Tips Cerdas dan Aman Mengelola Banyak Kartu Kredit

Tips Cerdas dan Aman Mengelola Banyak Kartu Kredit-Penggunaan kartu kredit memang telah banyak menarik perhatian. Keberadaan kartu kredit sendiri terbilang mampu mempernyaman sekaligus mempermudah transaksi yang kita lakukan. Dengan alasan demikian, banyak orang yang lantas membuat kartu kredit bahkan lebih dari satu.

Kepemilikan kartu kredit, terlebih dalam jumlah yang terbilang banyak, mungkin memang memudahkan, tetapi, jika tidak dikelola dengan sebaik-baiknya, bukan mustahil hal itu justru malah menjerumuskan Anda   pada bahaya terlilit hutang yang mengerikan.

Memiliki kartu kredit lebih dari satu mengharuskan Anda   untuk berlaku bijaksana terutama dalam mengatur keuangan yang Anda   miliki. Dalam hal ini diperlukan tips mengelola banyak kartu kredit seperti misalnya yang telah kami ulas berikut ini.

Tips Cerdas dan Aman Mengelola Banyak Kartu Kredit


1.Gunakan kartu kredit sesuai kebutuhan saja
Hal penting yang harus Anda   ingat dalam mengelola banyak kartu kredit adalah jangan pernah memanjakan hawa nafsu Anda   terutama dalam hal belanja. Karena jika tidak, maka tagihan yang membengkaklah yang bakal Anda   dapatkan.

Bagi Anda  yang memiliki 2 kartu kredit atau bahkan lebih, sebaiknya tahu betul cara menggunakan kartu kredit secara tepat. Sebagai contoh, Anda   bisa menggunakan kartu kredit A untuk membayar tagihan bulanan seperti listrik, telepon, internet, dan lainnya. Sementara kartu kredit B bisa digunakan sebagai kartu cadangan saja, terutama saat keadaan darurat uang.

2.Jangan mudah tergoda dengan point rewards
Keberadaan point reward dalam kartu kredit memang cukup menarik untuk didapatkan. Namun sayangnya, Anda   tidak boleh secara asal menggesek kartu kredit yang Anda   miliki. Ingat, mendapatkan point reward bukanlah menjadi tujuan utama bagi Anda   dalam membuat kartu kredit. Keberadaan point reward sendiri hanyalah bonus dari transaksi yang sering Anda   lakukan.

3.Tentukan budget bulanan anda
Dalam hal ini, Anda   butuh perencanaan matang mengenai pengeluaran yang akan Anda   lakukan. Catat pula berapa banyak pendapatan yang Anda   miliki. Pastikan jika Anda   menggunakan kartu kredit tidak melebihi sisa gaji bulanan anda. Sisa gaji sendiri adalah gaji utuh Anda   yang kemudian dikurangi dengan pengeluaran-pengeluaran yang Anda   lakukan setiap bulannya.

4.Hindari pembelian barang yang melampaui gaji
Dalam mengatur budget dengan baik, ada baiknya Anda   menghindari pembelian barang yang harganya jauh melampaui gaji anda. Anda   juga dilarang untuk menggesek karu kredit secara sembarangan meski limit yang Anda   miliki mencukupi. Karena saat Anda   menggesek kartu kredit tanpa berpikir panjang, hasilnya utang yang Anda   miliki akan semakin menumpuk.
Utamakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya untuk pemuas nafsu belanja Anda saja.

5.Hati-hati dengan over limit
Hal lainnya yang perlu Anda   perhatikan saat memiliki kartu kredit lebih dari satu adalah untuk berhati-hati dengan over limit. Dalam hal ini Anda   disarankan untuk melakukan perhitungan secara teliti agar tidak mengalami tunggakan tagihan yang besar.

Perlu diketahui, penetapan over limit yang dilakukan oleh bank merupakan bukti dari pihak bank yang percaya akan kemampuan Anda   dalam melakukan pembayaran atas tagihan yang dilakukan.

Semakin bijaksana dalam menggunakan kartu, Anda   akan terhindar dari yang namanya tunggakan berlebih yang justru akan sulit untuk dibayar.
Keberadaan uang plastik di tengah-tengah masyarakat memang sedang menjadi trend. Namun sayangnya, banyak orang yang lantas menggunakan uang plastik dalam bentuk kartu kredit ini secara sembarangan dan membuat mereka jatuh dalam lubang hutang yang besar.

Dalam hal ini, ada baiknya Anda perhatikan penggunaan kartu kredit dalam bertransaksi dengan cara menyesuaikan nya dengan pendapatan yang Anda   miliki tiap bulannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cerdas dan Aman Mengelola Banyak Kartu Kredit"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus