Penyebab Keyboard Laptop Rusak yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Keyboard Laptop Rusak yang Harus Anda Ketahui - Salah satu komponen laptop yang  sensitif dan sering mengalami kerusakan adalah keyboard. Dimulai dari tombol yang mengeluarkan bunyi saat memasukkan karakter, beberapa huruf yang tidak berfungsi, hingga yang terparah semua tombol  di papan keyboard tidak berfungsi sama sekali.

Untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop anda, maka perlu untuk mengetahui penyebab-penyebab keruskan tersebut supaya anda bisa menghindarinya dan menjaga laptop anda dengan baik.

Keyboard sebagai  salah satu piranti keras dari laptop, pastinya akan sangat menyulitkan kita apabila tidak berfungsi sebagaimana yang seharusnya. Apalagi bagi anda yang saat ini sedang mengerjakan tugas penting, dan dikejar-kejar deadline.

Penyebab Keyboard Laptop Rusak yang Harus Anda Ketahui

Lantas Apa Penyebab Rusaknya Keyboard Laptop Tersebut
Sebenarnya ada banyak sebab, kenapa keyboard menjadi rusak dan tidak berfungsi normal. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak ulasan yang kami bagikan berikut ini.

1. Durasi Pemakaian yang Terlalu Lama

Pemakaian dengan durasi yang terlalu lama pada laptop itu akan menimbulkan panas.  Jika ini dibiarkan berlangsung dalam waktu yang lama ini akan membuat keyboard menjadi kotor, karena suhu panas pada laptop akan menarik debu atau kotoran kecil yang lain, kemudian masuk dan menempel pada bagian keyboard.

Lubang-lubang kecil yang terlihat pada keyboard merupakan jalur utama dari debu-debu untuk masuk kedalam keyboard laptop tersebut dan inilah yang membuat papan keyboard terasa sulit untuk ditekan sehingga  keyboard laptop menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Kesalahan dalam Penggunaan

Selain debu atau kotoran yang bisa menjadi penyebab keyboard laptop  menjadi tidak berfungsi. Penggunaan yang salah juga sering menjadi penyebab kerusakan keyboard.  Menekan keyboard dengan jari yang terlalu kasar bisa menyebabkan keyboard pada laptop mudah rusak.  Kenapa ini bisa terjadi? Nampaknya, ini bisa dikarenakan menekan keyboard dengan terlalu kasar akan membuat tooth di keyboard menempel ke papan elektronik keyboard.

Pada kasus ini, sering kita temukan adanya bunyi beep yang panjang saat mulai di aktifkan, tombol yang ada pada keyboard tidak berjalan sesuai fungsinya dengan baik hingga adanya tombol yang menekan dalam waktu yang berlangsung lama.

3. Adanya Benda Asing 

Benda asing yang dimaksudkan disini bisa berupa benda-benda kecil misalnya, rambut, debu dan berbagai jenis benda-benda yang juga bisa menjadi penyebab kerusakan pada keyboard laptop. Ternyata  benda-benda asing ini ketika masuk akan menjadi sampah yang akan tertumpuk pada tooth keyboard dan hal ini bisa menimbulkan problem yang baru di keyboard tersebut. Yang lebih parah lagi ketika yang masuk kedalam keyboard ini adalah  air. Dengan  masuknya cairan ini sudah dipastikan akan menyebabkan keyboard menjadi rusak.

4. Keterputusan Koneksi Keyboard  dengan Main Board Atau Mesin Laptop

Diantara beberapa penyebab kerusakan yang disebutkan diatas. Penyebab lain yang sering menyebabkan rusaknya keyboard pada laptop, bisa disebabkan karena kabel fleksibel putus atau socket keyboard rusak. Jadi sebaiknya selalu hati-hati saat membuka dan menutup laptop anda.

Nah, di atas itulah beberapa hal yang bisa diketegorikan sebagai penyebab terjadinya kerusakan pada keyboard laptop. Dengan mengetahui penyebab tersebut, anda bisa menjaga atau paling tidak meminimalisir kerusakan yang akan terjadi pada keyboard laptop anda  nantinya.

Memperbaiki keyboard laptop yang rusak sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun dengan memahami penyebabnya, dan mendeteksi kerusakan sedini mungkin, bisa mempermudah proses perbaikannya. Semoga ulasan yang kami bagikan berikut ini bisa bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Penyebab Keyboard Laptop Rusak yang Harus Anda Ketahui"

  1. om...kalo keyboard di bersihkan dengan minyak angin terus bisa menyebabkan kerusakan gk ya,,,terkadang sewaktu di bersihkan ada minyak yg netes di selah2 keybordnya,,jadi laptopku kadang susah untuk menekan beberapa huruf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai cairan jenis minyak jika masuk ke dalam nya memang berpengaruh gan, karena jenis cairan minyak nempel dan lama hilang nya, hal tersebut akan menghambat kinerja keyboard tersebut

      Delete

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus