Beragam Fungsi Tersembunyi Tombol Volume Smartphone yang Jarang Diketahui

Beragam Fungsi Tersembunyi Tombol Volume Smartphone yang Jarang Diketahui - Hadirnya telepon pintar (smartphone) memberikan kemudahan bagi para penggunanya dengan berbagai fitur dan spesifikasi canggih yang ditawarkan. Namun, tahukah Anda, bahwa bukan hanya aplikasi saja yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan perintah-perintah tertentu. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan tombol volume smartphone yang Anda miliki untuk melakukan beberapa perintah. 

Beragam Fungsi Tersembunyi Tombol Volume Smartphone yang Jarang Diketahui

Nah, kira-kira apa saja fungsi lain dari tombol volume smartphone tersebut? Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini!

Fungsi Tersembunyi Tombol Volume Smartphone 

1.Pengaturan Audio
Fungsi utama tombol volume smartphone yaitu mengatur audio atau suara dari ponsel Anda. Anda bisa mengatur keras lemahnya suara mulai dari panggilan telepon, notifikasi, ringtone, musik, hingga alarm. Jadi, untuk mengatur volume audio yang Anda inginkan, Anda tak perlu lagi ke menu setting dan mengaturnya secara manual satu per satu, namun Anda bisa langsung menggunakan tombol volume smartphone pada ponsel Anda. Simpel bukan?

Baca Juga: 9 Aplikasi Paling Tangguh untuk Memblokir Iklan di Smartphone

2. Menghidupkan Layar Ponsel
Fungsi tersembunyi dari tombol volume smartphone yang kedua yaitu dapat digunakan untuk menyalakan layar ponsel. Dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti Volume Unlock Power Button Fix yang bisa Anda download di Play Store, Anda bisa menyalakan ponsel pintar Anda hanya dengan menekan tombol volume. Jadi, untuk menyalakan layar ponsel tak hanya menggunakan tombol power maupun sensor sidik jari saja.

3. Sebagai Shortcut Aplikasi
Tahukah Anda, bahwa tombol volume smartphone juga dapat difungsikan untuk menuju ke aplikasi tertentu. Dengan tambahan aplikasi QuickClikc, Anda bisa menggunakan tombol volume untuk membuka aplikasi tertentu secara cepat. Sehingga akan lebih cepat untuk mengakses ke aplikasi yang Anda inginkan.

4. Melakukan Screenshot
Tombol volume smartphone juga dapat digunakan untuk melakukan screenshot. Mungkin hal ini tidak asing lagi bagi Anda, karena kebanyakan smartphone melakukan screenshot melalui kombinasi tombol volume.

5. Merekam Video
Tombol volume smartphone juga bisa loh, Anda manfaatkan untuk merekam video. Bagaimana caranya? Anda cukup mendowload dan menginstal aplikasi Secret Video Recorder pada smartphone Anda. Dengan aplikasi tersebut, Anda sudah dapat merekam video hanya dengan menggunakan kedua tombol volume pada smartphone Anda.

6. Sebagai Recovery Mode
Perlu Anda ketehui juga, bahwa tombol volume smartphone dimanfaatkan pula sebagai tombol untuk menuju ke recovery mode. Untuk melakukannya, cukup tekan tombol power dan kedua tombol volume secara bersamaan saat menyalakan smartphone. Setelah masuk ke recovery mode, tombol volume ini dapat digunakan untuk navigasi (ke atas dan ke bawah) saat Anda berada di posisi recovery mode ini.

7. Fungsi Zoom in dan Zoom out Kamera
Anda juga bisa memanfaatkan tombol volume smartphone untuk melakukan zoom in dan zoom out pada aplikasi kamera ponsel Anda. Anda bisa menggunakan tombol volume bagian bawah untuk melakukan zoom in (memperkecil) dan tombol volume bagian atas untuk melakukan zoom out (memperbesar) gambar dalam kamera.

8. Mengunci Layar Smartphone
Fungsi tombol volume smartphone terakhir yang perlu Anda tahu yaitu digunakan sebagai tombol pengunci layar smartphone. Jika pada umumnya mengunci layar smartphone menggunakan tombol power, maka Anda juga bisa menggunakan tombol volume smartphone untuk alternatif mengunci layar smartphone. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Sequence Unlock pada Play Store dan menginstallnya, lalu menekan tombol volume untuk mengunci layar smartphone. Mudah bukan?

Nah, itulah fungsi tersembunyi tombol volume smartphone yang dapat Anda ketahui. Dengan menggunakan fungsi tersebut, tentu akan membantu Anda dalam menjalankan perintah dalam smarphone Anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beragam Fungsi Tersembunyi Tombol Volume Smartphone yang Jarang Diketahui"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus