iPhone vs Android, Inilah Kelebihan serta Kekurangannya

iPhone vs Android, Inilah Kelebihan serta Kekurangannya - Sebagaimana yang kita ketahui, saat ini iPhone dan android seakan menjadi rival abadi yang silih berganti merilis berbagai fitur unggulan demi mendapatkan hati para penggunanya di seluruh dunia.

iPhone vs Android, Inilah Kelebihan serta Kekurangannya

Dan jika kita bicara tentang kedua jenis OS diatas, pastinya kita menemukan beragam keunggulan dan kelebihan masing-masing, yang tak jarang membuat bimbang kita dalam menentukan pilihan.

Nah, sebagai bahan pertimbangan, sebaiknya simak dulu ulasan tentang iPhone dan android serta kelebihan kekurangannya berikut ini.

iPhone vs Android, Kelebihan dan Kekurangannya

1. Stabilitas Software

Dari sisi kestabilan software, iOS pada iPhone masih lebih unggul dibanding android. Pengguna iPhone nyaris tidak akan merasakan lambat ataupun lagging seperti yang sering terjadi pada pengguna android.

2. Tampilan Interface

Ciri khas iPhone adalah tampilan interface yang simple dan tidak ribet. Buat kamu yang suka dengan display yang simple dan nggak aneh-aneh, iPhone cocok banget nih buat kamu.

Untuk android sendiri, tampilannya lebih beragam. Sehingga cocok untuk kamu yang suka dengan tampilan variatif. Hal ini sebenarnya berkaitan dengan selera saja.

3. Kapasitas RAM

iOS pada iPhone hanya membutuhkan hardware standard dalam menjalankan OS dengan lancar. Dengan processor dual core serta RAM 512 MB saja, kamu sudah bisa memainkan game berkualitas HD.

Sedangkan android rata-rata membutuhkan RAM hingga hitungan GB saat menjalankan OS. Jika tidak, hampir dipastikan ponsel akan sering hang.

4. Team Support Excellent

Para pengguna iPhone pasti bisa merasakan support Apple yang responsif. Misalnya, jika apple id kamu bermasalah, maka kamu hanya perlu mengisi form melalui web dan pihak Apple akan dengan cepat memberikan solusi terbaik via telpon.

Sedangkan untuk android, layanan seperti ini tidak dijumpai.

5. Kualitas Desain

Produk-produk Apple dikenal dengan desainnya yang berkualitas dan elegan, tak terkecuali iPhone. Bahkan jika diperhatikan, saat ini ada beberapa smartphone berbasis android yang meniru desain smartphone keluaran Apple tersebut seperti Xiaomi Mi4 dan masih banyak lagi.

Sedangkan smartphone berbasis android memiliki desain dan ukuran yang beragam. Sehingga para penggunanya bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

6. Konten Musik Legal

Semua produk Apple termasuk iPhone terkoneksi dengan iTunes dimana lagu-lagu di dalamnya adalah legal. Apple sangat mengutamakan legalitas musik yang didownload oleh para penggunanya.

Hal ini tidak dijumpai pada android. Memang terdapat aplikasi music yang data didownload melalui playstore, namun terkadang konten musiknya illegal.

7. Harga 

Bukan menjadi rahasia bahwa produk Apple termasuk iPhone harganya terbilang mahal. Range harga iPhone 6 misalnya, dibanderol di atas 10 juta rupiah. Tentu saja harga tersebut kurang bersahabat bagi semua kalangan.

Sedangkan smartphone berbasis android memiliki harga yang variatif, bahkan ada yang harganya di bawah 1 juta. Sehingga, pengguna smartphone berbasis android lebih luas.

8. Kualitas Kamera

Untuk urusan kualitas kamera, smartphone android bisa dibilang lebih unggul. Misalkan saja Zenfone 2 keluaran Asus yang termasuk smartphone menengah dengan resolusi kameranya mencapai 13 MP.

Hal ini berlawanan dengan iPhone 6 yang kualitas kameranya masih di bawah android yang harganya selevel. iPhone 6 haya dilengkapi kamera dengan 8 MP saja.

9. Dukungan Aplikasi

Android dengan Google Playstore tentu lebih unggul dalam hal ketersediaan aplikasi baik berbayar maupun gratis.

Sedangkan iPhone dengan Appstorenya menyediakan aplikasi yang lebih sedikit dibanding playstore.

10. Source

Android merupakan OS yang didasari Linux sehingga mudah dimodifikasi (open source). Hal ini terbukti dengan beberapa pengembang yang memodifikasi android seperti Touch Wizh (Samsung), MiUI (Xiaomi) dan lainnya.

Sedangkan iPhone bersifat tertutup sehngga tidak dapat dimodifikasi.

11. Slot MicroSD

Android memiliki kelebihan yang menarik karena mmberikan support microSD bagi penggunanya yang tidak dirasakan oleh pengguna iPhone.

12. Support NFC

Nier Field Communication (NFC) adalah fitur terbaru yang banyak tersedia di smartphone premium berbasis android. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mentransfer foto dari satu perangkat ke perangkat lain cukup dengan mengetuk foto.

Namun, iOS sama sekali belum menerapkan fitur ini pada produk Apple mereka.Namun untuk Tipe iPhone terbaru tentu sudah ada fitur NFC tersebut

Nah, sekarang kamu sudah tau kelebihan dan kekurangan iPhone dan android. semoga bermanfaat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "iPhone vs Android, Inilah Kelebihan serta Kekurangannya"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus