Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi

Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi - Seperti yang kita saksikan, saat ini teknologi komputer terus berinovasi, salah satunya terlihat dari penggunaan mouse eksternal selain mouse bawaan laptop. Jika dulu mouse selalu menggunakan kabel, saat ini mouse telah bertransformasi menjadi wireless atau mouse tanpa kabel. Mouse wireless ini pada umumnya menggunakan konektivitas Bluetooth atau infrared, sehingga tidak perlu lagi menggunakan kabel.

Namun secanggih apapun teknologi pastinya ada keterbatasannya. Misalnya mouse yang tidak berfungsi dengan baik ketika digunakan. Lantas apa saja penyebab dari tidak berfungsinya mouse dari wireless tersebut?

Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi


Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi Normal


1. Kualitas Mouse yang tidak Terlalu Baik

Kualitas mouse sangat mempengaruhi baik atau tidaknya fungsi mouse tersebut. Memang harga tidak selamanya menentukan kualitas suatu barang, namun kebanyakan memang mouse dengan harga yang mahal selalu memiliki kwalitas yang bagus/mumpuni, dan tentunya mouse menjadi awetdan tahan lama.

2. Baterai Mulai Kekurangan Daya/Lemah

Mouse wireless bekerja dengan bantuan baterai yang memberikan sinyal dan menjadi perantara atau transmitter kepada Bluetooth dongle (receiver). Adakalanya anda lupa atau tidak menyadari bahwa bateri wireless anda sudah habis sehingga mouse tidak berfungsi.

Cara mengatasinya tentu saja anda harus mengganti dengan baterai yang baru. Hindari menggunakan baterai bekas atau baterai yang sudah dijemur, karena baterai ini memiliki voltase yang sudah lemah sehingga tidak mampu mengirim sinyal dengan baik. Jadi saat Anda mengalami mouse tidak normal, segera cek poin di atas.

3. Receiver Bluetooth Rusak

Penyebab utama dan paling sering terjadi yang menyebabkan mouse tidak berfungsi adalah receiver Bluethoot dari mouse mengalami kerusakan. Hal ini tentu saja mempengaruhi kinerja mouse karena Bluetooth merupakan nyawa dari mouse wireless itu sendiri. Dalam beberapa kasus, receiver memang memiliki kualitas yang tidak bagus sehingga mouse tidak berfungsi dengan baik karena kerusakan receiver. Sayangnya, kerusakan receiver ini sangat sulit sekali untuk diperbaiki, sehingga cara yang dapat anda tempuh adalah membeli mouse yang baru.

4. Driver USB Bermasalah atau Tidak Terinstall dengan Baik

Port USB merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mouse wireless, USB inilah yang menerima sinyal yang dikirimkan oleh transmitter. Apabila mouse tidak bisa berfungsi ketika ditancapkan, ada kemungkinan driver dari port USB pada computer anda mengalami masalah seperti crash, corrupt atau tidak terinstall dengan baik (versi jadul).

Untuk mengetahui apakah port USB ini berfungsi dengan baik, anda dapat menempuh cara seperti ini: klik kanan pada my computer > pilih properties, lalu pilih device manager di kolom sebelah kiri > lihat bagian Universal Serial Bus Controller, apakah ada tanda seru berwarna kuning atau tidak > jika ada, berarti USB anda bermasalah.

Anda dapat menginstall ulang driver untuk memperbaikinya, atau lakukan proses update pada driver USB tadi.

5. Kerusakan pada Tombol dan Transmitter 

Faktor lain yang menyebabkan mouse tidak berfungsi dengan baik adalah kerusakan hardware mouse itu sendiri. Hardware mouse yang rusak juga beragam, seperti laser yang rusak, tombol klik yang rusak, bahkan kerusakan juga terjadi di transmitter mouse wireless tersebut. Kerusakan ini membuat mouse tidak mampu mengirimkan sinyal walaupun baterainya baru.

Langkah yang bisa anda tempuh untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara merawat mouse anda dengan baik. Apabila kerusakan sudah terlanjur terjadi, maka satu-satunya cara yang dapat anda lakukan adalah mengganti mouse yang baru.

6. Mouse Terjatuh, Terbanting dan Pecah 

Ketika mouse anda terjatuh, terbanting atau pecah, mungkin memang tidak ada hardware yang terlihat rusak. Namun efeknya akan terasa ketika anda menggunakan mouse tersebut. Jika mouse terjatuh dengan keras, biasanya akan menyebabkan gejala lambat dan tidak responsive sehingga mouse tidak berfungsi dengan baik. Maka anda harus mengganti mouse dengan yang baru karena jarang sekali ada jasa service mouse.

Nah, itulah beberapa penyebab mouse wireless yang tidak berfungsi dengan baik. Bagi anda yang tidak ingin mengalami hal seperti ini, rawatlah mouse anda dengan baik dari sekarang. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus