Buat Pengguna Kartu Debit, Ketahui dan Waspadai Hal-Hal Berikut Ini

Buat Pengguna Kartu Debit, Ketahui dan Waspadai Hal-Hal Berikut Ini - Penggunaan serta keberadaan kartu debit, bisa dibilang sudah sangat melekat fungsinya dengan kehidupan manusia modern saat ini. Hampir sama fungsinya dengan kartu kredit, karena sama-sama bisa dimanfaatkan untuk membeli sesuatu  dengan cara menggesek nya ke mesin kasir.

Namun bedanya kartu debit akan langsung memotong saldo tabungan kita, berbeda dengan kartu kredit. Dan hal ini tentu sangat praktis untuk kehidupan modern saat ini. Namun sebagai pengguna yang bijak, tentunya kita harus berhati-hati dengan berbagai penyalah gunaan kartu debit yang marak saat ini.

Buat Pengguna Kartu Debit, Ketahui dan Waspadai Hal-Hal Berikut Ini - Penggunaan serta keberadaan kartu debit, bisa dibilang sudah sangat melekat fungsinya dengan kehidupan manusia modern saat ini. Hampir sama fungsinya dengan kartu kredit, karena sama-sama bisa dimanfaatkan untuk membeli sesuatu  dengan cara menggesek nya ke mesin kasir.


Untuk Pengguna Kartu Debit, Waspadai 6 Hal Berikut


1. Rawan terjadi penyalahgunaan
Hal ini terjadi ketika kartu Anda hilang atau dicuri. Karena prinsipnya yang langsung memotong dari saldo tabungan anda, maka saat orang lain menggunakan dan dapat memalsukan tanda tangan Anda, uang tak akan bisa kembali. Tidak seperti kartu kredit yang bila terbukti bukan Anda pemakainya transaksi bisa dibatalkan.

2. Menggunakan tanda tangan, bukan pin
Pada beberapa kartu debit,  bisa digunakan hanya dengan tanda tangan saja. Seperti kasus pertama, jika seseorang dapat meniru tanda tangan anda, maka dapat dipastikan dia akan menggunakan kartu untuk transaksi terus hingga saldo anda habis

3. Terlalu banyak biaya
Kartu debit memang praktis, namun perlu di ingat bahwasannya setiap kali transaksi dilakukan akan ada pemotongan biaya administrasi. Memang jumlahnya tak begitu banyak. Namun jika hal ini terjadi secara terus menenur maka akan membuat saldo anda di rekening makin hari makin menurun.

4. Tidak bisa diakses di semua tempat
Tidak semua tempat mau menerima transaksi menggunakan kartu debit. Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Tidak seperti kartu kredit yang bebas disemua tempat tersedia, untuk menggunakan kartu debit masih memiliki sejumlah keterbatasan.

5. Tidak berpengaruh pada sejarah kredit Anda
Saat anda memerlukan pinjaman dari bank penerbit kartu debit, untuk kebutuhan seperti rumah atau mobil, mungkin agak susah untuk mendapatkan ACC. Kecuali jika anda menggunakan agunan. Berbeda dengan kartu kredit. Buat anda pengguna kartu kredit, dan rekam jejak anda bagus, tak pernah ada tunggakan dan sejenisnya, maka pihak bank bisa memberikan sejumlah uang sebagai pinjaman.

6. Terdapat limit harian
Meskipun terhitung praktis, namun ternyata kartu debit memiliki batasan limit harian. Jika sudah mencapai batas transaksi anda tidak akan dapat mengguanakn kartu untuk sementara waktu. Anda harus menunggu di hari berikutnya untuk dapat kembali menggunakan kartu debit anda.

Itulah beberapa hal yang patut anda waspadai saat menggunakan kartu debit. Memang banyak sekali sisi positif dengan menggunakan kartu debit. Namun tentunya juga terdapat beberapa sisi negatif yang perlu anda siasati untuk meminimalisir terjadinya hal hal yang tidak diinginkan. Tentunya semua itu kembali lagi kepada kebijaksanaan Anda dalam menggunakan dan mengoperasionalkan kartu debit.

Namun jangan terlalu risau, karena teknologi saat ini sudah mempermudah untuk menjaga keamanan kartu debit dan juga rekening anda. salah satunya dengan penanaman chip pada body kartu plastik ini yang dapat melacak kapan dan dimana kartu digunakan.

Semoga kita semua dapat mengambil manfaat positif dengan sebaik baiknya. Dan juga dapat meminimalisir kemungkinan kemungkinan buruk yang akan mempengaruhi saldo tabungan anda. Tetaplah bijak saat bertransaksi, karena semua teknologi memiliki resikonya masing masing dibaik semua ragm manfaatnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buat Pengguna Kartu Debit, Ketahui dan Waspadai Hal-Hal Berikut Ini"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus