Inilah Cara Ampuh Menyelamatkan Smartphone yang Masuk Air

Inilah Cara Ampuh Menyelamatkan Smartphone yang Masuk Air - Belakangan ini banyak pabrikan/vendor pembuat smartphone yang telah menciptakan smartphone yang tahan air. Meski begitu, tentunya hanya sebagian kecil saja yang menggunakannya. Sebab rata-rata smartphone tahan air tersebut, harganya sangat mahal.

Inilah Cara Ampuh Menyelamatkan Smartphone yang Masuk Air

Nah, jika suatu ketika smartphone kamu secara tak sengaja masuk dalam air,  dan kebetulan smartphone kamu bukan smartphone khusus yang anti air, maka sebaiknya lakukan langkah berikut ini sebagai tindakan penyelamatan.

1. Segera Keluarkan Smartphone dari Air

Meski smartphone kamu terlihat tertutup rapat, sifat air yang sangat cair dapat dengan mudah masuk melalui celah yang sangat kecil dalam waktu singkat. Hal ini tentu saja dapat merusak gadget kamu.

Maka, segeralah mengeluarkan smartphone kamu dari dalam air. Lalu, segera matikan agar tidak terjadi korsleting. Jangan buru-buru menyalakan handphone kamu sebelum benar-benar kering.

2. Jangan Mengambil Smartphone yang Terendam Air saat di-charge dan Terhubung Aliran Listrik

Jika smartphone kamu masuk ke air saat kamu sedang mengisi baterainya, jangan pernah mengambilnya. Mungkin saja aliran listrik masih menyala dan mengalir ke air. Alih-alih menyelamatkan handphone, keselamatan kamu justru bisa terancam karena resiko tersetrum lho.

3. Keringkan Smartphone dengan Handuk

Segera keringkan smartphone kamu dengan handuk kering. Pastikan semua bagian komponen handphone benar benar kering. Bila perlu, letakkan di bawah kipas angin agar cepat kering secara sempurna.

4. Lepas Cover dan Baterai Smartphone

Tentunya, langkah ini hanya bisa dilakukan buat kamu yang memiliki smartphone dengan baterai yang bisa dilepas. Belakangan, perangkat smartphone memang dibuat dengan desain unibody dimana baterainya tidak dapat dilepas. Jika smartphone kamu berdesain unibody, lakukan langkah selanjutnya.

Komponen elektronik dalam smartphone sebenarnya bisa terselamatkan meskipun terkena air, asalkan tidak terdapat aliran listrik dari baterai.

5. Keluarkan Kartu SIM dan Kartu Memori

Segeralah mengeluarkan kartu SIM dan kartu memori kamu dari handphone yang masuk air. Hal ini bertujuan agar data-data dan informasi penting kamu terselamatkan meskipun sebenarnya kedua komponen ini relative tahan terhadap air.

Selanjutnya, keringkan kartu SIM dan kartu memori. Jangan langsung memasukkan keduanya ke dalam handphone sebelum handphone kamu benar-benar kering.


6. Lepaskan Semua Aksesoris dan Casing Smartphone

Aksesoris yang terpasang pada smartphone dapat memerangkap air sehingga dapat menghambat proses pengeringan. Segeralah melepas semua aksesoris serta casing smartphone sesaat setelah kamu mengeluarkannya dari air.

7. Manfaatkan Penyedot Debu

Cara lain yang dapat kamu lakukan saat smartphone kamu masuk air adalah dengan memanfaatkan penggunaan penyedot debu atau vacuum cleaner. Nyalakan dan arahkan vacuum cleaner ke semua bagian yang terkena air selama kurang lebih 20 menit.

Metode ini dapat membuat handphone lebih cepat kering sehingga kamu bisa menggunakan kembali smartphone kamu tanpa menunggu waktu yang terlalu lama.

Hindari mengarahkan corong penyedot debu terlalu dekat kea rah smartphone kamu. Hal ini dikarenakan alat ini menghasilkan listrik statis yang juga berbahaya bagi handphone.

Jangan sekali-kali menggunakan hair dryer maupun alat lain yang sifatnya mendorong atau meniupkan angin. Jika dilakukan, justru akan mendorong air lebih jauh ke dalam handphone.

8. Gunakan Bahan Penyerap Air

Salah satu bahan penyerap air yang paling mudah didapat adalah beras. Masukkan smartphone kamu ke dalam beras lalu diamkan selama sekurang-kurangnya satu malam.

Agar lebih efektif, ubah posisi smartphone setiap beberapa jam sekali agar air yang terperangkap bisa mengalir keluar.

Itulah beberapa cara ampuh yang dapat kamu terapkan jika smartphone kamu masuk ke air. Berhati-hatilah dalam menggunakan handphone agar hal demikian tidak terjadi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Cara Ampuh Menyelamatkan Smartphone yang Masuk Air"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus