Tips Cerdas Beli Laptop Bekas

Tips Cerdas Beli Laptop Bekas - Laptop merupakan kebutuhan utama bagi sebagian besar manusia modern, terutama untuk mereka yang sedang kuliah ataupun bekerja. Meskipun di era sekarang ini sudah banyak vendor laptop yang menjual produknya dengan harga murah, beberapa orang masih merasa kesulitan untuk membeli sebuah laptop baru.

Oleh karena itu, banyak dari mereka yang kemudian memutuskan untuk membeli laptop bekas, yang tentunya masih layak pakai. Dan tentunya, hal tersebut bukanlah tindakan yang keliru, karena baik laptop baru maupun laptop bekas asalkan Anda pintar memilih, dijamin Anda akan bisa mendapatkan produk yang berkualitas.

Sama seperti ketika Anda membeli barang-barang lainnya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan informasi tentang barang yang akan Anda beli. Begitupun saat Anda ingin membeli laptop bekas yang berkualitas. Lima hal yang kami rangkum berikut ini penting untuk Anda jadikan rujukan saat memilih laptop bekas.

Tips Cerdas Beli Laptop Bekas


Lima Tips Cerdas Sebelum Membeli Laptop Bekas


1. Periksa bagian fisik

Karena Anda membeli barang yang sudah bekas, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah terkait dengan kondisi fisik barang yang akan Anda beli. Kondisi fisik laptop yang masih bagus mencerminkan bahwa pemilik sebelumnya memang merawat laptop tersebut. Kemungkinan besar rangkaian di dalamnya pun masih bagus. Berbeda lagi ketika tampilan fisik laptop sudah amburadul, kemungkinan besar bagian dalamnya pun mempunyai nasib yang sama. Oleh karena itu, bagian luar menjadi satu poin penting yang harus diperhatikan ketika membeli laptop bekas.

2. Cek Masa Garansi

Selain kondisi fisik laptop, hal yang yang perlu Anda perhatikan adalah terkait dengan masa garansi. Laptop bekas yang masih memiliki garansi, baik garansi pabrik maupun garansi toko, patut untuk diperhitungkan. Mengapa demikian? Hal ini tentu akan memudahkan Anda jika suatu ketika laptop yang Anda beli memiliki masalah. Anda cukup membawanya ke service centernya. Biaya perbaikannya pun bisa lebih murah.

3. Cek Fungsi dan Performanya

Meskipun tampilan luarnya masih terlihat mulus, bukan berarti setiap komponennya juga mulus. Anda masih tetap perlu mengecek setiap bagian dari komponen laptop tersebut, misalnya, cek bagian port USB-nya, bagian DVD, ROM, Keyboard, dan lain sebagainya. Pastikan setiap komponen masih bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Pastikan juga kondisi charger dan baterai masih baik.

4. Survey Harga

Cara yang keempat ini wajib untuk Anda laksanakan. Saat Anda ingin membeli tipe laptop bekas tertentu, pastikan Anda sudah mencari informasi berapa harga pasaran laptop bekas tersebut. Kisaran harga yang Anda dapatkan tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai patokan untuk menentukan harga laptop. Jangan sampai Anda mengeluarkan dana yang terlalu banyak untuk satu unit laptop bekas yang seharusnya bisa Anda beli dengan harga murah. Oleh karena itu, survey harga sebelum membeli laptop bekas sangat disarankan.

5. Jika Membeli secara Online, Utamakan COD

Ketika Anda membeli barang elektronik, entah itu laptop, smartphone, atau modem, ada baiknya Anda memilih sistem COD atau Cash On Delivery. Apa yang tertera dalam toko online belum tentu sama dengan keadaan aslinya. Dengan sistem pembayaran COD ini, Anda bisa memastikan seperti apa barang yang akan Anda beli. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya penipuan.

Demikian adalah lima langkah mudah yang bisa Anda lakukan sebelum membeli laptop bekas. Dengan menerapkan lima hal di atas, besar kemungkinan Anda tidak akan salah dalam memilih laptop bekas.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cerdas Beli Laptop Bekas"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus