Tips Merawat Hardisk Laptop agar Tetap Awet dan Selalu Prima

Tips Merawat Hardisk Laptop agar Tetap Awet dan Selalu Prima - Seperti yang kita tahu, harddisk merupakan komponen penting pada laptop atau komputer yang fungsinya untuk penyimpanan data sistem ataupun file/data sekunder. Nah, karena begitu vitalnya peran sebuah hardisk, tentunya jika sampai mengalami kerusakan, akan menyebabkan komputer/laptop tidak akan berfungsi normal.

Untuk itu, melakukan perawatan hardisk agar selalu awet seperti yang saya bagikan berikut ini sangat penting untuk dilakukan.

Tips Merawat Harddisk Laptop agar Tetap Awet dan Selalu Prima


Tips Merawat Hardisk Laptop



1. Perhatikan Arus Listrik
Salah satu tips untuk menjaga harddisk agar tetap awet adalah dengan cara memperhatikan arus listrik yang terhubung dengan laptop. Upayakan arus listrik yang anda pakai dalam kondisi stabil dan tidak ada kerusakan di komponen-komponen yang berhubungan dengan arus listrik.

2. Lakukan Defragment Harddisk
Tips kedua dalam merawat harddisk yang bisa Anda lakukan adalah dengan memakai aplikasi defragment, aplikasi ini berfungsi untuk mendefrag harddisk secara berkelanjutan serta untuk menghindari fregmentasi yang mampu membuat kinerja harddisk atau laptop Anda menurun.

Gunakan aplikasi defrag untuk melakukan pekerjaan ini, atau anda juga bisa menggunakan aplikasi defrag bawaan windows. Walaupun proses defrag sangat dianjurkan, namun sebaiknya jangan dilakukan secara berlebihan. Karena hal tersebut justru dapat memicu kerusakan hardisk. Defrag sebaiknya dilakukan minimal 1 atau 2 minggu sekali saja.

3. Matikan Laptop dengan Benar
Tips merawat harddisk laptop selanjutnya adalah dengan mematikan laptop sesuai dengan prosedur yang benar. Yaitu, menutup semua program yang berjalan satu persatu, baru kemudian melakukan  proses shut down..

Tidak dibenarkan, karena sedang buru-buru atau alasan lainnya, tanpa menutup program yang berjalan terlebih dahulu, langsung melakukan shut down, atau malah yang parah lagi, langsung menekan tombol power saat banyak program sedang berjalan. Mungkin jika satu dua kali dilakukan, tidak akan berdampak apa-apa, tapi jika sering dilakukan, maka kemungkinan besar hardisk akan cepat rusak.

4. Jaga Suhu Harddisk 
Suhu harddisk yang tidak stabil biasanya sering mempercepat kerusakan pada harddisk, apalagi bila suhu harddisk Anda terlampau tinggi atau terlalu panas. Biasanya para pengguna kurang memperhatikan suhu pada harddisk atau pada laptop, karena mungkin terlalu asyik atau terlalu sibuk dengan pekerjaan yang dilakukan.

Dan hal penting lagi yang sebaiknya anda ketahui ialah, hindari menggunakan laptop di atas kasur atau tempat-tempat yang menyerap panas, karena hal tersebut akan membuat laptop cepat panas/hang. Jadi idealnya gunakan laptop di atas meja ataupun pada area yang tidak mengganggu sirkulasi udara di dalam laptop.

5. Hindari Guncangan yang Berlebihan
Guncangan yang berlebihan dapat mengakibatkan harddisk Anda hang karena harddisk sangat sensitive akibat guncangan. Biasanya guncangan-guncangan ini sering terjadi pada notebook atau laptop karena kadang tanpa sadar Anda membawa notebook atau laptop sembarangan.

Anda harus benar-benar hati-hati ketika Anda bepergian dengan membawa notebook atau laptop. Simpan notebook atau laptop Anda di tempat yang minim guncangan untuk menghindari terjadinya goresan atau guratan antara jarum dan magnetic disknya.

Dampak dari goresan yang terjadi antara kedua benda itu dapat mengakibatkan penurunan kecepatan dalam membaca suatu data. Sehingga bila memang notebook atau laptop tidak terlalu dibutuhkan jangan terlalu sering dibawa bepergian. Selain itu cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan tas yang memang di peruntukan khusus buat notebook atau laptop.

Itu tadi beberapa tips merawat hardisk laptop Anda agar lebih awet. Ingat, kebiasaan buruk yang nampak sepele dapat membuat kerugian besar bagi anda, bila terus dilakukan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merawat Hardisk Laptop agar Tetap Awet dan Selalu Prima"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus