Penyebab Komputer Not Responding Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya – bila anda bekerja memakai komputer, pasti pernah mengalami Not Responding ataupun biasanya disebut "Hang" pada computer anda. Terjadinya not responding dalam komputer anda disebabkan karena sangat lambatnya ataupun bahkan tak memiliki suatu sistem dalam merespon apa yang sudah diperintahkan.

Misalnya saja saat anda ingin memakai aplikasi Adobe Photoshop, namun sistem terlalu lama ataupun tidak bisa merespon membuka aplikasi ini. Sehingga muncul tulisan box "Application is Not Responding" itu juga diikuti oleh berubah nya layar monitor hingga menjadi putih berbayang. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer anda sering Not Responding serta cara mengatasinya.

Penyebab Komputer Not Responding Dan Cara Mengatasinya
Image: DriverTech.org


1. Banyak Aplikasi yang Terinstall.
Penyebab yang pertama ialah Terlalu banyak aplikasi terinstall dalam komputer anda. Hal itu karena proses yang dijalankan system saat me-load seluruh aplikasi menjadi semakin berat, apalagi bila aplikasi tersebut memiliki ukuran besar. Sehingga dapat mengurangi kapasitas dari harddisk dalam computer anda. Akibatnya, komputer akan menjadi lambat serta sering Not Responding. Oleh karena itu, uninstall aplikasi anda yang tak begitu diperlukan.

2. Tampilan Komputer yang Berlebihan.
Meskipun tampilan komputer menarik menjadi kepuasan tersendiri, tapi anda harus perhitungkan hal tersebut. Ada banyak cara yang bisa di lakukan agar bisa merubah tampilan komputer menjadi lebih menarik. Misalnya dengan memasang sidebar gadget, menginstall skinpack dan membuat shortcut aplikasi, menginstall skinpack. Namun tahukah anda bila hal tersebut dilakukan dengan berlebihan bisa mengakibatkan RAM komputer bekerja lebih ekstra dalam me-load semua efek tampilan visual didalamnya.  Akibatnya, komputer anda akan lebih kerap mengalami Not Responding.

Oleh karena itu, jangan terlalu berlebihan dalam memasang serta menginstall beberapa tampilan untuk merubah tampilan komputer menjadi lebih menarik. Jadi, lebih baik pergunakan tema atau tampilan yang standar saja.

3. Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi Bersamaan (Multitasking).
Bila anda bekerja dengan mengandalkan komputer, pasti sering menjalankan sejumlah aplikasi sekaligus pada waktu bersamaan atau multitasking. Meskipun multitasking bisa sangat berguna dan dapat mempercepat sebuah pekerjaan, tapi, lihat dampaknya.

Karena terlalu banyak aplikasi terbuka bisa mengakibatkan RAM komputer anda terkuras habis. Lama-lama bisa mengakibatkan Not Responding. Oleh karena itu usahakan jangan membuka terlalu banyak aplikasi yang tidak dibutuhkan. Jika itu memang dibutuhkan, usahakan aplikasi pada computer anda yang terbuka tak lebih dari tiga aplikasi.

4. Banyaknya Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang.
Tidak anda sadari ketika menggunakan komputer terdapat beberapa aplikasi yang telah berjalan dilatar belakang. Selain itu aplikasi ini berjalan secara otomatis saat anda pertama kali menyalakan komputer. Banyaknya aplikasi yang berjalan pada latar belakang dapat mengambil resource memori yang banyak dan komputer akan menjadi Not Responding.

Jadi, anda harus amati daftar Startup yang telah berjalan. Untuk bisa memeriksa Startup, tinggal membuka Windows Run (Win+R) lalu ketikkan msconfig (pada Windows XP, 7 dan Vista). Kemudian pada Tab Startup, hilangkan tanda centang pada aplikasi yang kurang anda kenal. Jadi, tetap beri centang pada program yang memang berperan penting dalam mendukung kinerja Windows misalnya driver dengan Anti virus.

5. Kapasitas RAM Kurang Besar
Selain poin tersebut di atas, kapasitas RAM laptop atau komputer yang terlalu kecil atau terlalu minimal akan menjadikan laptop atau komputer Not Responding, hal tersebut dikarenakan berkembangnya sebuah software atau aplikasi sedangkan tidak diiringi dengan kapasitas RAM yang memadai.

6. Hardisk Eror Atau Bad Sector
Salah satu komponen komputer yaitu Hardisk yang merupakan salah satu Hardware vital jika terkena Bad Sector juga dapat mengakibatkan komputer Not Responding, hal tersebut karena Driver pembaca Hardisk tidak bekerja sebagaimana mestinya.

7. Terlalu Panas Atau Terlalu Lama Penggunaan
Pemakaian komputer yang terlalu lama jika tidak di iringi dengan sistem fan atau kipas yang baik maka akan terjadi Over Heat pada komputer, dan akan menyebabkan komputer berjalan lebih berat dan mengakibatkan akan lelet dalam merespon perintah dari kita atau disebut Not Responding, maka untuk menghindari nya lakukan pembersihan Fan komputer dengan teratur atau menggunakan Kipas Tambahan jika sedang melakukan pekerjaan terlalu lama dengan komputer.

Selain itu suhu ruangan juga dapat mempengaruhi aktivitas komputerisasi, dapat kita bedakan melakukan pekerjaan komputerisasi di ruangan yang Ber AC dan di ruangan Tanpa AC maka di ruangan yang ber AC aktivitas komputerisasi lebih stabil , hal tersebut dikarenakan ruangan tersebut sejuk atau dingin.

8. Aplikasi yang Tidak Kompatibel.
Kadang kita ingin menjalankan aplikasi versi lama sebelum di rilisnya OS Window 7. Sehingga aplikasi tersebut menghadirkan box Not Responding sebab tidak mensupport aplikasi OS Windows 7. Sekaligus beroprasi dalam OS tertentu misalnya (Windows XP).

Jadi, periksa dahulu aplikasi apa yang ingin anda install, sistem yang diperlukan oleh aplikasi ini apakah sudah sesuai dengan komputer anda. Demikian artikel tentang Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya. Jika anda mengalami masalah tersebut, silahkan coba sendiri cara diatas pada computer anda. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Komputer Not Responding Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus