Ragam Jenis Pembiayaan Syariah dan Berbagai Manfaatnya

Ragam Jenis Pembiayaan Syariah dan Berbagai Manfaatnya - Memanfaatkan pembiayaan dari bank untuk membantu permodalan atau pendanaan lumrah dilakukan. Bagi yang tidak ingin melalui jalur konfensional, maka bank syariah yang dimanfaatkan jenis-jenis pembiayaan nya.

Jika Anda memilih untuk menggunakan jalur pembiayaan syariah ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ragam jenis pembiayaan syariah dan manfaatnya, berikut kami telah rangkum ulasan selengkapnya.

Ragam Jenis Pembiayaan Syariah dan Berbagai Manfaatnya


1. Modal Kerja Syariah 
Jenis pembiayaan pertama diperuntukan bagi para pengusaha atau enterpreuner yang membutuhkan bantuan permodalan yang sesuai dengan prinsip syariah. Pembiayaan modal kerja ini memiliki periode pembiayaan jangka pendek ataupun jangka panjang. Biasanya digunakan untuk membiayai ongkos produksi, pembelian bahan baku, proses penjualan, pelayanan dan juga proyek.

Sarana pembiayaan ini bisa diberikan untuk semua jenis usaha dengan nilai prospek yang baik, tidak menyalahi aturan syariat islam dan juga hukum yang berlaku. Pembiayaan modal kerja ini memiliki 2 jenis pembiayaan syariah, yaitu:

a.Skema Murabahah (jual beli)
Skema pembiayaan dengan akad jual beli ini ialah pembelian barang untuk keperluan modal produksi akan dibiayai oleh pihak bank sesuai dengan kebutuhan nasabah. Besaran biaya tersebut terdiri dari harga pokok dan margin keuntungan bagi bank syariah yang besarannya telah ditentukan dan disetujui di awal oleh kedua belah pihak. Keuntungan tersebut yang nantinya akan masuk ke dalam harga jual barang.

b. Skema Mudharabahah dan Musyarakah (kerja sama)
Skema pembiayaan dengan akad kerja sama ini mengedepankan kepentingan dua belah pihak, yaitu pihak bank dan nasabah yang ingin menambah asset mereka.

2. Konsumtif Syariah
Berbeda dengan pembiayaan untuk modal usaha, pembiayaan jenis ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat sekunder nasabah, maka dari itu bentuknya perorangan. Dua jenis akad dalam pembiayaan konsumtif syariah dan manfaatnya adalah sebagai berikut.

a. Skema murabahah
Pembiayaan dengan akad murabahah merupakan salah satu pembiayaan syariah yang paling utama karena perhitunganny lebih mudah. Salah satu contoh pembiayaannya semisal pembelian kendaraan bermotor, dimana agunan yang digunakan adalah kendaraan bermotor dengan pembiayaan ini.

b. Skema ijarah
Pembiayaan ini hampir sama dengan akad murabahah untuk konsumtif syariah, namun pembiayaan ijarah objek transaksinya berupa jasa atau layanan, contoh untuk pembiayaan perjalanan umroh.

3. Investasi Syariah
Pembiayaan investasi ini diperuntukkan untuk membiayai pembelian barang-barang modal untuk pembangunan suatu proyek, usaha baru, ataupun penggantian mesin-mesin baru, dan lain sebagainya.Skema pembayaran untuk investasi syariah ini menggunakan akad murabahah dan IMBT atau Ijarah Muntahia Bit Tamlik. Salah satu bank yang menawarkan pembiayaan model ini ialah BCA Syariah.

Untuk beberapa jenis pembiayaan yang akadnya menggunakan akad murabahah atau jual beli ada kelebihan dan nanfaat yang dapat dirasakan, yaitu nilai cicilannya yang akan tetap sama dari sejak awal hingga periode kesepakatan berakhir. Hal ini berbeda dengan sistem kredit di bank konfensional yang besaran cicilannya bisa berubah. Maka dari itu keuntungan lainya untuk nasabah yang melakukan pembiayaan dengan akad murbahah dapat mengatur dan merencanakan keuangannya untuk proses pembiayaan tersebut. Sedangkan manfaat yang dapat dirasakan dari pembiayaan dengan skema kerja sama ialah fkeksibelnya mekanisme pembayaran yang disesuaikan dengan keuntungan usaha.

Demikianlah artikel saat ini tentang berbagai jenis pembiayaan syariah dan tipe-tipe akad yang ditawarkan beserta manfaatnya. Dengan mengetahui hal tersebut bisa menjadi bekal anda memilih model pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ragam Jenis Pembiayaan Syariah dan Berbagai Manfaatnya"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus