Tips Membuat Password yang Kuat Agar Aman dari Tindak Kejahatan Hacker

Tips Membuat Password yang Kuat Agar Aman dari Tindak Kejahatan Hacker - Demi keamanan informasi pribadi maupun perusahaan dan institusi tertentu, kita diwajibkan membuat password agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Pemerintah Amerika Serikat telah menyarankan para pengguna internet untuk membuat password dengan menggabungkan kata dan simbol.

Tips Membuat Password yang Kuat Agar Aman dari Tindak Kejahatan Hacker

Namun, sebenarnya password seperti itu tidaklah sulit diketahui oleh hacker, terlebih hacker profesional. Lantas bagaimana caranya agar bisa membuat pasword yang ideal yang bisa aman dari ulah jahat hacker?

Tips Membuat Password yang Kuat 

1. Buat Password yang Panjang

Sebuah laman web bertemakan teknologi yaitu Lifehacker mengungkapkan bahwa peretas atau hacker memiliki banyak cara cerdik dan program pintar yang dapat mereka gunakan untuk membajak password.

Baca Juga: Inilah Deretan Aplikasi yang Wajib Anda Miliki Saat Musim Hujan Tiba

Salah satu solusi untuk mencegah peretasan password adalah dengan membuat password yang panjang namun mudah Anda ingat. Manfaatkan pengalaman pribadi Anda yang lucu dan unik dalam membuat password. Misalnya, “kotak tissue dari kayu yang lucu imut” tanpa penggunaan spasi.

Password yang demikian lebih mudah diingat karena berkaitan langsung dengan pengalaman Anda. usahakan agar membuat kombinasi dengan menggunakan huruf capital dan angka agar lebih aman.

2. Lakukan Pengujian Password

Saat Anda telah membuat password yang panjang dengan gabungan karakter huruf capital dan angka, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menguji password tersebut. Pengujian password dilakukan untuk mengetahui seberapa aman password yang Anda buat.

Anda dapat memanfaatkan sejumlah situs di internet yang memberikan layanan uji password. Situs yang dapat Anda coba antara lain “How Secure is My Password” dan “How Strong Is Your Password”. Kedua situs tersebut terbilang aman karena telah diuji sejumlah developer terpercaya. Dengan melakukan uji password, tentunya peretas tidak akan mudah membajak password Anda.

3. Manfaatkan Aplikasi

Selain menggunakan situs di internet untuk melakukan uji password, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi tertentu agar password Anda aman dan tidak diretas oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Contoh aplikasi yang dapat membuat password Anda terjamin aman adalah 1Password. Aplikasi ini membantu Anda membuat password dan selalu mengingat password tersebut. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika suatu saat Anda lupa dengan password yang telah dibuat.

4. Hindari Menyimpan Password di Browser

Pernahkah Anda menyimpan password pada browser? Jika pernah, usahakan agar sesegera mungkin mengganti password Anda. Jangan sekali-kali menyimpan password di browser seperti Mozzila, Chrome, maupun Safari dan browser apapun.

Pasalnya, pada beberapa waktu yang lalu sejumlah password yang disimpan di salah satu browser yaitu Opera berhasil diretas oleh hacker. Lebih parahnya lagi, akun Google pun ternyata tidak aman.

Peretas mampu berpura-pura seolah ia adalah pihak Google. Selanjutnya ia akan meminta Anda memasukkan password. Jika ini terjadi, jangan memasukkan password Anda. Karena, hanya dengan bermodalkan password Google, para hacker dapat menggunakannya untuk meretas semua password yang Anda gunakan.

5. Gunakan Two-Factor Authentication

Jika Anda merasa malas untuk menghafal suatu password atau bahkan Anda seorang yang mudah lupa, Anda bisa memanfaatkan penggunaan fitur two-factor authentication atau otentikasi dua langkah.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan aplikasi Aunthy. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menggandakan lapisan keamanan selain penggunaan password. Trik ini dinilai lebih aman dibanding penggunaan kode otentikasi yang dikirim melalui layanan pesan singkat.

Itu dia 5 trik jitu membuat password yang kuat agar aman dari hacker. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Password yang Kuat Agar Aman dari Tindak Kejahatan Hacker"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus