BPJS vs Asuransi Swasta, Kira-Kira Siapa yang Terbaik?

BPJS vs Asuransi Swasta, Kira-Kira Siapa yang Terbaik? - Kesehatan adalah kebutuhan yang paling penting bagi semua orang. Oleh karena itu, kita harus memiliki persiapan jika saja tiba-tiba kesehatan kita terganggu. Nah, berbicara mengenai kesehatan, seperti yang kita ketahui, pemerintah mulai beberapa tahun yang lalu membentuk BPJS, sebagai asuransi resmi pemerintah.

Lantas, antara BPJS dan asuransi kesehatan swasta mana yang terbaik? untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya kita harus mengupas/mereviewnya dari berbagai sisi. Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

BPJS vs Asuransi Swasta, Kira-Kira Siapa yang Terbaik?


Tarif Premi
Dimulai dari BPJS, program kesehatan yang sekarang ditujukan untuk semua kalangan ini cukup diminati banyak kalangan. Premi tiap bulan yang bisa dibilang cukup murah ini bisa menjadi alternative bagi masyarakat, khususnya masyarakat menengah ke bawah.

Jika pada asuransi swasta penggolongan premi biasanya didasarkan pada usia dan hasil medical check-up. Pada BPJS premi ditawarkan sesuai kelas yang dipilih oleh peserta. Untuk kelas 1 dengan tarif Rp 80rb, kelas 2 Rp 51rb dan kelas 3 Rp 25rb. Tidak ada syarat mendasar, ketentuan pemilihan kelas ini. Semua diserahkan sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan peserta.

Berbeda dengan BPJS, asuransi swasta menawarkan tarif yang rata-rata cukup besar. Rata-rata tarif perbulan mencapai Rp 500rb sampai tak terhingga. Dasar dari pemberlakuan tarif kepada peserta ini biasanya usia peserta dan juga dilihat dari hasil medical check-up, untuk mengetahui ada tidaknya indikasi penyakit bawaan.

Segi Pelayanan
Dalam hal penanganan kesehatan, banyak sekali hal-hal yang berkaitan didalamnya. Sebagai contoh adanya fasilitas optic, gigi, serta kehamilan. Dengan BPJS anda bisa mendapatkan semua perawatan tersebut. Selain itu, BPJS juga meng-cover biaya rawat inap serta rawat jalan. Untuk pelayanan non medis seperti ambulan, imunisasi, keluarga berencana ikut masuk dalam pembiayaan dari BPJS
Berbeda dengan BPJS, ternyata asuransi swasta tidak meng-cover segala jenis fasilitas di atas. Rata-rata asuransi swasta hanya meng-cover rawat inap dan segala aktivitas medis didalamnya. Dari segi pelayanan yang ditawarkan jelas BPJS lebih lengkap dibanding asuransi swasta.

Plafond dan Layanan 
Untuk asuransi swasta, plafond yang ditawarkan memiliki limit tertentu. Jadi, ketika biaya yang harusnya anda keluarkan melebihi plafond asuransi otomatis anda harus membayar sendiri sisanya. Tentunya kesepakatan ini sudah disepakati bersama diawal mulai bergabung dengan pihak asuransi. Sistem pembayarannya bisa langsung dengan asuransi yang bersangkutan ataupun dengan reimbust.

Berbeda dengan asuransi swasta, pihak BPJS tidak memiliki batasan plafond bagi peserta. Selama peserta mengikuti prosedur yang benar, semua akan ditanggung BPJS sampai anda sembuh sesuai dengan kelas kepesertaan anda. Namun jika anda menginginkan naik kelas atau mungkin pembelian obat yang tidak ditanggung BPJS, baru anda harus mengeluarkan dana sendiri.

Dalam pelayanannya, asuransi swasta lebih simple. Semua peserta bisa langsung menuju semua rumah sakit yang dikehendaki. Sedangkan layanan yang ditawarkan BPJS adalah layanan berjenjang. Yang artinya untuk dapat mendapatkan pelayanan pengobatan lebih lanjut anda harus mendapatkan rujukan terlebih dahulu.

Asuransi Jiwa
Untuk asuransi swasta, biasanya memiliki produk asuransi jiwa. Dimana jika peserta meninggal, ahli waris akan mendapatkan dana asuransi kematian. Sayangnya, BPJS kesehatan tidak memiliki fitur yang satu ini. Jadi premi yang sudah anda setorkan tidak akan dapat anda ambil, meskipun sebelumnya anda tidak pernah menggunakannya.

jika dilihat dari ulasan diatas, antara BPJS dan asuransi kesehatan swasta saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing, Jadi tidak ada salahnya jika anda mengikuti kepesertaan keduanya sekaligus.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BPJS vs Asuransi Swasta, Kira-Kira Siapa yang Terbaik?"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus