Tips Membeli Komputer Bekas yang Berkualitas

Tips Membeli Komputer Bekas yang Berkualitas - Meski sekarang sudah banyak yang menggunakan laptop atau bahkan tablet dengan ukuran yang lebih kecil, namun eksistensi komputer atau PC masih tak tergantikan. Karena berbagai pertimbangan, banyak orang yang masih tertarik untuk membeli komputer, daripada laptop. Dan bukan hanya komputer baru yang dicari, namun komputer bekas pun juga banyak diminati, terutama oleh mereka yang dananya pas-pasan.

Namun tentunya, membeli komputer bekas bukan perkara gampang. Perlu kejelian dan ketelitian agar mendapatkan komputer bekas yang bagus dan awet.

Tips Membeli Komputer Bekas yang Berkualitas


4 Tips Terbaik dalam Membeli Komputer Bekas

1. Beli dari teman tepercaya
Ketika berniat untuk membeli komputer bekas, usahakan dulu untuk bertanya kepada teman atau kenalan. Siapa tau ada diantara mereka yang memang mau menjual lapptop dengan harga yang cukup miring dan kualitas yang masih oke. Membeli dari teman setidaknya kemungkinan Prelovers untuk ditipu lebih kecil, sedangkan kemungkinan untuk mendapatkan komputer yang oke lebih besar.

2. Prosesor
Prosesor memiliki perngaruh yang sangat besar terhadap kinerja komputer, oleh karena itu mengecek prosesor adalah wajib dilakukan. Semakin tinggi prosesor, maka semakin tinggi kinerja komputer. Namun jangan lupa menyesuaikan prosesor dengan kebutuhan. Jika hanya untuk menulis, tidak perlu prosesor yang tinggi.

Selain itu jangan lupa juga untuk memeriksa beberapa core (inti prosesor) yang digunakan karena akan berpengaruh pada kecepatan prosesor. Prosesor single core 2,8 GHz akan kalah cepat dengan prosesor dual core 1,6 GHz.

3. Harddisk
Kapasitas menjadi hal utama untuk komponen harddisk. Semakin besar kapasitas daya tampung tentunya akan semakin baik. Penting juga memperhatikan aktivitas menuju motherboard, apakah menggunakan kabel ATA biasa (paralel ATA) atau menggunakan serial ATA (SATA). Sebaiknya pilihlah serial ATA (SATA). Selain itu, periksa juga kecepatan putaran harddisk, minimal 5.200 rpm.

4. Motherboard
Pada bagian ini yang sangat penting adalah slot untuk melakukan upgrade hardware, tersedia atau tidak? Komponen ini akan berguna jika suatu saat nanti Prelovers ingin menambahkan perangkat VGA card, network card dan lainnya. Perhatikan juga jumlah port USB yang tersedia.

5. RAM (Random Access Memory)
Spesifikasi RAM minimal yang disarankan adalah RAM 1 GB. Semakin tinggi tentu semakin bagus. Jika bisa, usahakan untuk lebih dari 1 gigabyte supaya  kinerja komputer berjalan maksimal.

6. CD/DVD Drive
Usahakan untuk memilih komputer yang memiliki fitur CD/DVD R atau RW. Fitur ini sangat penting untuk keperluan burning data ke CD ataupun instalasi software tertentu. Perhatikan juga kecepatan transfer data dari perangkat optical drive tersebut.

7. Merk perangkat keras
Merk sangat pentning ketika membeli komputer bekas, karena sebagian besar produk elektronik, merk menentukan kualitas. Pastikan Prelovers benar-benar paham mengenai informasi dari hardware dan info pabrik pembuat hardware yang terdapat pada komputer bekas yang hendak dibeli.

8. Percobaan pemakaian
Tips yang tidak boleh dilewatkan adalah tes atau percobaan pemakian. Preloves marus mengertes kinerja komputer secara langsung dari start up hingga shut down, apakah semuanya masih nberjalan dengan baik?

9. Harga yang ditawarkan
Sesuaikan harga dengan budget yang dimiliki. Namun dengan mengetahui keseluruhan tips di atas, Prelovers dapat mengetahui apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas komputer bekas yang akan dibeli. Apabila harganya cukup jauh dengan harga komputer baru, beli komputer bekas tersebut. Namun jika selisihnya tipis, maka lebih baik membeli komputer baru.

Prelovers, demikianlah beberapa tips membeli komputer bekas. Semoga informasi ini membatu Prelovers ya, agar tidak tertipu dan bisa mendapatkan komputer bekas yang berkualitas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membeli Komputer Bekas yang Berkualitas"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus