Trouble yang Sering Terjadi pada Xiaomi, dan Tips Mengatasinya

Trouble yang Sering Terjadi pada  Xiaomi, dan Tips Mengatasinya - Xiaomi menjadi salah satu vendor smartphone asal China yang beberapa tahun belakangan ini berhasil menguasai pasar smartphone di Indonesia dengan cara mempertahankan konsistensinya sebagai vendor smartphone premium, namun dengan harga jual produk yang terjangkau.

Meskipun Xiaomi dikenal sebagai vendor papan atas, namun tidak jarang banyak permasalahan yang ditemui pada smartphone ini. Nah, berikut adalah beberapa kasus/masalah yang pada smartphone Xiaomi yang sering terjadi dan cara mengatasinya.

Trouble yang Sering Terjadi pada  Xiaomi, dan Tips Mengatasinya


1. Munculnya Notifikasi “Sim Card is Not Activated”

Sebagian besar pengguna smartphone Xiaomi mengeluhkan mengenai munculnya notifikasi “Sim Card is Not Actived” padahal SIM Card yang digunakan dalam keadaan aktif dan tidak memiliki masalah.

Apabila ditelusuri lebih dalam munculnya notifikasi “Sim Card is Not Actived” disebabkan karena Anda belum melakukan verifikasi nomor yang digunakan dalam mitalk (Mi Account). Untuk mengaktifkannya dapan dilakukan dengan cara membuka http://i.mi.com kemudian masukan nomor yang didaftarkan di mitalk dan tunggu SMS verikasi masuk yang akan dikirimkan ke nomor tersebut.

2. Baterai Menjadi Cepat Habis Ketika Terhubung dengan wifi

Para pengguna smarthphone Xiaomi seringkali mengeluh mengenai baterai Xiaomi yang cepat habis ketika terhubung dengan wifi. Menonaktifkan sinkronisasi email juga tidak menyelesaikan masalah. Hal ini sebenarnya disebabkan karena Xiaomi secara rutin akan melakukan backup ke micloud dan inilah yang menyebabkan baterai menjadi cepat habis.

Solusinya adalah dengan keluar atau sign out dari Mi Account sehingga proses backup tidak terjadi lagi. Caranya dengan masuk ke menu Mi Account kemudian pilih Sign Out.

3. Smartphone Xiaomi Tidak Memiliki “Recovery Setting”

“Recovery Setting” pada smartphone berbasis Andoroid menjadi sangat penting karena berfungsi untuk mem-backup, wipe data dengan mudah dan melakukan update sistem. Semua produk smartphone Xiaomi yang dibuat pada akhir tahun 2015 hingga tahun 2016 tidak dilengkapi dengan “Recovery Setting” karena semua smartphone Xiaomi telah dilengkapi dengan Lock Booloader.

Untuk bisa menggunakan “Recovery Setting” pada smartphone Xiaomi, Anda terlebih dahulu haru meng-unlock Booloader dengan cara mengunjungi situs http://en.miui.com/unlock/. Setelah Booloader berhasil di unlock, Anda bisa mengginstal “Recovery Setting” dengan menggunakan Adb Command.

4. Kontak whatsapp Tidak Muncul

Tidak munculnya kontak pada aplikasi whatsapp pada smartphone Xiaomi disebabkan karena Anda belum memberikan izin kepad whatsapp untuk mengakses semua informasi kontak yang berada di kontak Anda. Agar kontak whatsapp muncul, Anda dapat masuk ke dalam menu Security > Permissions kemudian cari aplikasi whatsapp dan berikan centang dibagian Contact.

5. Ikon Aplikasi “Overlay” Menghilang

Berbeda dengan merek smartphone berbasis Android lainnya, khusus untuk merek Xiaomi ikon aplikasi “Overlay” tidak bisa muncul dengan sendirinya, hal ini disebabkan karena adanya keterbatasan pada sistem MIUI.

Agar ikon aplikasi “Overlay” muncul pada smartphone Xiaomi dapat dilakukan dengan cara memberikan akses Display pop-up Window. Cara mengaktifkannya dengan membukan menu Security > Permissions kemudian berikan akses kepada Display pop-up Windows.

6. Notifikasi BBM Tidak Masuk dan Tertutup Sendiri

Blackberry Messenger (BBM) adalah aplikasi chatting yang terus berjalan di background agar semua notifikasi bisa masuk secara real-time, namun karena sistem pada aplikasi di MIUI seringkali menyebabkan beberapa kendala pada aplikasi blackberry Messenger (BBM) seperti logo blackberry Messenger (BBM) yang menghilang, tidak munculnya notifikasi pada blackberry Messenger (BBM).

Untuk mengatasi masalah tersebut pada smartphone Xiaomi dapat dilakukan dengan cara membuka Security > Permissions kemudian pilih Autostart kemudian nyalakan fungsi Autostart pada blackberry Messenger (BBM).

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi permasalah yang terjadi pada smartphone Xiaomi Anda. Semoga bermanfaat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trouble yang Sering Terjadi pada Xiaomi, dan Tips Mengatasinya"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus