Agar Tidak Terkena Hack, Hindari Kebiasaan Ini Saat Online

Agar Tidak Terkena Hack, Hindari Kebiasaan Ini Saat Online - Masyarakat dan internet menjadi dua hal yang sulit untuk dipisahkan, alasannya tentu saja karena kemudahan yang ditawarkan oleh internet membuat masyarakat sulit untuk menolaknya. Namun banyak yang tidak menyadari jika kemudahan yang ditawarkan oleh internet juga semakin mempermudah orang yang tidak bertanggung jawab mencuri data-data Anda.

Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk tidak melakukan beberapa hal atau kebiasaan ini agar aktivitas yang dilakukan melalui internet terlindungi dari orang yang tidak bertanggung jawab. Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus dihindari demi keamanan data Anda.

Agar Tidak Terkena Hack, Hindari Kebiasaan Ini Saat Online


Hindari Kebiasaan Ini Saat Online Agar Tidak Kena Hack 

1. Menggunakan WiFi Umum Untuk Mengakses Data atau Informasi Penting

Mulai dari sekarang, sebaiknya Anda tidak menggunakan WiFi gratis untuk mengakses data atau informasi penting seperti password manager, kontak pribadi, id dan pin yang digunakan untuk melakukan transaksi seperti transaksi yang dilakukan dengan menggunakan e-banking.

Alasan mengapa Anda tidak disarankan untuk tidak mengakses data atau penting melalui WiFi umum ? Alasannya karena fasilitas WiFi yang ditawarkan ditempat umum seperti di tempat makan, bandara, stasiun menjadi lebih rentan untuk diserang oleh hacker karena memiliki tingkat keamanan yang rendah.

2. Menyebarkan Berita Palsu atau Hoax yang Tidak Diketahui Kebenarannya 

Jangan pernah bermain-main dengan berita palsu atau hoax yang secara sadar atau tidak sadar Anda sebarkan melalui media sosial atau alat komunikasi yang Anda miliki. Selain bisa mengakibatkan reaksi yang kurang menyenangkan dari masyarakat dan hacker, Anda juga bisa terkena hukuman pidana apabila ada pihak tertentu yang melaporkan Anda kepada pihak berwajib karena merasa dirugikan.

3. Berpikir Terlebih Dahulu Sebelum Memposting Sesuatu di Media Sosial

Anda harus menyadari jika segala sesuatu yang ada di internet termasuk media sosial akan dilihat oleh masyarakat karena itu penting bagi Anda untuk tidak mempublish foto, video atau status yang berhubungan dengan kehidupan pribadi.

4. Jangan Mengisi Formulir Online Secara Sembarangan

Formulir online menjadi salah satu alat yang digunakan oleh pelaku cybercrime untuk mendapatkan data pribadi Anda. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk tidak mengisi formulir yang terdapat dalam website terutama formulir yang tidak jelas asal-usulnya. Salah satu dampak atau akibat yang akan Anda rasakan jika mengisi formulir online secara sembarangan adalah akun email Anda akan dipenuhi oleh spam.

5. Jangan Asal Untuk Menyetujui Privacy Policy

Privacy Policy berisi mengenai informasi penting yang berhubungan dengan kebijakan dan kesepakatan untuk memberikan data atau informasi Anda kepada orang lain. Namun karena terlalu panjang tulisan yang terdapat dalam privacy policy seringkali membuat Anda melewatkan nya begitu saja dan langsung menekan tombol Accept. Sebaiknya sebelum mengklik tombol Accept, Anda harus membaca dengan cermat dan teliti untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

6. Memiliki Password yang Sama Untuk Semua Akun

Sebaiknya gunakan password yang berbeda untuk setiap akun media sosial yang Anda miliki. Menggunakan password yang sama untuk setiap akun media sosial yang Anda miliki hanya akan memudahkan mempermudah pelaku cybercrime untuk mengakses semua akun pribadi Anda.

Dengan tidak melakukan hal diatas sama dengan Anda melindungi diri sendiri dari kemungkinan akun pribadi Anda terkena hack oleh pelaku cybercrime. Anda harus bersikap bijak dan hati-hati untuk semua kegiatan yang dilakukan melalui media internet.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Tidak Terkena Hack, Hindari Kebiasaan Ini Saat Online"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus