Miris!!! Inilah Karya Canggih Anak Bangsa yang Diabaikan di Negeri Sendiri

Miris!!! Inilah Karya Canggih Anak Bangsa yang Diabaikan di Negeri Sendiri - Selain kaya akan sumber daya alamnya, ternyata Indonesia juga tak kalah kaya dalam sumber daya manusianya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak anak bangsa yang sudah menelurkan bermacam penemuan-penemuan jenius dan canggih. Sayangnya, tak sedikit inovasi serta karya-karya canggih yang mereka kembangkan hanya dipandang sebelah mata oleh pemerintah.

Miris!!! Inilah Karya Canggih Anak Bangsa yang Diabaikan di Negeri Sendiri

Jadi, tak mengherankan, jika kurangnya apresiasi dari pemerintah ini, membuat banyak anak bangsa yang lebih memilih untuk berkarya di negeri orang dibandingkan dengan di negeri sendiri. Dan berikut beberapa karya canggih ciptaan anak bangsa yang justru diabaikan di negeri sendiri.

Karya Canggih Anak Bangsa yang Diabaikan di Negeri Sendiri

1. Alat Terapi kanker

Alat terapi kanker, Electro Capacitive Cancer Treatment (ECCT) merupakan salah satu terobosan baru yang diciptakan oleh Dr. Warsito Taruno. Alat ini digunakan untuk membunuh sel kanker dengan teknologi terapi kanker dipadukan dengan berbasis energi rendah.

Setelah melakukan proses uji coba di Lab in Vitro pada salah satu penderita kanker, hasilnya diketahui bahwa alat ini berhasil memerangi kanker tersebut. Sayangnya, alat terapi kanker ini tidak dapat diproduksi massal di negara Indonesia karena Lembaga Kesehatan Indonesia tidak memberi izin.

Justru malah Negara jepang yang tertarik dengan alat ciptaan Dr. Warsito Taruno ini. Menurut hasil riset mereka, Electro Capacitive Cancer Treatment (ECCT) sudah terbukti efektif dalam memerangi sel kanker.

2. Mobil Listrik

Ternyata Indonesia tak kalah hebat dengan Jerman dan Amerika, loh! Buktinya salah satu anak bangsa kita, Ricky Elson telah sukses menciptakan mobil sport yang diberi nama ‘Selo’.

Sayangnya pemerintah Indonesia menolak untuk memproduksi massal mobil ini karena dianggap tidak ramah lingkungan atau gagal lolos uji emisi. Ironisnya, justru pemerintah Malaysia yang ingin meminang produk ciptaan Ricky tersebut untuk dikembangkan lebih lanjut.

3. Kompor ramah Lingkungan

Muhammad Nurhuda, salah satu dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya berhasil membuat kompor biomassa atau kompor ramah lingkungan. Kompor hemat bahan bakar ini berbasis biomassa dimana emisi gas buangnya berada jauh di bawah batas yang ditetapkan WHO (Badan Kesehatan Dunia).

Walaupun peminat kompor ramah lingkungan di tanah air tak banyak, namun kompor ini justru laris manis di luar negeri seperti Meksiko, Kamboja, India, Norwegia hingga ke kawasan benua Afrika.

4. Pemadam Api Ramah Lingkungan

Jika selama ini kita selalu menganggap kulit singkong sebagai sampah, namun di tangan Randall Hartolaksono, kulit singkong mampu diolah menjadi bahan anti api serta anti panas. Berkat penelitiannya ini, Randall berhasil menciptakan beragam produk anti api. Walaupun produknya sudah memperoleh sertifikasi uji standar dari beberapa negara seperti Inggris, Amerika dan Australia, namun produknya tidak mendapatkan satuan lisensi dari Indonesia. Ironis, bukan?

5. Broadband

Tahukah Anda jika jaringan 4G LTE yang digunakan seluruh dunia merupakan hasil temuan dari orang Indonesia? Yup, Dr. Eng. Khoirul Anwar adalah sosok penemu serta pemilik paten teknologi 4G LTE serta teknologi broadband yang sudah menjadi standart internasional.

Alumni Teknik Electro ITB ini melanjutkan pendidikannya di NAIST (Nara Institute of Sciende and Technology) dan berhasil mendapatkan gelar master pada tahun 2005 serta gelar doktor di tahun 2008. Sebagai dosen dan peneliti, sebenarnya Dr. Eng. Khoirul ingin berkarya di negeri Indonesia, sayangnya sepertinya kemampuannya belum banyak dibutuhkan pemerintah.

Itulah beberapa karya canggih anak bangsa yang malah ditolak oleh negeri sendiri walaupun sudah diakui oleh dunia. Sungguh ironis, bukan?


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Miris!!! Inilah Karya Canggih Anak Bangsa yang Diabaikan di Negeri Sendiri"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus