Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen dengan Mudah

Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen dengan Mudah - Blue Screen merupakan salah satu masalah yang sering terjadi ada sistem operasi Windows. Blue Screen dapat terjadi atau menyerang pada komputer maupun laptop. Masalah ini sebenarnya bernama Blue Screen of Death (BSOD), yaitu suatu kondisi dimana Windows muncul warna biru di layar monitornya. Biasanya, kondisi blue Screen ini muncul karena ada kesalahan pada software ataupun hardware pada laptop atau komputer. Lalu bagaimana cara memperbaiki laptop blue screen?

Nah, jika laptop Anda tiba-tiba mengalami Blue Screen, tak perlu panik, lakukan beberapa cara memperbaiki laptop blue screen seperti yang saya jelaskan di bawah ini.


Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen


1. Lakukan Restart Komputer

Jika laptop Anda mengalami Blue Screen, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah merestart laptop terlebih dahulu. Tunggu sampai laptop Anda selesai booting. Setelah selesai booting, laptop akan kembali normal, jika laptop memang belum rusak parah. Namun, Jika cara ini tidak bisa mengatasi Blue Screen, maka Anda dapat mencoba melakukan langkah selanjutnya.

2. Menggunakan Cara System Restore

Cara memperbaiki laptop blue screen yang kedua yaitu dengan melakukan system restore di laptop Anda, dengan cara:

  • Pertama-tama matikan laptop Anda terlebih dahulu. Jika laptop Anda sudah mengalami Blue Screen, maka langsung saja tekan tombol power dan tahan sampai laptop dalam keadaan off atau mati total.
  • Selanjutnya, nyalakan kembali laptop dengan menekan tombol power. 
  • Klik F8. Disini Anda akan masuk pada jendela pilihan booting. 
  • Lalu, pilih Safe Mode. Setelah itu tunggu sampai selesai booting safe mode.
  • Selanjutnya, masuk ke Operasi Sistem Safe Mode. Klik start windows  control panel  system & security  action center  recovery  open system restore  next  next  finish klik yes. Maka laptop akan melkaukan restart secara otomatis.

3. Melakukan Repair System Operasi Windows

Jika cara di atas belum juga berhasil untuk mengatasi Blue Screen, maka lakukan Repair System Operasi Windows. Cara ini bisa digunakan pada file windows yang corrupt. Namun, Cara ini membutuhkan DVD operasi system Windows untuk melakukan repair windows.

4. Menggunakan Cara Instal Update Driver

Cara memperbaiki laptop blue screen selanjutnya yaitu melakukan installasi update driver. Cara ini hampir sama saat melakukan repair, hanya saja  untuk melakukan install update driver ini dikarenakan adanya crash. Caranya lakukan download driver terbaru di perangkat yang Anda, maka komputer kembali pulih dan normal.

5. Melakukan Cara Scan Malware

Cara lain untuk mengatasi Blue Screen yaitu melakukan scan Malware. Caranya adalah dengan Scan Malware.Tahukah Anda bahwa Malware menjadi salah satu hal menyebabkan Windows mengalami Blue Screen. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan scan antivirus.

6. Periksa Hardware

Jika cara di atas belum menyelesaikan masalah Blue Screen, maka Anda perlu memeriksa hardware laptop Anda. Cek harddisk, karena kemungkinan harddisk sudah rusak ataupun dalam kondisi kurang baik sehingga bisa menyebabkan Blue Screen. Cara untuk memeriksa hardware yaitu dengan cara membuka Start Menu lalu keti Memory Diagnostics Tool.

7. Instal Ulang Windows

Cara memperbaiki laptop blue screen yang terakhir yaitu menginstal ulang Windows. Dengan menginstall ulang Windows di laptop, sehingga laptop akan kembali normal dan tidak mengalami Blue Screen. Itulah beberapa cara memperbaiki laptop blue screen.

Jika laptop Anda sering mengalami masalah Blue Screen, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan ketujuh cara di atas. Namun, jika cara-cara di atas belum berhasil juga, lebih baik bawalah ke servis laptop, karena bisa jadi laptop Anda telah mengalami kerusakan yang parah.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen dengan Mudah"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus