Syarat dan Cara Mengurus Buku Tabungan yang Hilang

Syarat dan Cara Mengurus Buku Tabungan yang Hilang-Di zaman yang sudah serba mobile ini, semuanya dilakukan dengan cara yang lebih efisien. Termasuk dalam urusan transaksi perbankan. Jika dulu, tiap kali ambil uang atau transfer kita harus pergi ke kantor cabang suatu bank, dan harus rela antri di sana. Tapi sekarang semuanya bisa lebih mudah, kita bisa menggunakan ATM, internet atau sms untuk melakukan transaksi perbankan, sehingga kita tak perlu lagi membawa-bawa buku tabungan dalam tas kita.

Tetapi walaupun begitu, sebaiknya tetap simpan buku rekening tabungan Anda. Dengan menyimpan buku rekening ini, Anda akan lebih mudah melakukan pengurusan jika ATM Anda hilang atau rusak. Namun jika buku tabungan Anda sudah terlanjur hilang, sesuai judul artikel di atas, di bawah ini kami akan share tata cara mengurus buku tabungan yang telah hilang tersebut.

Syarat dan Cara Mengurus Buku Tabungan yang Hilang

Syarat Pengurusan

Jika buku tabungan Anda telah hilang dan tidak dapat ditemukan, sebaiknya segera siapkan berkas-berkas sebagai syarat untuk mengurus buku tabungan baru. Berikut ini syarat-syaratnya

1.Surat Kehilangan
Buatlah surat kehilangan di kantor kepolisian terdekat. Disana biasanya Anda akan ditanya dimana dan bagaimana buku tabungan Anda bisa hilang. Dengan surat ini, Anda bisa mengurus kembali buku tabungan baru Anda di kantor cabang bank terdekat.

2.Kartu Identitas
Kartu identitas ini dapat berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Passport, maupun Surat Izin Mengemudi (SIM). Tujuan bank emminta kartu identitas Anda adalah untuk mencocokkan data Anda dengan data yang sudah ada di bank.

3.Kartu ATM atau debet
Persiapkan kartu ATM Anda agar pihak petugas bank lebih mudah melakukan pengecekan dan mengaktifkan rekening Anda kembali.

Biaya Pengurusan
Biaya yang harus Anda bayarkan saat mengurus buku rekening tabungan tidak begitu besar. Ada beberapa bank yang membebaskan biaya penggantian buku, namun ada yang mengenakan tarif sekitar 5.000 hingga 30.000 rupiah. Berdasarkan informasi dari beberapa website bank-bank besar di Indonesia, biaya yang di berlakukan di bank BCA 5000 rupiah, 15.000 rupiah di bank BNI, 25.000 rupiah di Bank BRI, dan 15.000 rupiahdi bank Mandiri.

Cara Pengurusan 
Setelah mengetahui syarat-syarat berkas dan biaya yang harus Anda siapkan untuk mengurus buku tabungan Anda yang hilang, kini saatnya Anda menyimak cara pengurusannya.

1.Buat surat kehilangan
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu syarat untuk mengurus buku rekening yang hilang adalah dengan membuat surat kehilangan. Silahkan datangi POLSEK atau kantor polisi terdekat untuk membuat surat tersebut. Biasanya prosespembuatan surat ini juga tidak dikenakan biaya.

2.Kumpulkan berkas
Agar tidak ada berkas yang tertinggal, sebaiknya Anda siapkan berkas di satu map. Biasanya pihak bank akan meminta berkas-berkas asli seperti KTP asli. Namun ada baiknya Anda menyediakan Foto copy dari berkas-berkas tersebut agar tidak perlu bolak balik dari bank jika diperlukan foto copy berkas tersebut.

3.Datangi Kantor Cabang Bank
Berikutnya, silahkan Anda langsung saja mendatangi kantor cabang bank terdekat. Sesampainya di bank, silahkan bertanya pada satpam di bank tersebut perihal nomor urut antrean customer service. Hal ini dikarenakan proses pengurusan buku rekening yang hilang biasanya hanya dilakukan di meja customer service.

Disini Anda akan dimintai berkas-berkas yang telah Anda siapkan tadi untuk dicocokkan dengan data yang telah dimiliki oleh pihak bank. Setelah itu Anda hanya tinggal menunggu proses pembuatan buku baru dan menandatangani buku tersebut. Yang terakhir, Anda akan diminta melakukan pembayaran administrasinya.

Semoga dengan membaca artikel ini, Anda tidak lagi khawatir jika mengetahui buku rekening tabungan Anda telah hilang. Segera urus buku tabungan baru dan simpan baik-baik buku tabungan tersebut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syarat dan Cara Mengurus Buku Tabungan yang Hilang"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus