Ketahui 7 Penyebab Utama Baterai HP Meledak Berikut Ini

Ketahui 7 Penyebab Utama Baterai HP Meledak Berikut Ini - Smartphone telah menjelma sebagai salah satu barang yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Sebagian besar orang mulai bergantung dengan ponsel mereka. Akan tetapi, barang yang penting ini ternyata memiliki risiko kerusakan yang juga membahayakan Anda.

Seperti kabar yang akhir-akhir ini santer tersebar di berbagai media, mengenai baterai smartphone yang meledak. Nah, mengerikan bukan? Bisa di bayangkan bagaimana ngerinya jika saat meledaknya tersebut, smartphone sedang di buat untuk telepon. Lantas bagaimana caranya untuk terhindar dari bahaya baterai meledak tersebut?

Ketahui 7 Penyebab Utama Baterai HP Meledak Berikut Ini


Alasan Baterai Smartphone Bisa Meledak


1. Tidak Memakai Baterai Resmi

Jika suatu ketika baterai Anda rusak dan harus diganti, pastikan Anda mengganti baterai smartphone dengan produk yang resmi. Setiap vendor smartphone sudah menetapkan standar untuk setiap smartphone yang mereka buat. Jika Anda memakai baterai abal-abal yang tidak resmi, kemungkinan besar ada beberapa komponen baterai yang tidak cocok dengan komponen HP. Akibatnya, baterai yang tidak cocok dan terus dipaksakan akan menyebabkan smartphone dapat meledak sewaktu-waktu.

2. Memakai Charger yang Tidak Ori

Memakai charger yang tidak ori juga bisa menjadi pemicu baterai smartphone meledak. Alasannya sama dengan larangan menggunakan baterai yang tidak ori. Meskipun smartphone Anda tetap bisa dicharger, kemungkinan ada beberapa komponen yang tidak cocok dengan smartphone Anda. Oleh karena itu, hindari produk tiruan agar bahaya smartphone meledak tidak menimpa Anda.

3. Menggunakan Smartphone Ketika Dicharger

Para ahli dan juga produsen HP sama-sama menyarankan agar tidak menggunakan smartphone saat seang dicharger. Saat sedang dicharger, smartphone akan banyak menghasilkan daya panas. Panas dari smartphone akan bertambah jika Anda juga menggunakanya, apalagi untuk menelpon. Kombinasi panas tersebut akan membuat baterai meledak sewaktu-waktu. Hal ini tentu akan membahayakan pengguna juga.

4. Smartphone tertutup benda-benda

Beberapa orang mungkin terbiasa mencharger HP di atas kasur atau di atas bantal. Benda-benda tersebut adalah benda-benda yang mudah terbakar. Jika smartphone tertutup benda-benda yang mudah terbakar atau kurang ventilasi, baterai smartphone pun akan mudah meledak. Oleh karena itu, sebaiknya charger hp di atas lantau atau di atas meja.

5. Menggunakan Charger Mobil yang Tidak Original

Terlalu sering menggunakan charger mobil ternyata juga dapat berdampak negatif. Guncangan mobil secara terus-menerus dapat menyebabkan pergesekan colokan sehingga arus listrik pun menjadi tidak stabil. Aliran listrik yang tidak stabil bisa membuat smartphone korslet dan bisa meledak.

6. Terlalu Lama Mengisi Baterai

Saat smartphone sudah menunjukkan pemberitahuan baterai penuh, sebaiknya segera lepas charger dari baterai. Terlalu lama mengisi baterai dapat membuat baterai kelebihan daya dan cepat panas. Umur baterai pun akan terus berkurang. Jika sering mengisi baterai terlalu lama, risiko baterai meledak akan semakin besar.

7. Memakai Baterai yang Ada Cacat Fisik

Baterai yang sudah cacat atau rusak sebaiknya tidak dipakai lagi karena bisa memicu ledakan. Misalnya, baterai smartphone yang membengkak dapat menyebabkan baterai menjadi bocor. Jika baterai bocor tersebut disambungkan dengan arus listrik, maka bisa menyebabkan ledakan. Hal ini dapat terjadi karena cairan dalam baterai mudah sekali terbakar. Segera ganti baterai cacat Anda dengan baterai baru. Pastikan baterai baru tersebut tidak ada retakan, penyok, atau bengkak.

Diatas adalah beberapa penyebab baterai smartphone meledak. Bisa disimpulkan, kebiasaan menggunakan smartphone dengan cara yang salah adalah pemicu utama meledaknya baterai smartphone. Dan semoga ulasan ini memberi pengertian pada kita untuk senantiasa memanfaatkan smartphone dengan baik.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ketahui 7 Penyebab Utama Baterai HP Meledak Berikut Ini"

  1. thanks infonya dan jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/g-sea-jelly-gamat-emas-rasa-jeruk/

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus