Tips Cerdas Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik dan Memikat

Tips Cerdas Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik dan Memikat - Mengapa judul sangat penting? Karena awal mula orang tertarik membuka atau membaca isi artikel anda adalah dari judul. Jadi tak heran jika judul merupakan deretan kata-kata yang sebaiknya di pertimbangkan secara matang dalam pembuatannya. Dan sebagai referensi buat anda, dalam membuat judul yang menarik dan memikat pembaca, berikut ini kami bagikan ulasannya.

Cara Mudah Membuat Judul yang Menarik dan Memikat


1. Judul Artikel yang Membuat Pembaca Penasaran

Rasa penasaran akan meningkatkan keingintahuan pembaca atas artikel atau konten yang telah kita buat. Sebuah judul juga harus memiliki nilai tambah dengan cara membuat pengunjung penasaran. Hal ini bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu dengan menggunakan pertanyaan, penegasan, atau solusi.

Tips Cerdas Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik dan Memikat

Pertama, cara mudah menentukan judul berupa pertanyaan yang membuat penasaran adalah dengan memanfaatkan rumus 5W+1H. Dalam pelajaran bahasa Indonesia, Anda tentu sudah mengenal dengan baik rumus dalam materi berita ini. Saat membuat artikel blog, pilihlah judul dengan salah satu dari 5W+1H ini agar membuat pembaca penasaran.

Kedua, judul yang dibuat dengan penegasan akan selalu menarik perhatian pembaca. Misalnya ada judul “45 Hal yang Haram Dilakukan di Instagram”. Dengan penegasan kata “Haram” akan membuat pembaca bertanya-tanya. Apa yang diharamkan? Mengapa bisa haram? Pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada benak pembaca akan menarik minatnya untuk membaca lebih lanjut tulisan Anda.

Terakhir, membuat judul menarik dengan memberikan solusi. Misalnya saja ada judul “Smartphone Anda Cepat Panas? Ternyata Ini Penyebabnya!”. Judul sederhana tersebut cukup menarik. Dalam point terakhir ini, pastikan Anda membuat judul yang membuat pembaca berkata “ya”.

2. Dapatkan Kepercayaan Pembaca

Selain judul yang membuat penasaran, sangat bagus jika seorang blogger dapat membuat judul yang meyakinkan pembaca untuk membaca artikelnya. Judul semacam ini bersifat pasti dan bersumber dari pihak-pihak yang pasti juga. Untuk mendapatkan kepercayaan pembaca, Anda bisa memilih judul dari hasil survey atau penelitian pihak atau lembaga yang terpercaya. Anda juga bisa memilih judul berdasarkan komentar orang atau tokoh yang terkenal. Pilihan lainnya adalah memberikan jaminan keuntungan pada pembaca.

3. Mengandung Unsur Pro-Kontra

Sesuatu yang masih menjadi pro-kontra akan menarik perhatian pembaca. Anda bisa membuat judul dengan menggunakan kalimat-kalimat pro-kontra, misalnya kelebihan dan kekurangan, dampak positif dan negatif, baik dan buruknya sesuatu.

4. Menggunakan Negasi

Selain menggunakan kata-kata yang bernada meyakinkan, menegaskan, dan membuat pembaca langsung percaya, sesekali Anda juga bisa membuat judul dengan kata-kata negasi. Judul yang memberikan rasa takut, tidak nyaman, atau menentang dari pernyataan yang sudah diyakini oleh pembaca akan mampu membuat pembaca menjadi lebih tertarik. Misalnya, “Ini Tanda-Tanda Anda Diputusin Pacar”. Contoh judul itu tentu akan membuat si pembaca merasa tertarik dengan apa isi tulisan di dalamnya.

5. Gunakan Judul yang Menunjukkan Kelebihan Artikel Anda

Jika Anda merasa ada kelebihan dalam artikel Anda yang tidak bisa ditemukan pada artikel lain, tidak ada salahnya Anda menonjolkannya dalam judul. Kelebihan yang Anda tonjolkan tersebut harus menunjukkan isi artikel Anda. Misalnya, “Lima Menu Diet Sehat dan Lezat” atau “ Lima Konsep Rumah Idaman bagi Pasangan Muda”.

6. Langsung Tunjuk Untuk Siapa Artikel Anda

Poin yang satu ini juga penting untuk diperhatikan. Jangan sampai konten yang harusnya dibaca oleh orang dewasa dibaca oleh anak kecil, begitupun sebaliknya. Karena memang pada dasarnya, pembaca artikel dari Google sangat beragam, bisa anak kecil hingga orang yang sudah dewasa. Agar lebih memfokuskan pembaca, buatlah judul yang menegaskan untuk siapa artikel tersebut dibuat. Misalnya, “Untuk para Anak Kost, Ini Cara Menghemat Uang” atau “Buat Para Jomblo, Ini Tips Ampuh Mencari Pacar”.

7. Pakailah Kata-Kata yang Friendly

Tidak ada yang salah jika Anda mencoba dekat dengan pembaca blog. Jika pembaca Anda adalah anak muda yang luwes bergaul, Anda tidak perlu menggunakan kata-kata baku. Pemilihan kata pada judul bisa disesuaikan dengan target pembaca Anda.

Demikian adalah tujuh langkah mudah membuat judul artikel blog menjadi menarik. Semoga bermanfaat!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cerdas Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik dan Memikat"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus