Ingin Tahu Apakah Akun Internet Anda sedang Di-Hack? Cek Kebenarannya dengan Cara Berikut

Ingin Tahu Apakah Akun Internet Anda sedang Di-Hack? Cek Kebenarannya dengan Cara Berikut - Seiring dengan semakin majunya dunia informasi dan komunikasi, para hacker pun ikut berkembang sesuai dengan jaman nya. Kasus hacking masih terus terjadi dan  bahkan semakin meningkat, meskipun sistem keamanan sudah ditingkatkan. Korbannya pun tak selalu orang penting. Kita yang notabene hanya orang biasa pun bisa saja menjadi korban para hacker. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara mengecek apakah akun internet Anda sedang di-hack atau tidak. Caranya bagaimana? simak ulasan kami berikut ini.

Cara Mudah Mengetahui Akun Internet Anda di-Hack atau tidak

Pada tahun 2016 lalu, setidaknya ada lebih dari 100 juta akun Yahoo yang di-hack. Apakah Anda termasuk salah satunya? Mungkin Anda malah tidak menyadarinya. Akun yang pernah di-hack berarti sudah tidak aman lagi karena pelaku bisa dengan mudah mengakses file Anda dan mencurinya. Oleh karena itu, Anda harus menyadari sejak dini apakah akun Anda sedang di-hack atau tidak.

Ingin Tahu Apakah Akun Internet Anda sedang Di-Hack? Cek Kebenarannya dengan Cara Berikut


Anda bisa menggunakan situs untuk mengetahui kondisi akun internet Anda. Situs ini dibuat oleh seorang peneliti di bidang keamanan dari perusahaan besar Microsoft. Ia adalah tokoh bernama Troy Hunt. Ia telah berhasil merilis sebuah situs untuk mengecek apakah akun internet Anda sedang di-hack atau tidak.

Situs tersebut bisa dikunjungi melalui alamat surel https://haveibeenpwned.com/. Setelah berhasil masuk ke alamat tersebut, Anda tinggal memasukkan username atau alanat emai yang sedang Anda gunakan. Setelah itu, secara otomatis situs tersebut akan melakukan pengecekan dengan menggunakan database-nya.

Database ini adalah database yang dibuat sendiri oleh Troy Hunt. Pembuatan database ini berdasarkan hasil dari dump dan juga RSS pubik. Dengan menggunakan metode ini, Hunt berhasil mengumpulkan setidaknya 2 miliar data akun yang telah ter-hack. Anda bisa menggunakannya untuk mengetahui apakah akun Anda di-hack atau tidak.

Tiga Kebiasaan di Internet yang Membuat Akun Anda Rentan Diretas oleh Hacker

1. Mengakses data penting melalui wi-fi umum

Saat sedang mengakses internet dengan menggunakan wifi umum, jangan sekali-kali membuka situs yang di dalamnya terdapat informasi penting, misalnya saja transaksi perbankan, data kontak pribadi, atau password manager. Perlu Anda tahu, wifi umum sangat rentan terserang hacker. Supaya akses data lebih aman, sebaiknya akses wifi yang resmi saja.

2. Asal Setuju dengan Privacy Policy

Karena Anda terlalu malas paca poin demi poin yang muncul pada Privacy Policy, biasanya Anda langsung men-scroll ke bawah dan langsung memilih tombol “Accep”. Padahal, membaca informasi pada bagian Privacy Policy cukup penting. Jika Anda main accept saja, bagaimana jika ternyata isinya adalah tentang kesepakatan untuk berbagai data pribadi, Anda sendiri yang akan repot nantinya.

3.Password yang Sama untuk Semua Akun

Karena malas menghapal password, banyak orang menggunakan password yang sama untuk semua akun. Padahal, hal ini dapat memudahkan para hacker untuk mengakses data Anda. Jika satu akun sudah di-hack, akun yang lain pun tinggal menunggu waktu saja untuk kena hack.

Demikian adalah cara mudah untuk mengetahui apakah akun Anda sedang di-hack atau tidak. Untuk menghindari peretasan oleh hacker, Anda sebaiknya menghindari tiga hal yang telah dijelaskan di atas. Dengan demikian, akun Anda akan selalu aman. Risiko mendapat kerugian karena hacker pun bisa dihindari. Informasi penting ini wajib Anda ketahui demi kenyamanan Anda dalam menjalankan aktivitas di dunia maya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Tahu Apakah Akun Internet Anda sedang Di-Hack? Cek Kebenarannya dengan Cara Berikut"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus