Harddisk Anda Berbunyi tidak Normal? Jangan Panik, Atasi Dengan Cara Berikut

Harddisk Anda Berbunyi tidak Normal? Jangan Panik, Atasi Dengan Cara Berikut  - Pastinya semua sudah tahu jika harddisk merupakan salah satu perangkat komputer atau laptop yang mempunyai peranan sangat vital/penting, yaitu untuk menyimpan data atau file, baik berupa gambar, video, software, dan banyak lagi lainnya. Jadi, tak heran jika kita akan langsung panik saat hardisk sedang bermasalah.

Harddisk Anda Berbunyi tidak Normal? Jangan Panik, Atasi Dengan Cara Berikut

Dan salah satu tanda-tanda hardisk bermasalah, adalah keluarnya bunyi-bunyi yang aneh saat dipoerasikan. Nah, jika itu terjadi pada hardisk anda, jangan langsung panik. Ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu harddisk tersebut. Dan berikut ini kami akan membagikan tips mengatasinya

Lakukan Hal Berikut Saat Hardisk Rusak dan Berbunyi

Mengecek Kondisi Harddisk

Untuk mengetahui jenis kerusakan harddisk, tentunya Anda perlu melakukan pengecekan sebelum memperbaikinya. Nah, berikut ini adalah tanda-tanda hardisk komputer Anda bermasalah:

1. Mesin pada komputer mengeluarkan bunyi yang keras bahkan melengking  yang tidak wajar.

2. Proses loading yang sangat lama pada komputer saat digunakan merupakan indikasi bahwa harddisk tidak dapat terbaca dengan sempurna.

3. Jika kerusakan harddisk sudah parah, komputer tidak bisa masuk ke Windows.

4. Harddisk yang tidak terdeteksi saat dicek melalui BIOS meskipun dalam keadaan terpasang menunjukkan bahwa harddisk tersebut benar-benar rusak.

Melakukan Back Up Data

Apabila tanda-tanda tersebut Anda temukan dalam harddisk Anda, maka segeralah lakukan back up data agar data-data penting Anda tidak hilang. Cara memback up data-data penting antara lain:

1. Back up data secara manual ke dalam flash disk atau harddisk eksternal. Jangan memback up data di harddisk yang sama meskipun Anda telah membaginya ke dalam beberapa drive yang berbeda seperti drive C, D, dan E.

2. Back up data dengan menggunakan jasa cloud server gratis dan otomatis. Anda dapat memanfaatkan layanan cloud server seperti google drive untuk menyimpan data Anda. Usahakan untuk melakukannya secara rutin agar data selalu tersimpan dengan aman.

3. Gunakan harddisk dengan sistem RAID 5 untuk menjaga harddisk agar selalu aman. Jika salah satu harddisk mengalami kerusakan, data akan tetap aman tersimpan di 3 harddisk lainnya.


Masalah Harddisk yang Berbunyi

Pada dasarnya, harddisk memang mengeluarkan bunyi, namun ada bunyi yang normal dan tidak normal.

Bunyi Normal

  • Bunyi yang muncul saat menyalakan komputer, bunyi tersebut bersumber dari spin piring harddisk.
  • Bunyi klik yang tak teratur saat harddisk mengakses data.
  • Bunyi klik yang cukup keras saat komputer masuk mode penyimpanan harddisk dan kembali mengaktifkan harddisk


Bunyi Tidak Normal

  • Bunyi dengung atau bergetar, bisa dikarenakan posisi harddisk yang tak tepat atau spin piring bermasalah.
  • Mengeluarkan bunyi melengking dengan nada tinggi.
  • Mengeluarkan bunyi yang berulang-ulang dengan sering meskipun komputer baru saja di reboot.
  • Mengeluarkan bunyi dengan yang tiba-tiba menghilang dan muncul lagi secara terus-menerus.


Cara Memperbaiki Harddisk Rusak dan Berbunyi

Jika Anda merasa yakin harddisk Anda mengalami kerusakan, cobalah untuk melakukan cara-cara di bawah ini:

1. Bongkar harddisk dari komputer Anda, lalu masukkan karddisk tersebut ke dalam kantong static. Pastikan agar tertutup rapat.

2. Harddisk yang sudah dimasukkan ke dalam kantong static tadi masukkan ke dalam lemari es.

3. Simpan di dalam freezer selama 20 menit hingga satu jam.

4. Kemudian, keluarkan harddisk tersebut, lalu keringkan dengan mengelapnya sampai benar-benar kering dan tidak mengembun.

5. Pasang kembali harddisk tersebut ke dalam komputer.

6. Jika sudah terpasang, dan harddisk bisa bekerja kembali, segera lakukan back up data. Namun, apabila cara tersebut tidak berhasil, mengganti harddisk dengan yang baru merupakan solusi terbaik.

7. Jika Anda merasa tidak yakin mampu membongkar pasang harddisk sendiri, sebaiknya bawa komputer Anda ke tempat servis.

Itulah tips yang dapat kami bagikan tentang cara memperbaiki harddisk yang rusak dan berbunyi. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Harddisk Anda Berbunyi tidak Normal? Jangan Panik, Atasi Dengan Cara Berikut "

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/walatra-sehat-mata-softgel/

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus