Pilih Baterai Removeable Atau Non-Removeable? Ketahui Dulu Kelebihan Kekurangannya Berikut Ini

Pilih Baterai Removeable Atau Non-Removeable? Ketahui Dulu Kelebihan Kekurangannya Berikut Ini -  Seiring dengan perkembangan teknologi, smartphone pun juga ikut berkembang. Saat ini sudah banyak dijumpai berbagai macam pilihan smartphone. Selain bentuk fisiknya yang terus mengalami perkembangan, fitur nya pun ikut berkembang mengikuti kemajuan teknologi terkini, salah satunya pada sektor baterai.

Pilih Baterai Removeable Atau Non-Removeable? Ketahui Dulu Kelebihan Kekurangannya Berikut Ini

Yup, saat ini baterai smartphone yang ada dipasaran terdiri dari dua pilihan, yaitu baterai removeable (bisa dilepas) dan non-removeable (tidak bisa dilepas). Nah, lantas manakah dari kedua jenis baterai smartphone ini yang terbaik?

Baca Juga: Penting!! Ketahui 8 Penyebab Baterai Smartphone Meledak Berikut Ini

Ada baiknya sebelum membeli smartphone baru, Anda perhatikan dulu kelebihan serta kekurangan dari  baterai removeable (bisa dilepas) dan non-removeable (tidak bisa dilepas) di bawah ini, agar nantinya bisa memilih yang terbaik menurut anda.

Kelebihan dan Kekurangan Baterai Removeable

Kelebihan:

1. Saat Smartphone Hang, Cukup Mencabut Baterai

Terkadang beberapa fitur dalam smartphone tiba-tiba hang atau tidak responsive dengan sendirinya. Umumnya, dengan mencabut baterai, maka masalah tersebut akan terpecahkan dan smartphone Anda pun kembali normal seperti sedia kala.

Nah, itulah salah satu kelebihan dari baterai Removeable, Anda bisa dengan mudah memperbaiki smartphone yang hang hanya dengan mencabut baterainya saja.

2. Apabila Terkena Air, Smartphone Mudah Diperbaiki

Mungkin Anda pernah tidak sengaja menjatuhkan smartphone ke dalam air. Biasanya, hal pertama yang dilakukan adalah melepas baterai guna menghindari korslet atau short circuit.

3. Dapat Menggunakan Baterai Cadangan

Walaupun terdapat fitur untuk menghemat daya baterai, namun ada saatnya daya baterai tersebut akan terkuras habis, entah karena banyaknya aplikasi yang sedang berjalan atau game yang berat. Untuk itu, dengan baterai removeable, Anda dapat menggunakan baterai cadangan jika tiba-tiba daya baterai Anda habis.

4. Mudah Mengganti Baterai Baru

Apakah Anda sering mengecas smartphone selama semalaman? Hal ini sebenarnya tidak baik bagi daya tahan baterai, sehingga akan merusak baterai. Namun, dengan menggunakan baterai removeable akan memudahkan Anda dalam mengganti baterai, apabila terjadi kerusakan pada baterai sebelumnya. 

Kekurangan:

1. Desain Smartphone Lebih Besar

Desain smartphone akan lebih besar karena baterai removable memiliki bentuk yang cukup besar dibandingkan dengan baterai non removeable.

2. Slot Memory Card serta Sim Card Berada di Belakang Baterai

Baterai non-removeable memiliki slot khusus untuk kartu sim dan memory card, sehingga memudahkan dalam memasang dan mengganti kartu tanpa perlu melepaskan baterai terlebih dahulu.

Berbeda dengan baterai non-removeable, baterai removeable mengharuskan Anda untuk melepaskan baterai sebelum memasang kartu sim atau memory card karena slot-nya berada di belakang baterai.

Kelebihan dan Kekurangan Baterai Non-Removeable

Kelebihan:

1. Lebih Praktis dalam Memasang Sim Card dan Memory Card

Dengan menggunakan baterai Non Removable, Anda tak perlu ribet untuk melepas baterai terlebih dahulu karena sudah disediakan slot khusus untuk sim card dan memory card.

2. Terlindung Dari Debu Kotoran

Semua sisi pada smartphone dengan baterai non-removable tertutup rapat oleh casing sehingga Anda tak perlu kuatir dengan debu yang masuk ke bagian internal smartphone. Hal ini menyebabkan baterai lebih awet dan tahan lama.

3. Desain Lebih Elegan

Smartphone dengan baterai non-removeable mempunyai desain yang kokoh dan lebih tipis. Baterainya yang menyatu dengan casing smartphone membuat smartphone model ini terlihat lebih elegan dan cantik.

Kekurangan :

1. Tidak Ada Baterai Cadangan

Jika baterai utama kehabisan daya, Anda tak dapat menggunakan baterai cadangan karena baterai tidak bisa dilepas.

2. Tidak Bisa Mencopot Baterai Saat Hang

Anda tak dapat melepaskan baterai untuk memperbaiki smartphone saat terjadi hang atau smartphone tidak responsif. Sehingga Anda pun dipaksa menunggu cukup lama hingga smartphone kembali berjalan normal dengan sendirinya.

3. Tidak Mudah Mengganti Baterai

Apabila terjadi kerusakan pada baterai seperti menggelembung atau bocor, Anda tidak dapat dengan mudah menggantinya.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari baterai removable dan non-removeable. Setelah mengetahui kekurangan kelebihan diatas, kira-kira Anda lebih memilih baterai removable atau non removable?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilih Baterai Removeable Atau Non-Removeable? Ketahui Dulu Kelebihan Kekurangannya Berikut Ini"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus