Tips Mudah Merawat Sensor Fingerprint Scanner Pada Smartphone, Agar Tetap Awet

Tips Mudah Merawat Sensor Fingerprint Scanner Pada Smartphone, Agar Tetap Awet - Saat ini teknologi sensor sidik jari atau fingerprint scanner sudah banyak diterapkan di Smartphone. Salah satu alasannya adalah memiliki sistem keamanan yang kuat, jika dibandingkan dengan metode yang lainnya. Selain itu banyak pengguna smartphone yang menilai bahwa fingerprint scanner lebih praktis dalam penggunaannya. Sebab Anda hanya perlu menekan sidik jari Anda pada sensor, tanpa harus memasukan kunci pola atau pin.

Tips Mudah Merawat Sensor Fingerprint ScannerPada Smartphone, Agar Tetap Awet

Namun tahukah anda, jika dibalik semua keunggulan diatas sensor sidik jari tersebut sangat rentan dan rawan kerusakan. Oleh karena itu, Anda harus merawatnya dengan baik, agar kondisi dan kualitas sensor tetap terjaga. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk merawat sensor sidik jari agar tetap awet.

Tips Mudah Merawat Sensor Fingerprint Scanner Pada Smartphone

Merawat sensor sidik jari pada sebuah smartphone sebenarnya sangat mudah dan bisa Anda lakukan ssendiri. Nah, inilah beberapa tips yang bisa Anda praktikan.

1. Jangan sekali-kali menggunakan fingerprint saat jari Anda basah
Sebelum menyentuhkan jari Anda ke bagian sensor, pastikan bahwa jari tersebut dalam kondisi kering. Jangan pernah sekali-kali mengakses sensor sidik jari dalam kondisi jari yang basah. Sebab jari basah akan mengurangi kepekaan sensor dalam mendeteksi sidik jari. Sehingga cepat atau lambat akan merusak sistem perangkat sensor tersebut.



2. Jangan memakai fingerprint saat sedang hujan
Selanjutnya, sebaiknya Anda juga memperhatikan kondisi saat akan menggunakan sensor sidik jari. Sangat disarankan untuk tidak memakai fingerprint saat dalam kondisi hujan. Sebab air hujan bisa membasahi permukaan sensor, yang bisa merusak sistem pendeteksiannya. Nah, meskipun smartphone Anda tahan air, sebaiknya tetap menghindari penggunaan sensor saat hujan. Karena bisa jadi tetesan air hujan tersebut akan masuk ke celah-celah sensor, sehingga akan merusak perangkat di dalamnya.



3. Jangan sekali-kali memindai dengan menggunakan jari lain
Saat Anda akan menggunakan sensor sidik jari, Anda harus mendaftarkan sidik jari terlebih dahulu. Nah, sidik jari inilah yang akan direkam sebagai kata kunci untuk membuka smartphone Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak membuka sensor dengan sidik jari lain. Sebab pemindaian dengan menggunakan sidik jari lain, akan merusak sistem deteksi pada sensor. Jika terus dilakukan, lama kelamaan akan membuat sensor Anda tidak berfungsi lagi.



4. Jangan terlalu banyak mendaftarkan sidik jari 
Dengan alasan keamanan dan untuk berjaga-jaga, banyak orang yang mendaftarkan banyak sidik jari ke smarphone mereka. Padahal ini sesuatu yang salah, yang justru dapat berpotensi merusak sensor sidik jari. Untuk itu, sebaiknya Anda mendaftarkan 2 sidik jari saja, jangan terlalu banyak. Memang sih rata-rata smartphone bisa merekam 4 sampai 5 sidik jari, tapi lebih baik jangan digunakan semuanya.



5. Jangan pernah menggores panel sidik jari smartphone Anda
Panel sensor sidik jari merupakan bagian yang rawan tergores. Maka jangan sekali-kali Anda menggoreskan benda-benda tajam ke permukaan panel fingerprint Anda, seperti kuku. Sebab jika permukaannya tergores, bisa merusak sistem kepekaan deteksi pada sensornya. Sebagian besar kerusakan sensor sidik jari biasanya karena permukaannya tergores.



6. Jangan terlalu menekan sensor sidik jari terlalu kuat
Selanjutnya saat menggunakan sensor sidik jari jangan menekannya terlalu keras. Karena pada dasarnya sensor ini dirancang khusus untuk memiliki kepekaan yang tinggi dalam mendeteksi sidik jari. Jadi Anda tidak perlu menekannya terlalu kuat, sebab ini hanya akan merusak fisik dari panel sensornya.



Nah, itulah beberapa tips mudah merawat sensor fingerprint scanner pada smartphone agar tetap awet. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mudah Merawat Sensor Fingerprint Scanner Pada Smartphone, Agar Tetap Awet"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus