapus Cache. Menghapus cache juga bisa dilakukan secara otomatis dan praktis dengan bantuan aplikasi pembersih seperti Clean Master dan lainnya.

2. Scan dengan Antivirus

Penyebab smartphone mati sendiri bisa karena terkena virus dari luar seperti transfer file atau download secara sembarangan. Untuk mengatasinya, gunakan aplikasi antivirus untuk scanning dengan mengunduhnya melalui Google Play Store.

3. Hapus Aplikasi yang Tak Diperlukan

Hindari mengunduh aplikasi secara berlebihan. Sebaiknya gunakan aplikasi yang menunjang kebutuhan Anda saja. Jumlah aplikasi berlebih akan memakan RAM dalam jumlah besar dan memberatkan kerja CPU.

Banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar juga dapat menyebabkan overheating dan akhirnya membuat smartphone tiba-tiba mati sendiri. Untuk itu, aplikasi yang tak begitu Anda perlukan sebaiknya diuninstall saja.

4. Update Sistem Android

Untuk meningkatkan performa smartphone, lakukan pembaruan terhadap sistem android ke versi terbaru yang tersedia. Update sistem android memungkinkan bugs atau kerusaka yang terjadi pada aplikasi menjadi teratasi.

5. Unroot Android

Jika ponsel Oppo Anda sudah dalam kondisi diroot, sebaiknya lakukan unrooting. Root memang terkadang dapat meningkatkan performa smartphone, akan tetapi root juga dapat mengganggu atau merusak sistem android itu sendiri.

6. Factory Reset

Cara selanjutnya yaitu dengan mereset semua pengaturan ke pengaturan awal. Cara ini dinilai ampuh untuk mengatasi kerusakan atau error pada sistem android maupun aplikasi yang menyebabkan ponsel mati sendiri. Sebelum mereset ke pengaturan awal pastikan Anda sudah memback up semua data penting, karena semua data akan terhapus jika ponsel sudah direset.

Kini Anda tak perlu cemas jika smartphone Oppo Anda tiba-tiba mati sendiri. Coba temukan penyebab utamanya dan atasi dengan solusi yang tepat. Semoga bermanfaat.


Berlangganan Artike Terbaru :

0 Response to "Solusi Jitu Mengatasi Smartphone yang Oppo Sering Mati Sendiri"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarl dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,por*ografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel