Langkah Mudah Mengurus ATM yang Hilang

Langkah Mudah Mengurus ATM yang Hilang-Jika beberapa tahun lalu kita harus pergi ke kantor cabang dari suatu bank tempat kita menabung, bila ingin mengambil uang, tapi saat sekarang ini jauh lebih mudah. Dan semua itu berkat hadirnya ATM yang disediakan oleh hampir semua bank saat ini. ATM atau Anjungan Tunai Mandiri adalah sebuah layanan dari berbagai bank dengan fitur penarikan uang, transfer uang, pengecekan saldo, hingga pembayaran listrik dan kebutuhan-kebutuhan lain.

Bentuknya yang tipis dan mirip KTP memudahkan kartu ATM untuk dibawa kemanapun. Selain itu, keberadaan mesin ATM juga semakin mudah ditemui. Hampir di setiap pom bensin dan mini market menyediakan mesin ATM sehingga Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak jika berpergian. Apalagi kini ada ATM bersama,  yang dapat digunakan oleh kartu ATM dari bank manapun.

Meskipun ukurannya yang kecil dan bisa dengan mudah di masukkan dalam dompet, pasti ada kalanya karena berbagai sebab, ada sebagian orang yang kehilangan kartu ATM tersebut.

Langkah Mudah Mengurus ATM yang Hilang

Apa yang Harus Dilakukan Jika ATM Hilang?


Jika kartu ATM Anda hilang ataupun tertelan di mesin ATM, sebaiknya Anda segera menghubungi nomor telepon bank Anda. Sampaikan bahwa kartu ATM Anda telah hilang sehingga pihak bank segera melakukan pemblokiran. Hal ini dilakukan agar tidak ada orang lain yang tidak bertanggungjawab, yang menemukan ATM tersebut dan menggunakannya untuk bertransaksi dan atau menarik uang tunai.

Berikut, adalah beberapa kontak atau nomor telepon bank-bank besar di Indonesia, Silahkan hubungi nomer di bawah ini jika kartu Anda hilang, sebelum pergi ke kantor cabang bank anda

1.Bank Central Asia (BCA) : 500888
2.Bank Rakyat Indonesia (BRI): 14017
3.Bank Negara Indonesia : 50046
4.Bank Bukopin  : 14005
5.Bank CIMB Niaga  : 14041
6.Bank Danamon  : 021-3435 8888
7.Bank Mandiri  : 14000
8.Bank Mega  : 021-7917 5555
9.Bank Tabungan Negara (BTN) : 1500 286

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah segera mengurus ke pihak bank agar Anda mendapatkan ATM baru. Segera datangi pihak kantor cabang bank Anda dan urus proses pembuatan kartu baru. Anda tidak perlu khawatir karena tidak dikenakan biaya mahal untuk megurus itu.

Langkah Mengurus ATM yang Hilang


1.Membuat Surat Kehilangan 
Seperti saat seorang nasabah kehilangan buku rekening tabungan, surat kehilangan dari kepolisian juga diperlukan untuk nasabah yang kehilangan kartu ATM. Untuk membuat surat kehilangan ini, Anda cukup mendatangi kantor kepolisian terdekat dan meminta dibuatkan surat tersebut. Biasanya Anda akan ditanyai identitas dan dimana kartu tersebut hilang. Anda tidak perlu khawatir karena biasanya pengurusan surat ini tidak dikenai biaya.

2.Mengurus ke Bank
Saat mengurus ke bank, Anda tidak hanya membutuhkan surat kehilangan dari kepolisian. Anda juga harus menyiapkan buku rekening tabungan Anda serta kartu identitas Anda. Bawalah kartu identitas seperti KTP, SIM, atau Pasport asli.

Pada waktu Anda mengurus ATM baru ini, Anda kemungkinan akan ditanyai beberapa hal seperti berapa kira-kira saldo terakhir pada ATM Anda, dimana Anda membuat kartu ATM tersebut, dan kapan terakhir kali Anda melakukan transaksi menggunakan ATM tersebut.

Anda tidak perlu khawatir karena proses pembuatan kartu ATM baru tidak memerlukan waktu yang lama. Biaya yang dikenakan pun tidak begitu besar yakni sekitar 20.000 rupiah sebagai biaya pembuatan kartu baru.

Demikian langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan jika kartu ATM Anda hilang. Yang terpenting adalah jangan panik  saat mengetahui kartu Anda hilang dan simpan baik-baik kartu tersebut setelah Anda menggunakannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Mudah Mengurus ATM yang Hilang"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus