Kenali Ciri-Ciri Hard Disk Laptop yang Mulai Rusak dan Cara Mudah Mengatasinya

Kenali Ciri-Ciri Hard Disk Laptop yang Mulai Rusak dan Cara Mudah Mengatasinya - Hard Disk merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah komputer atau laptop. Perangkat keras ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data-data, baik data sistem, data aplikasi, maupun data-data penting terkait dengan pekerjaan Anda. Jika hard disk laptop rusak, maka semua data penting Anda tidak bisa lagi diselamatkan.

Seperti halnya barang elektronik lainnya, hard disk laptop pun dapat rusak kapan saja. Oleh karena itu, sebelum hard disk benar-benar rusak dan tidak dapat tertolong lagi, Anda perlu mengetahui beberapa ciri-ciri hard disk yang mulai bermasalah. Dengan begitu, Anda bisa segera melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Kenali Ciri-Ciri Hard Disk Laptop yang Mulai Rusak dan Cara Mudah Mengatasinya


Empat Ciri Hard Disk yang Bermasalah


Sebelum terlambat, Anda memang harus peka dan menyadari bagaimana performa hard disk dalam laptop Anda. Kalau sampai rusak, bukan hanya data penting saja yang hilang. Kerugian lainnya adalah Anda harus membeli hard disk baru supaya laptop Anda bisa kembali bekerja. Sebelum hal tersebut terjadi, kenali ciri-ciri ini.

1. Loading Laptop Sangat Lambat

Ketika hard disk mulai bermasalah, kinerja laptop pun akan menjadi sangat lambat. Proses menghidupkan dan mematikan laptop akan terasa sangat lama padahal lampu indikator sudah menunjukkan adanya pembacaan. Jika Anda sudah merasakan hal ini, segera lakukan pengecekan hard disk.

2. Sering Menemukan Data yang Rusak

Jika Anda sering menemukan adanya file-file yang corrupt atau rusak, padahal Anda tidak melakukan apa-apa, Anda tentu wajib curiga. Tidak mungkin file laptop tiba-tiba rusak begitu saja. Ini mungkin pertanda bahwa hard disk Anda mulai bermasalah.

3. Muncul Suara Aneh dari Laptop

Pada kondisi normal, laptop memang mengeluarkan suara-suara tertentu yang menandakan bahwa laptop sedang bekerja. Akan tetapi, ketika suatu ketika Anda menemukan suara aneh muncul dari laptop (suara seperti berderit atau bersiut), tentu ada yang salah dengan bagian dalamnya. Suara tersebut bisa jadi adalah indikator adanya masalah pada hard disk.

4. Hasil Cek Software Tidak Sehat

Ketika Anda menemukan tanda-tanda di atas, Anda bisa mengecek kondisi hard disk Anda melalui pengecekan software. Anda bisa menggunakan “Acronis Drive Monitor” untuk mengeceknya. Jika hard disk Anda memang rusak, software tersebut nantinya akan memberi tahu Anda.

Cara Mengatasi Hard Disk yang Bermasalah

Saat hard disk sudah positif bermasalah, Anda harus melakukan sesuatu untuk menyelamatkan hard disk Anda dan juga data-data di dalamnya. Langkah pertama, segera copot hard disk dari laptop. Sambungkan hard disk dengan laptop yang normal dengan menggunakan konektor SATA atau HDD Dock. Jika ternyata Anda masih bisa mengakses data tersebut, segera back up data-data yang masih bisa diselamatkan. Setelah itu, lakukan format secara penuh. Anda bisa menggunakan software tertentu untuk membantu memformat hard disk.

Setelah sukses memformat HDD, selanjutnya tes kembali perangkat keras tersebut menggunakan Acronis Drive Monitor. Apabila hard disk bisa normal kembali, berarti yang bermasalah adalah software-nya. Jika Hard disk tidak kembali normal, berarti kerusakannya berasal dari perangkat kerasnya.

Demikian adalah empat ciri-ciri hard disk yang mulai bermasalah dan cara mengatasinya. Pengguna laptop wajib mengetahui informasi ini supaya terhindar dari masalah hard disk rusak. Komponen yang satu ini memang harus dijaga dengan baik supaya tidak merugikan Anda. Siapa pun pasti tidak ingin data-data pentingnya hilang. Oleh karena itu, informasi ini menjadi sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Ciri-Ciri Hard Disk Laptop yang Mulai Rusak dan Cara Mudah Mengatasinya"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus