Ternyata Ini 5 Alasan Kenapa Orang-Orang Doyan Sebarkan Hoax

Ternyata Ini 5 Alasan Kenapa Orang-Orang Doyan Sebarkan Hoax - Fenomena berita palsu alias hoak atau Hoax memang sedang ramai diperbincangkan di mana-mana. Masalahnya, hanya karena hoak, banyak masalah terjadi di tanah air. Masalah tersebut tidak hanya melibatkan individu saja, tetapi juga berimbas pada khalayak ramai. Masalah tersebut memicu munculnya kekacauan di mana-mana. Oleh sebab itu, pemerintah pun menggulirkan wacana tentang adanya hukuman penjara bagi mereka yang menebar berita palsu yang mengakibatkan kekacauan publik.

Mengapa berita palsu ini mudah sekali tersebar? Sudah tentu hal tersebut disebabkan oleh mudahnya masyarakat dalam memperoleh informasi. Media sosial menjadi jalan mulus bagi para penebar hoak/Hoax untuk melancarkan aksinya. Lalu, mengapa banyak masyarakat ikut terpengaruh dengan berita hoak tersebut?

Ternyata Ini 5 Alasan Kenapa Orang-Orang Doyan Sebarkah Hoax


Lima Alasan Mengapa Orang-Orang Suka Menyebarkan Hoax atau Hoak


Orang-orang mudah sekali tertarik dengan berita-berita heboh yang menimbulkan kontraversi. Parahnya lagi, tanpa mengecek kebenaran dari berita tersebut, orang-orang malah menyebarkannya. Alhasil, berita hoak tersebut pun menyebar dengan bebasnya dan menjadi trending topic. Mengapa orang-orang mudah sekali percaya dengan berita hoak dan menyebarkannya? Lima penjelasan di bawah ini adalah jawabannya.

1. Kurang Pengetahuan, Kurang Kritis

Sikap mudah percaya merupakan penyebab utama mengapa seseorang mudah sekali terpengaruh dengan hoak dan menyebarkannya. Mereka menerima mentah-mentah informasi yang diperolehnya. Karena sebagian besar berita hoak adalah berita yang memuat hasutan, fitnah, dan hal kurang baik lainnya, orang yang kurang kritis menjadi mudah terhasut dan ikut-ikutan menyebar berita bohong tersebut. Parahnya lagi, belakangan ini masyarakat Indonesia seakan kehilangan sikap kritis sehingga banyak masalah terjadi akibat satu berita hoak.

2. Bangga Menjadi Orang yang Pertama Kali Menyebarkan Berita

Orang-orang yang kurang pengetahuan sering kali merasa bangga jika mereka berhasil menjadi yang pertama dalam membagikan berita. Hanya berbekal judul yang menarik, orang tersebut kemudian dengan mudahnya membagikan berita hoak. Hal semacam ini tentu tidak bisa dibenarkan.

3. Suka Mencari Sensasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sebagian besar berita-berita hoax adalah berita yang menghebohkan. Orang-orang yang suka mencari sensasi tentu akan sangat tertarik dengan berita semacam ini. Meskipun orang tersebut sudah mengetahui bahwa itu adalah berita hoak, orang tersebut tetap membagikannya. Alasan ia ikut membagikan berita tersebut adalah untuk mencari sensasi.

4. Ikut-Ikutan Tren

Berita hebok yang semakin banyak dibagikan tentu akan cepat menjadi viral. Hal tersebut tentu akan langsung berubah menjadi semacam tren. Orang-orang kemudian ikut mencari berita atau video yang memposting topik yang sedang menjadi tren tersebut. Kemudian, karena sudah menjadi tren, orang-orang pun akan semakin mudah memberitakan berita hoak tersebut.

5. Minimnya Budaya Membaca

Alasan terakhir mengapa seseorang senang sekali menyebarkan hoak adalah karena minimnya budaya membaca. Siapa pun pasti akan sepakat bahwa membaca merupakan sumber dari segala informasi. Minimnya budaya membaca mendorong seseorang bertindak gegabah. Hasil dari minimnya budaya membaca adalah orang-orang menjadi suka dengan gosip panas kemudian menyebarkan beritanya.

Setelah membaca tulisan ini, diharapkan Anda tidak lagi mudah percaya dengan banyaknya berita-berita hoak di internet. Perbanyaklah informasi agar Anda tidak mudah dipengaruhi dan dibohongi. Apa pun yang ada di internet boleh Anda baca, tetapi pertimbangkan dulu apakah layak dibagikan atau tidak. Dengan begitu, Anda akan terbiasa menjadi pembaca cerdas.

Di atas adalah lima alasan mengapa banyak orang mudah sekali menyebarkan hoaX. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Ini 5 Alasan Kenapa Orang-Orang Doyan Sebarkan Hoax"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus