Tips Merawat Mouse Supaya Bisa Awet Selamanya

Tips Merawat Mouse Supaya Bisa Awet Selamanya - Di zaman teknologi serba canggih ini, siapa yang tidak kenal dengan mouse? Mouse yang merupakan perangkat keras dari bagian computer ini memiliki peranan yang cukup penting. Yaitu sebagai alat menggerakkan penunjuk. Selain itu scroll pada mouse ini juga bisa untuk men-scroll halaman. Dan masih banyak lagi kegunaan mouse.

Komponen yang satu ini mempunyai peranan penting dalam pengoperasian computer. Oleh karena itu, jika alat ini sampai rusak tentu akan menghambat kinerja kita. Nah, berikut telah kami rangkum beberapa tips yang sebaiknya anda coba untuk merawat mouse anda agar tidak cepat rusak. Langsung saja, silahkan disimak.

Tips Merawat Mouse Supaya Bisa Awet Selamanya


Gunakan mouse pad
Mouse pad adalah alat yang digunakan sebagai alas untuk mouse ketika anda bekerja. Mouse pad ini memiliki peranan penting, karena desain dari alas mouse yang sangat halus ini akan memperlancar pergeseran mouse. Pilihlah mouse pad yang sesuai dengan merk mouse anda atau minimal yang memiliki permukaan sangat halus.

Jagalah kebersihan mouse
Menjaga kebersihan memang berlaku untuk segalanya. Termasuk salah satunya menyangkut kebersihan pada mouse. Kita perlu membersihkan mouse bagian dalam dari debu-debu dan kotoran lainnya. Meskipun tidak menyebabkan kerusakan yang fatal, namun debu ini lambat laun akan membuat mouse tidak berfungsi dengan maksimal.

Hal ini dikarenakan debu yang bersarang pada mouse akan mengganggu cahaya sensor led untuk keluar. Jika cahayanya terhambat, maka pergerakan nya pun akan terhambat juga.
Hindarkan dari benda cair

Bisa dibilang, benda cair atau cairan merupakan musuh utama bagi sebagian besar  barang elektronik. Temasuk mouse juga. Karena bagaimanapun, benda cair berpotensi merusak bagian dalam atau komponen elektronika yang terdapat pada mouse. Apalagi, mouse biasanya juga terhubung dengan aliran listrik. Oleh karenanya selain membahayakan mouse juga akan membahayakan pengguna mouse.

Jangan menekan mouse dengan kasar
Komponen komputer  yang satu ini sangat memerlukan perlakuan yang halus. Karena jika mouse ditekan terlalu kuat, akan membuat tombol klik mouse menjadi aus. Dan biasanya penekanan yang kuat pada mouse ini seringkali dilakukan oleh pengguna sedang bermain game.

Nah, untuk itu, jika anda seorang gamer, akan lebih baik jika anda menggunakan mouse khusus yang memang didesain untuk bermain game yaitu mouse gaming. Mouse gaming ini memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih kuat dibanding mouse pada umumnya.

Hindari menggulung kabel terlalu ketat
Mobilitas manusia yang semakin beragam menjadikannya harus fleksibel untuk berpindah-pindah tempat. Begitu pun dengan mouse komputer.  Biasanya, agar tidak makan tempat atau agar rapi, kabel mouse digulung sedemikian rupa. Dan tak jarang kabel mouse digulung terlalu ketat. Dan bila itu dilakukan, takutnya akan memutuskan kabel jaringan yang berada didalamnya, sehingga mouse tidak berfungsi normal, atau bahkan tak berfungsi sama sekali.

Simpan mouse ditempat yang baik
Ketika anda membawa mouse ini pergi atau mungkin menyimpannya. Pastikan jika tempat yang digunakan untuk menyimpan sebisa mungkin di posisi paling atas. Hal ini untuk meminimalisir mouse agar tidak tertindih.

Sebenarnya cukup simple bukan untuk menjaga kesehatan mouse agar tetap awet? Pastikan ketika kamu menggunakannya, kamu memperhatikan hal-hal yang mungkin sangat sepele diatas. Sama hal nya dengan barang-barang lain, perangkat keras yang satu ini juga butuh perawatan.

Meskipun harga mouse ini tergolong cukup murah, namun tak ada salahnya jika anda merawatnya agar tetap awet. Dengan begitu anda tak perlu banyak menghamburkan uang sia-sia.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merawat Mouse Supaya Bisa Awet Selamanya"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus