Kamera Mirrorless vs DSLR, Inilah Kekurangan dan Kelebihannya

Kamera Mirrorless vs DSLR, Inilah Kekurangan dan Kelebihannya - Dunia fotografi memang sangat diminati kebanyakan anak muda zaman sekarang. Sebagaimana yang sering terlihat, banyak anak muda sekarang yang melengkapi traveling nya dengan menenteng sebuah kamera. Berbagai macam kamera mereka gunakan demi memenuhi obsesi mengabadikan moment-moment indah dan berkesan.


Nah, bicara mengenai jenis kamera, saat ini yang sering digunakan adalah kamera DSLR dan kamera Mirroless. Nah, kira-kira dari kedua jenis kamera diatas, mana yang lebih unggul?

Untuk lebih jelasnya simak terkait kelebihan dan kekurangan kamera DSLR vs Kamera Miroless berikut ini.


1. Kelebihan kamera DSLR

• Lebih fleksibel

Keuntungan paling besar ketika anda menggunakan kamera jenis DSLR adalah memungkinkan untuk lensa dapat dibongakar pasang sesuai fungsi dan kegunaannya. Berbagai jenis lensa disediakan untuk kamera yang satu ini mulai dari lensa Ultra Wide, tele, makro dan masih banyak lagi.

• Lebih upgradeable

Menggunakan kamera DSLR tidak akan membuat anda ketinggalan zaman karena mudah untuk diupgrade komponen-komponennya. Update mengenai lensa keluaran terbaru akan bisa anda beli tanpa mengganti kamera yang baru.

2. Kekurangan Kamera DSLR

• Harganya selangit

Kekurangan yang sangat terlihat dari kamera jenis DSLR ini adalah harganya yang selangit. Bahkan untuk membeli lensa keluaran terbaru yang memiliki kualitas sangat baik, anda harus mengeluarkan uang puluhan juta hanya demi mendapatkan satu jenis lensa.

• Bodi terlalu besar

Kekurangan selanjutnya yang penting anda pertimbangkan adalah body kamera DSLR yang lebih besar dari jenis kamera lainnya. Untuk anda para pemula tentu akan kesulitan jika menggunakannya, perlu waktu dan ketekunan dalam belajar sampai anda paham betul dengan karakteristik kamera ini.

3. Kelebihan Kamera Mirrorless

• Desainnya yang minimalis

Jika tadi kamera DSLR mempunyai desain yang besar. Berbeda dengan kamera tandingan yaitu kamera mirrorless, karena ini memiliki desain yang minimalis, cocok untuk anda yang tidak mau ribet dalam urusan membawa kamera. Selain itu, kamera microless juga memliki bobot yang ringan dan tidak terlalu memakan tempat dalam penyimpanannya.

• Harga terjangkau

Selain minimalis kamera mirrorless juga bersahabat dalam segi harga terutama untuk anda pecinta seni fotografi. Namun, harga yang murah bukan berarti kualitas juga murahan. kualitas kamera mirrorless tidak jauh beda dengan DSLR.

Salah satu penyebab harganya yang terjangkau adalah ongkos produksinya yang lebih rendah, karena adanya peringkasan fitur dan spesifikasi didalamnya.

• Adanya fasilitas elektonik view finder

Keunggulan kamera mirrorless yang menyebabkan banyak diminati orang digadang-gadang karena adanya fasilitas EVF (Elektronik View Finder) yang lebih baik daripada OVF. Teknologi EVF memiliki tampilan yang sama dengan LCD.

• Hasil rekaman yang baik

Ketika awal kehadiran kamera mirrorless, banyak masyarakat yang mulai membandingkan kualitas kamera mirrorless dengan DSLR. Tak terkecuali kualitas video yang dihasilkan. Banyak orang yang mengakui bahwa kualitas video kamera ini lebih tajam daripada DSLR.

4. Kekurangan kamera mirrorless

• Baterai cepat habis

Masalah ketahanan daya baterai menjadi  salah satu minus yang dimiliki kamera mirrorless. Dalam frekuensi penggunaan yang sama, kamera mirrorless lebih cepat kehabisan baterai daripada kamera DSLR

• Teknologi mode Continous masih rendah

Kamera mirrorless dinilai masih kurang apik jika digunakan untuk membidik objek yang bergerak. Karena masih menggunakan contrast detect. Sehingga dalam segi pengambilan gambar, khususnya obyek bergerak, kamera ini masih jauh tertinggal dibanding DSLR.

Nah, itulah diatas beberapa pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan kamera Microless serta DSLR yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kamera Mirrorless vs DSLR, Inilah Kekurangan dan Kelebihannya"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus