Cara Mudah Menulis Artikel yang Baik dan SEO Friendly

Cara Mudah Menulis Artikel yang Baik dan SEO Friendly - Konten artikel menjadi salah satu bagian yang penting bagi para blogger. Artikel yang baik akan mendatangkan banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak pula keuntungan yang akan didapatkan oleh para blogger. Akan tetapi, tentunya banyak blogger, terlebih blogger pemula yang belum mengerti bagaimana cara membuat artikel blog yang baik dan menarik.

Nah, jika anda termasuk salah satu yang merasakan hal tersebut, maka tips menulis yang baik dan seo friendly berikut ini bisa anda coba terapkan.

Tips Menulis Artikel yang Baik dan SEO Friendly


Cara Mudah Menulis Artikel yang Baik dan SEO Friendly


1. Perhatikan User Experience

Apa itu user experience? Jika diartikan secara literel, user experience adalah pengalaman pengguna. Pengalaman pengguna yang dimaksud di sini bisa di sederhanakan sebagai selera pengguna internet. Hal-hal terkait user experience tidak bisa dimanipulasi karena di luar kendali kita.

Buatlah artikel dengan tema-tema yang disukai pembaca. Perhatikan user experience saat membuat tulisan. Konten yang berbobot dan berkualitas akan sangat memengaruhi user experience. Hal-hal lain yang memengaruhi user experience adalah desain blog yang terkesan professional, navigasinya mudah, ukuran serta jenis font mudah dibaca, minim typo, kecepatan loading, dan lain sebagainya.

2. Pakai Judul yang Mengundang “Klik”

Judul menjadi satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Judul artikel layaknya nama atau pengenal yang akan dilihat paling pertama oleh pembaca. Lewat judul, seseorang akan memutuskan apakah akan membaca artikel Anda atau tidak. Oleh karena itu, Anda harus membuat judul yang semenarik mungkin yang dapat mengundang pembaca untuk memilih artikel Anda.

Judul yang mengundang klik adalah judul-judul yang luwes, membuat penasaran, dan enak dibaca. Pelajari bagaimana membuat judul artikel yang menarik pembaca supaya peringkat blog Anda bisa naik.

3. Pastikan Judul Mengandung Keyword

Judul yang baik tidak hanya yang menarik perhatian pembaca. Anda juga harus memperhatikan keyword atau kata kunci. Saat seseorang ingin mencari informasi di Google, orang itu pasti akan mengetikkan kata kunci. Jika judul Anda telah mengandung kata kunci, Google akan mudah mengenali artikel Anda. Sebaliknya, jika Anda tidak mencantumkan keyword pada judul, maka Google pun akan menebak-nebak tema artikel Anda.

Judul yang mengandung kata kunci juga akan membuat artikel Anda lebih mudah bersaing di SERP. Pastikan Anda membuat judul yang baik dengan memasukkan kata kunci di dalamnya.

4. Buatlah Konten Artikel yang Dalam/Tuntas

Konten artikel yang Anda buat harus dalam dan tuntas. Jangan membuat artikel yang muter-muter tanpa arah. Jangan sampai membuat pembaca merasa bingung dan bosan. Buat artikel dengan pembahasan yang pasti, dalam, dan tuntas.

Saat menulis artikel, ingat poin yang pertama, yaitu user experience. Buatlah artikel yang membahas sesuatu yang sedang diminati pembaca. Sederhanakan kalimat-kalimat Anda agar pembaca lebih mudah paham. Satu hal yang penting, tema artikel harus sesuai dengan tema blog Anda.

5. Gunakan Media dalam Postingan Artikel Anda

Tujuan Anda membuat artikel adalah untuk memberikan informasi kepada para pembaca. Semakin kaya informasi tersebut, semakin besar pula kemungkinan Google untuk mendata bahwa artikel Anda berkualitas. Anda bisa menggunakan media seperti gambar, infographics, atau tabel. Media dapat memperkaya informasi dalam artikel Anda.

Pada poin ke lima ini, Anda harus memperhatikan batas kewajaran. Jangan terlalu banyak menambahkan media. Sewajarnya saja. Postingan yang di dalamnya terlalu banyak media akan membuatnya susah diakses. Loading blog pun akan menjadi lambat. Oleh karena itu, Anda boleh menggunakan media, asal jangan terlalu berlebihan.

Jika Anda ingin menulis artikel yang baik dan SEO friendly, lakukan hal yang telah dijelaskan di atas. Meskipun Anda mengejar artikel yang SEO  Friendly, jangan menggunakan teknik optimase on page yang curang. Teknik tersebut dapat berisiko menjatuhkan blog Anda.

Nah pastinya 5 langkah sederhana di atas jika anda praktekkan, sudah cukup untuk membuat konten blog yang berkualitas. Untuk itu, tidak perlu mengaplikasikan langkah-langkah curang hanya untuk membuat artikel tampil pertama di SERP. Karena cara curang atau carainstan, biasanya tidak berlangsung lama atau tidak awet.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menulis Artikel yang Baik dan SEO Friendly"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus