Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet Pada Android

Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet Pada Android - Google maps merupakan aplikasi peta (maps) yang dikembangkan oleh perusahaan multinasional asal amerika serikat, google inc. Aplikasi google maps menjadi salah satu aplikasi penting bagi pengguna smartphone berbasis os android.

Fitur yang di sediakan google maps mampu menampilkan suatu peta dengan keakuratan yang tinggi, atau memberikan predikisi jarak serta jalan pintas pada sebuah lokasi atau tempat pada wilayah tertentu. Dan dalam menggunakan aplikasi ini, pastinya kestabilan jaringan internet merupakan salah satu faktor dalam menentukan kecepatan dalam menemukan titik akurat wilayah yang sedang kita cari.

Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet Pada Android


Tetapi, baru-baru ini google inc telah melakukan suatu terobosan yang tentunya merupakan berita gembira bagi seluruh pengguna smartphone os android di seluruh dunia. Yang mana terobosan tersebut adalah, aplikasi google maps dapat diakses secara offline atau tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet. Nah bagaimana hal itu terjadi? Dan bagaimana caranya?

Saat anda membuka aplikasi google maps, pastikan anda menemukan opsi ( smartphone dalam settingan bahasa indonesia ) setelah itu “simpan”, “bagikan”, serta “unduh”. Maka fitur google maps dapat segera anda nikmati langsung tanpa adanya jaringan atau koneksi internet.

Namun sebaliknya, apabila cara di atas tidak bisa di lakukan pada smartphone anda, karena saat membuka aplikasi google maps hanya menemukan opsi ( smartphone dalam settingan bahasa indonesia ) “panggilan”,”simpan”, serta ”halaman”. Maka anda harus melakukan pembaharuan atau upgrade secara manual terlebih dahulu.

Nah, berikut kami bagikan langkah – langkah cara menggunakan google maps tanpa internet pada android :

1. Buka aplikasi google maps yang sudah terinstal di smartphone android anda. 
Pastikan aplikasi google maps versi terbaru yang terinstal di smartphone anda. Hanya google maps versi terbaru yang dapat memberikan akses maps secara offline ( tanpa koneksi internet ). Bagi pengguna smartphone android dengan aplikasi google maps versi lama, silahkan untuk melakukan manual upgrade melalui playstore.

2. Tentukan lokasi tujuan. 
Dalam penentuan lokasi tujuan, smartphone android anda masih harus terhubung dengan jaringan internet. Anda bisa menggunakan koneksi wi-fi yang ada disekitar anda atau bisa dengan menggunakan kuota jaringan selular yang anda pakai.

3.Download lokasi tujuan
Setelah menentukan lokasi tujuan, selanjutnya aplikasi google maps akan menampilkan informasi jarak tempuh dari posisi anda ke lokasi tujuan yang disertai dengan informasi cuaca, foto serta gambaran lokasi tujuan anda. Pada tampilan ini, anda akan menemukan opsi ( smartphone dalam settingan bahasa indonesia ) “simpan”,”bagikan”, dan ”unduh”. Tinggal tekan menu “unduh” untuk medapatkan informasi lokasi tujuan dan informasi lainnya.

4.Konfirmasi lokasi tujuan. 
Pada bagian ini, fitur google maps akan memberikan konfirmasi kepada user mengenai informasi lokasi tujuan yang akan ditempuh. Jika lokasi atau rute yang ditampilkan sama, anda tinggal menekan menu “setuju” untuk mengunduh semua informasi yang  ditampilkan. Hasil informasi yang diunduh dapat anda akses tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet atau dapat diakses secara offline.

Hasil unduh yang menampilkan area maps akan terhapus secara otomatis dalam waktu 30 hari. Hal ini untuk menjaga keakuratan fitur google maps dalam menentukan atau mencari update lokasi terbaru di setiap wilayah yang ada dalam area maps.

Penggunaan hasil undahan dari google maps tentu sangat membantu bagi semua pengguna smartphone berbasis android. Selain mengurangi pemakaian kuota, akses fitur google maps tanpa koneksi internet juga sangat membantu dalam penghematan baterai smartphone.

Begitulah cara menggunakan google maps tanpa internet pada android. Selamat mencoba.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet Pada Android"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus