Penting!! Ketahui 8 Penyebab Baterai Smartphone Meledak Berikut Ini

Penting!! Ketahui 8 Penyebab Baterai Smartphone Meledak Berikut Ini - Seiring dengan canggihnya teknologi, baterai smartphone pun kini mempunyai kapasitas yang besar. Namun, terkadang hal ini tidak sebanding dengan keamannya. Buktinya, belakangan ini terdapat beberapa kasus mengerikan, yaitu meledaknya baterai smartphone yang mengakibatkan cedera pada penggunanya.

Penting!! Ketahui 8 Penyebab Baterai Smartphone Meledak Berikut Ini

Ada beberapa faktor yang menyebabkan baterai smartphone meledak, mulai dari penggunaannya yang sembarangan ataupun dari pihak vendor yang kurang cermat dalam proses produksi. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut ini.

Baca Juga: Jika Muncul Tanda ini, Maka Smartphone Anda Telah Dibobol Hacker

Penyebab baterai smartphone meledak

1. Pada Dasarnya Baterai Smartphone Berbahaya

Rata-rata smartphone sekarang menggunakan baterai Li-ion (lithium-ion). Hal ini dikarenakan dayanya yang besar serta ketahanannya yang lebih efisien dan kuat. Namun, di dalam Li-ion terdapat elektrolit yang mudah terbakar. Sehingga pemakaian yang tidak wajar pada smartphone, akan menjadi sebuah ‘bom waktu’ atau meledak. Itulah mengapa kita tidak diperbolehkan bermain ponsel di pom bensin.

2. Cacat Produk

Kecacatan produksi dari perusahaan juga dapat menjadi penyebab baterai smartphone yang meledak. Terkadang, walaupun jarang, namun ada kemungkinan jika perusahaan melakukan kesalahan saat memproduksi baterai.

Misalnya saja produk smartphone asal Korea yang menarik kembali produknya karena terdapat kesalahan. Kesalahan tersebut dinilai karena tidak ada cukup ruang antara unsur listrik dengan pelindung pada baterai, sehingga terjadi arus pendek.

3. Baterai Tidak Original

Penyebab umum terjadinya baterai yang meledak adalah karena menggunakan baterai yang tidak original. Memang harganya lebih murah, tapi kualitas baterai yang tidak original belum terjamin.

Tidak mengherankan jika baterai KW sering menimbulkan bermacam masalah seperti cepat panas, atau tidak dapat di-charge. Bisa-bisa malah akan menimbulkan ledakan yang berbahaya bagi pengguna smartphone. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan baterai yang mahal tapi original dibanding dengan baterai murah, tidak original dan akhirnya malah meledak.

4. Baterai Sudah Tua

Banyak orang sering mengabaikan penggunaan baterai tua pada smartphone. Padahal hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah mulai dari boros daya hingga cepat panas. Nah, jika smartphone Anda cepat panas, sebaiknya Anda berhati-hati, karena kemungkinan besar akan terjadi masalah serius seperti meledak ketika Anda pakai.

5. Kerusakan Akibat Penggunaan

Salah satu faktor utama yang tidak kalah penting dalam kerusakan pada baterai smartphone adalah berasal dari penggunanya sendiri. Contohnya seperti menduduki smartphone, menjatuhkannya, terkena air atau bahkan karena terpapar panas matahari terlalu lama. Hal-hal seperti ini jika dilakukan secara terus-menerus akan merusak perangkat ponsel, khususnya baterai.

6. Masalah Saat Charging

Kasus meledaknya baterai smartphone yang sering terjadi adalah menggukan smartphone saat sedang di-charge. Tentu saja, hal ini menyebabkan smartphone menjadi overheat.

Selain itu, menggunakan power bank atau  portable charge secara terus menerus juga dapat merusak smartphone karena arus yang diberikan tidak sesuai dengan arus yang diterima. Apalagi jika Anda sering mencabut pasang kabel smartphone ketika daya baterai belum penuh sehingga akan menyebabkan gangguan pada keseimbangan pengecasan.

7. Tertutup Benda

Sebaiknya Anda menge-charge baterai smartphone di bidang yang datar seperti di lantai atau meja. Jangan mengisi daya baterai di bantal ataupun di atas kasur, karena benda-benda ini tergolong mudah terbakar.

Apalagi bila smartphone tertindih bantal sehingga kurang ventilasi, maka akan menjadi salah satu alasan baterai mudah meledak.

8. Persaingan Antar Produsen Baterai

Ketatnya persaingan yang terjadi antar produsen baterai juga dapat berimbas pada kerusakan baterai. Tidak jarang terdapat beberapa produsen baterai nakal dan licik yang mengganti komponen pada baterai dengan kualitas rendah sehingga menghemat pengeluaran mereka. Jadi, Anda harus tetap waspada!

Itulah, beberapa penyebab baterai smartphone dapat meledak secara mendadak. Semoga informasi ini bermanfaat!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penting!! Ketahui 8 Penyebab Baterai Smartphone Meledak Berikut Ini"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus