Inilah Kelebihan dan kekurangan Teknologi Fiber Optik

Kelebihan dan kekurangan Teknologi Fiber Optik - Teknologi Fiber Optik merupakan suatu saluran transmisi atau sejenis kabel  yang digunakan sebagai sarana transmisi terarah dalam perpindahan informasi dalam dunia komputer. Kabel jaringan fiber optik memiliki ukuran yang lebih kecil yang terbuat dari serat kaca atau plastik yang sangat halus. Kabel fiber optik dibuat dengan teknologi modern yang memiliki beberapa keunggulan dengan kabel jaringan coaxial atau twisted pair.

Nah, seperti yang anda lihat pada judul di atas, pada pembahasan kali ini kami akan bagikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Teknologi Fiber Optik ini. Silahkan disimak.

Kelebihan dan kekurangan Teknologi Fiber Optik
image: teknodaily.com


Kelebihan Kabel Jaringan Fiber Optik 


1. Kabel jaringan fiber optik mampu menghasilkan kecepatan transfer data atau informasi hingga 1000 mbps. Angka tersebut jauh diatas kecepatan transfer data yang dihasilkan oleh kabel jaringan twisted pair ataupun coaxial.

2. Paket bandwith dengan kapasitas besar ( hingga 1 GB per detik ) menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki kabel jaringan fiber optik.

3. Kabel jaringan fiber optik memiliki kemampuan transfer sinyal dalam jarak yang lebih besar dari kabel jaringan lainnya. Penggunaan perangkat sinyal ( repeater ) untuk memperjelas transfer data dapat dipasang pada tiap jarak 20 km. Jarak ini lebih jauh dibandingkan dengan kabel jaringan lain yang harus memasang repeater pada tiap jarak 5 km

4. Serat kaca dan plastik halus yang digunakan sebagai bahan produksi kabel jaringan fiber optik mampu memberikan perlindungan terhadap perubahan cuaca, baik kondisi udara yang lembab atau pun panas dari sinar matahari langsung.

5. Ketahanan yang dimiliki kabel teknologi fiber optik menjadi kelebihan yang memberikan tingkat efisiensi perawatan yang lebih rendah.

6. Kabel teknologi fiber optik juga dikenal memiliki kekuatan yang sama dengan kabel jaringan tipe STP yang mampu menahan interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel.

7. Kemampuan kabel jaringan fiber optik dalam mengirim gelombang cahaya mampu menahan gangguan frekuensi gelombang sehingga kabel jaringan ini sangat idel untuk digunakan pada wilayah dengan gelombang frekuensi yang tinggi.

8. Sisi fleksibilitas yang dimiliki oleh kabel jaringan fiber optik memberikan kemudahan bagi teknisi dalam proses instalasi listrik.

9. Susunan dasar serat kaca dalam pembuatan kabel jaringan fiber optik mampu memberikan keamanan yang lebih baik. Bahan serat kaca sangat dipercaya mampu untuk menahan terjadinya korsleting di daerah sekitar kabel.

Kekurangan Kabel Jaringan Fiber Optik


1. Teknologi modern yang diterapkan pada kabel jaringan fiber optik menyebabkan harga kabel jaringan ini masih sangat tinggi.

2. Proses instalasi kabel jaringan fiber optik masih membutuhkan beberapa alat khusus sehingga membutuhkan biaya yang lebih mahal dari jenis kabel jaringan lainnya.

3. Proses transfer sinyal pada kabel jaringan fiber optik masih sangat sulit. Masih dibutuhkan alat pembangkit listrik eksternal sebagai sumber cahaya yang kuat yang berperan sebagai energi dalam perubahan sinyal listrik ke sinyal optik.

4. Bahan plastik halus yang digunakan pada kabel jaringan fiber optik diperkirakan mampu menyerap gas hidrogen yang dapat menimbulkan loss data ( data hilang ).

5. Penggunaan gelombang cahaya untuk proses transfer data yang diperlukan kabel jaringan fiber optik mengakibatkan kabel jaringan ini tidak baik untuk dinstal pada alur yang menyudut. Cahaya yang tidak merata menyebabkan kabel ini tidak bisa berfungsi secara optimal.

Demikianlah informasi tentang kelebihan serta kekurangan kabel jaringan teknologi yang dapat kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Kelebihan dan kekurangan Teknologi Fiber Optik"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus