Jika Muncul Tanda ini, Maka Smartphone Anda Telah Dibobol Hacker

Jika Muncul Tanda ini, Maka Smartphone Anda Telah Dibobol Hacker - Seiring perkembangan jaman, teknologi juga semakin canggih, begitu pun dengan para hacker. Saat ini Cyber crime atau kejahatan di dunia maya tengah marak terjadi di masyarakat dan semakin sulit untuk dilacak, khususnya bagi pengguna smartphone yang memang sangat rentan terkena hack. Data yang hilang, tercuri, tersadap, kasus hack akun sosmed hingga kasus meminta dana merupakan beberapa contoh cyber crime di era yang serba digital ini.

Jika Muncul Tanda ini, Maka Smartphone Anda Telah Dibobol Hacker

Untuk itu, Anda sebaiknya waspada terhadap ancaman hacker. Bisa jadi, tanpa sepengetahuan Anda ternyata smartphone sudah disadap oleh hacker. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan tersebut, sebaiknya Anda mengenali beberapa tanda smartphone yang dibobol oleh hacker berikut ini.

Baca Juga: Beragam Fungsi Tersembunyi Tombol Volume Smartphone yang Jarang Diketahui

Tanda-tanda Smartphone yang Dibobol Hacker

1. Terdapat Aplikasi Tidak Dikenal

Umumnya hacker menyembunyikan aplikasi tambahan pada smartphone target. Aplikasi tambahan ini merupakan malware yang akan mencuri data-data Anda. Anda dapat mengakali kasus ini dengan cara masuk ke menu setting lalu pilih App. Silakan cek apakah terdapat aplikasi tidak dikenal di smartphone. Jika ada, bisa jadi aplikasi itu merupakan malware.

2. Pop Up yang Muncul Terus

Pop Up memang sering muncul ketika kita sedang menggunakan aplikasi atau game gratis pada smartphone. Tetapi jika tiba-tiba terdapat iklan atau pesan pop up saat Anda tak menggunakan smartphone untuk apa-apa, maka Anda patut untuk curiga.

3. Kuota Tiba-tiba Boros

Anda patut untuk waspada jika tiba-tiba kuota atau pulsa boros. Mungkin saja malware mentransisikan data ke pihak lain. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan fitur Data Usage. Anda dapat mencari aplikasi aneh yang mengakses internet secara masif. Jika memang ada, Anda dapat menghapus aplikasi tidak dikenal tersebut.

4. Smartphone Sering Mengalami Low Battery

Selain karena pemakaian smartphone yang berlebihan dan kondisi baterai yang mulai menurun, ternyata seringnya smartphone lowbat juga bisa disebabkan oleh hacker. Biasanya hacker menyusup ke smartphone melalui aplikasi mata-mata yang harus terus berjalan di background untuk mengirim data-data.

Hal ini menyebabkan baterai menjadi cepat panas dan boros. Apabila Anda menemukan aplikasi aneh yang berjalan terus, kemungkinan besar smartphone Anda sedang disadap oleh hacker.

5. Loading Lama

Jika smartphone Anda sering lemot atau loading lama saat menjalankan aplikasi yang ringan, bisa jadi itu adalah ulah para hacker. Biasanya hacker beraksi dengan cara menyebarkan malware yang terus berkerja dalam background sistem pada smartphone.  Hal ini menjadi penyebab lag atau lemot pada saat smartphone dioperasikan.

Namun, pembaruan pada sistem operasi dan terlalu banyak aplikasi juga dapat menyebabkan loading smartphone menjadi lama. Jadi, Anda jangan panik, cukup cari tahu penyebabnya terlebih dahulu.

6. Gangguan Layanan

Sinyal dan pulsa mendukung namun tidak dapat melakukan panggilan. Bahkan jika terdengar suara aneh saat sedang melakukan percakapan telpon. Jika hal ini terjadi, maka Anda patut waspada karena kemungkinan hacker sedang mencoba membobol smartphone Anda.

7. Aplikasi Berhenti Tiba-tiba

Ketika membuka aplikasi dan tiba-tiba aplikasi tersebut berhenti mendadak, maka Anda wajib untuk waspada. Bukan tidak mungkin jika itu diakibatkan oleh malware yang menyerang smartphone Anda. Sebaiknya Anda hapus terlebih dahulu aplikasi tersebut, namun bisa juga hal itu terjadi hanya karena aplikasi tersebut belum pernah diupdate.

Itulah, ketujuh tanda-tanda jika smartphone Anda dibobol oleh hacker. Sebaiknya Anda tetap bijak dalam menggunakan ponsel dan melakukan browsing di internet. Semoga informasi ini bermanfaat!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jika Muncul Tanda ini, Maka Smartphone Anda Telah Dibobol Hacker"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus