Mengenal Lebih Jauh tentang Pengertian dan Fungsi Registry Pada Windows

Mengenal Lebih Jauh tentang Pengertian dan Fungsi Registry Pada Windows - Bagi pengguna laptop atau komputer, penting untuk memahami jika registry pada Microsoft windows sangatlah penting fungsinya. Kata registry sendiri berasal dari register yang bisa diartikan pendaftaran atau mendaftar. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang registry, berikut ini kami akan ulas  lebih mendetail.
Mengenal Lebih Jauh tentang Pengertian dan Fungsi Registry Pada Windows

Pengertian Registry pada Windows

Registry adalah suatu bagian dari sistem operasi windows yang merupakan pusat database pada sistem operasi berbasis windows. Seluruh aktivitas user dan konfigurasi komputer baik itu hardware maupun software terekam dalam registry.

Registry dapat menampilkan serta merekam informasi sistem operasi seperi aplikasi yang terinstall dalam komputer, user profile, type file, icon, serta folder hingga port yang digunakan.

Fungsi Registry Pada Windows

1. Sebagai Inti dari Sistem Operasi Windows
Fungsi yang pertama yaitu sebagai inti dari sistem operasi windows. Ibarat saraf pusat pada manusia, komputer membutuhkan registry yang berperan sebagai persepsi dan pola serta aturan-aturan tertentu dalam bekerja. Aturan-aturan tersebut dijalankan oleh windows yang telah tersimpan dalam registry.

Oleh karena itu, registry sangatlah vital dalam sebuah sistem operasi. Sehingga bagian ini harus dikerjakan secara sangat teliti. Kesalahan sedikit saja dalam pengeditan registry akan berdampak pada crash di seluruh sistem operasi. Hal ini tentu saja merugikan user dari segi waktu dan ekonomis.

Fungsi registry dapat dikatakan seperti fungsi processor yang dapat mengatur dan menciptakan pola-pola tertentu agar semua perangkat terhubung dalam sistem operasi dan bekerja dengan baik.

2. Memungkinkan Windows Mengoperasikan Software dan Hardware
Registry memunginkan sistem operasi windows menjalankann atau me-run software dan hardware. Registry berisi keseluruhan data dan memori penting yang juga diperlukan software serta hardware dalam pengoperasiannya.

Oleh karena itu, registry harus diedit atau diganti dengan penuh kehati-hatian. Dengan begitu, software dalam sistem operasi windows Anda tidak mengalami crash.

3.Konfigurasi Utama dari Software dan Hardware
Fungsi registry berikutnya yaitu melakukan pengeditan serta konfigurasi terhadap software dan hardware. Saat Anda masuk ke menu registry editor, maka secara tak langsung Anda akan melakukan konfigurasi terhadap software dan hardware dari intinya.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui berkaitan dengan konfigurasi dari hardware dan software, antara lain:

  • Meningkatkan resolusi software
  • Meningkatkan volume suara
  • Mencerahkan display layar atau screen
  • Mengatur sensitifitas mouse (fungsi mouse)
  • Mengelola atau mengatur konfigurasi software supaya tidak memberatkan komputer.


Fungsi registry editor sebenarnya jauh lebih kompleks dan rumit. Dengan menggunakan registry editor, parameter yang digunakan dalam menjalankann suatu software dapat diubah-ubah. Namun, pengeditan ini memiliki resiko terjadinya crash jika tidak dilakukan dengan benar.

4.Menjadikan Sistem Operasi Windows Berjalan dengan Baik
Registry yang merupakan inti dari sebuah operasi sistem windows, sudah pasti sangat berperan penting agar sistem operasi tersebut dapat berjalan secara baik dan lancar. Sistem  operasi windows memerlukan konfigurasi yang tepat secara menyeluruh, bukan hanya konfigurasi yang mudah di jangkau oleh user seperti display properties dan lainnya.

Jika diibaratkan dengan manusia, registry editor memiliki peran penting sebagai psikolog atau terapis mental yang mampu melakukan konfigurasi kognitif kliennya dari dalam. Dengan begitu, sistem operasi windows tidak akan terganggu.

Itulah beberapa fungsi registry pada windows. Perlu diperhatikan agar tidak mengutak atik registry editor jika Anda tidak betul-betul memahaminya. Hal ini karena, fungsi registry editor yang sangat vital sehingga dapat membahayakan hardware dan software computer Anda jika terjadi kesalahan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lebih Jauh tentang Pengertian dan Fungsi Registry Pada Windows"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus