Tips Agar Selalu Aman Saat Transaksi Menggunakan Mobile Banking

Tips Agar Selalu Aman Saat Transaksi Menggunakan Mobile Banking  - Seperti yang telah kita ketahui, teknologi yang semakin modern memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas dan pekerjaan dengan sangat mudah. Termasuk diantaranya adalah aktivitas yang berhubungan dengan keuangan.
Tips Agar Selalu Aman Saat Transaksi Menggunakan Mobile Banking

Berbagai institusi perbankan memberikan kemudahan bagi nasabahnya dalam melakukan banyak hal, mulai transaksi perbankan, cek saldo, cek mutasi, pembayaran online, dan lain sebagainya dengan menggunakan mobile banking. Hal ini tentunya sangat relevan dengan tren atau gaya hidup kekinian, yang mana penggunaan posel sudah seperti kebutuhan utama bagi masyarakat modern.

Apa Itu Mobile Banking?

Mobile banking adalah suatu layanan yang diluncurkan oleh bank untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Nasabah dapat mentransfer uang dan transaksi banking lainnya dari smartphone dan koneksi internet saja.

Maka, tak heran jika masyarakat modern banyak memanfaatkan fitur ini dalam melakukan transaksi. Namun, para pengguna mobile banking juga perlu memperhatikan keamanan mobile banking agar tidak merugikan diri sendiri. Untuk itu, kami akan membagikan tips untuk pengguna mobile banking agar keamanan selalu terjaga.

Tips Aman Transaksi Menggunakan Mobile Banking

1. Hindari Menggunakan Koneksi Wi-Fi Umum

Tips pertama agar tetap aman saat menggunakan mobile banking adalah tidak melakukan akses aplikasi perbankan menggunakan koneksi wi-fi umum. Tahukan Anda bahwa koneksi wi-fi umum tak terjamin keamanannya? Bahkan, para hacker dapat meretas data-data milik Anda jika mengakses melalui koneksi wi-fi umum. Untuk itu, sebaiknya gunakan koneksi internet pribadi Anda saat bertransaksi menggunakan mobile banking.

2. Ketahui Website Resmi dari Penerbit Kartu

Pihak-pihak yang tak bertanggung jawab tidak jarang memakai suatu website dengan mengatasnamakan suatu bank tertentu dengan maksud yang buruk seperti penipuan terhadap nasabah bank. Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya Anda mengetahui website resmi bank yang Anda gunakan.

Dengan demikian, isi dan informasi dalam website tersebut dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Selain itu, dengan mengetahui website resmi bank, Anda juga mengetahui pihak mana yang dapat dihubungi jika Anda menemukan aktivitas mencurigakan pada rekening pribadi Anda.

3. Aktifkan Layanan Autentikasi Akun Perbankan Anda

Sebagian besar bank yang telah menyediakan layanan mobile banking juga memberikan fasilitas layanan keamanan bagi nasabahnya serta melengkapinya dengan perangkat autentikasi. Salah satu layanan tersebut adalah One-Time-Password.

One-Time-Password berfungsi untuk melakukan autentikasi dan juga melakukan verfikasi terhadap proses transaksi yang Anda lakukan. Layanan ini dapat menjaga akun perbankan Anda tetap aman. Untuk itu, pastikan untuk mengaktifkan layanan ini pada akun perbankan Anda. Sehingga, Anda dapat melakukan berbagai transaksi dengan lebih aman dan tenang.

4. Melakukan Update Aplikasi Mobile Banking secara Berkala

Saat menggunakan aplikasi mobile banking pada smartphone, pastikan agar Anda selalu memeriksa apakah ada update aplikasi yang tersedia. Jika update aplikasi sudah terbit, maka segera perbarui aplikasi mobile banking Anda.

Hal ini bertujuan agar aplikasi yang terpasang di perangkat Anda sudah dilengkapi dengan fitur layanan dan keamanan terbaru. Memperbarui aplikasi mobile banking dapat memungkinkan Anda untuk memperoleh manfaat dari layanan terbaru dan peningkatan keamanan yang sebelumnya belum tersedia. Dengan demikian, akun perbankan Anda selalu aman dan terhindar dari resiko peretasan.

5. Hindari Melakukan Jailbreak terhadap Perangkat

Aktivitas jailbreak yang Anda lakukan terhadap perangkat yang Anda gunakan memungkinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses sistem operasi dari gadget Anda. hal tersebut berpotensi memungkinkan pihak lain mengetahui informasi yang tersimpan pada gadget tersebut.

6. Aktifkan Password yang Kuat

Password adalah fitur dasar untuk menjaga keamanan baik akun maupun perangkat itu sendiri. Pastikan untuk mengaktifkan password yang kuat atau fitur keamanan biometrik pada smartphone Anda untuk melindungi informasi di dalamnya.

Itu dia tips penting dlaam menjaga keamanan bagi para pengguna mobile banking. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Selalu Aman Saat Transaksi Menggunakan Mobile Banking"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus